08 February 2018

6 Latihan Keseimbangan untuk Anak

6 Latihan Keseimbangan untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Bayi di bawah usia tiga tahun masih belum memiliki keseimbangan yang baik. Itulah mengapa, ketika berjalan atau berlari kecil, mereka masih sering terjatuh. Jangan biarkan Si Kecil bermain gadget melulu, tapi ajak ia beraktivitas atau bermain untuk menstimulasi perkembangan keseimbangan tubuhnya.

Bayi berusia 2-3 tahun biasanya sudah mampu berjalan sendiri tanpa perlu dituntun. Tapi keseimbangannya masih belum mantap, sehingga ibu perlu mengawasinya setiap saat. Karena kalau tidak, Si Kecil akan terjatuh atau membentur sesuatu.  Melatih keseimbangan Si Kecil sangat penting dilakukan agar koordinasi antar organ geraknya semakin optimal. Ajaklah Si Kecil melakukan aktivitas atau permainan yang seru dan menyenangkan yang bermanfaat untuk perkembangan keseimbangannya, minimal 30 menit setiap hari. Berikut contoh-contoh aktivitas yang baik untuk keseimbangan:

  1. Menari

Buat ibu yang memiliki anak perempuan, ibu bisa mengikutkan Si Kecil ke sekolah atau kursus tari. Saat menari, anak akan belajar menyelaraskan gerakan dengan musik dengan menggunakan mata, telinga, pinggul, tangan dan kakinya. Sehingga kegiatan menari dianggap baik untuk mengembangkan keseimbangannya. Tapi jika anak tidak berminat, tidak perlu dipaksa. Ibu bisa menemukan kegiatan lain untuk melatih keseimbangan Si Kecil.

  1. Bela Diri

Nah, buat anak laki-laki, latihan bela diri adalah aktivitas yang tepat. Meski anak perempuan juga diperbolehkan untuk ikut kegiatan ini, apalagi jika anak perempuan menolah latihan tari. Gerakan menendang yang ada dalam latihan bela diri bermanfaat untuk memperkuat otot paha dan selangkangan anak, sehingga anak akan lebih kuat ketika berjalan dan berlari. Untuk balita, gerakan menendang dan menonjok yang diajarkan tidak menekankan pada intensitas dan kekuatan, tapi lebih melatih posisi tubuh yang benar. Dengan demikian, Si Kecil pun akan memiliki postur dan keseimbangan tubuh yang baik.

  1. Hopscotch

Permainan yang membuat anak harus berjingkat dengan menggunakan satu kaki ini cukup efektif melatih keseimbangan tubuh anak. Ibu bisa membuat gambar lintasan sendiri atau menggunakan mat untuk melakukan permainan ini di rumah.

  1. Berjalan Jinjit

Aktivitas lainnya yang juga enggak kalah seru untuk melatih keseimbangan adalah berjalan jinjit. Latihan ini bisa menguatkan otot kaki tibialis anterior yang berperan penting saat anak berlari atau melompat, serta melatih anak mengkoordinasikan antara mata dengan kakinya. Ibu bisa menggunakan balok sepanjang satu meter dengan lebar hanya sebesar ukuran satu kaki. Pertama-tama, tuntunlah dulu Si Kecil melewati balok tersebut, kemudian pelan-pelan ibu bisa melepasnya agar ia bisa belajar menyeimbangkan langkahnya sendiri.

  1. Memetik Buah atau Bunga

Pada akhir pekan, ajaklah Si Kecil berkunjung ke taman bunga atau buah-buahan. Minta ia untuk memetik bunga atau buah dari pohon yang tidak terlalu tinggi untuk dijangkau. Ketika memetik, Si Kecil tanpa sadar akan berjinjint dalam waktu yang cukup lama. Aktivitas ini sangat baik untuk melatih fungsi motorik kasar dan halusnya.

  1. Minta Ia Menirukan Pesawat Terbang

Ibu juga bisa mengajak Si Kecil bermain “tirukan pesawat terbang”. Jadi, Si Kecil harus berdiri dengan satu kaki terangkat ke belakang, sambil kedua tangannya direntangkan lurus ke samping. Agar semakin seru, ibu bisa ikut melakukan permainan ini dan berlomba dengan Si Kecil. Siapa yang bisa bertahan dengan posisi tersebut paling lama, dialah yang menang.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ibu untuk melatih keseimbangan Si Kecil. Jikaia sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami Si Kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat praktis, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini mempunyai fitur Lab Test yang memudahkan ibu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.