5 Olahraga yang Cocok Saat Traveling

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Olahraga yang Cocok Saat Traveling

Halodoc, Jakarta - Liburan memang menjadi salah satu kebutuhan manusia supaya tidak mudah stres menjalani rutinitas sehari-hari. Namun, bukan berarti selama liburan kamu mengabaikan gaya hidup sehat. Meskipun liburan sering dihabiskan dengan wisata kuliner, pastikan kamu mengimbanginya dengan olahraga agar berat badan tetap terkontrol. 

Selama liburan, sempatkan untuk melakukan olahraga ringan tanpa harus mengganggu jadwal traveling yang sudah disusun. Meski tidak bisa datang ke gym atau kelas yang biasa diikuti, kamu bisa melakukan olahraga ringan. Berikut ini contoh-contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan selama liburan:

Baca juga: Alami 7 Gejala Ini? Saatnya Ajak Teman-Teman Travelling

Lari atau Sekadar Jalan Kaki

Selama liburan, lari atau jalan kaki adalah olahraga paling ringan yang bisa dilakukan. Jika jadwal traveling kamu tidak padat, cobalah bangun lebih pagi dan kenakan pakaian serta sepatu lari yang nyaman untuk lari di sekitar tempat kamu menginap. Olahraga ini pastinya lebih menyenangkan karena dilakukan di lingkungan baru yang pastinya segar. Namun, pastikan untuk tidak terlalu memaksakannya. Kamu juga bisa berjalan santai. Terlebih saat lokasi tujuan wisata kamu jaraknya dekat, kamu bisa memilih jalan kaki. Tidak hanya itu, saat waktunya makan kamu bisa berjalan-jalan memburu kuliner lokal yang tidak jauh dari tempat menginap. 

Latihan Saat Perjalanan

Olahraga ringan juga bisa dilakukan selama perjalanan yang panjang, bisa di dalam mobil, pesawat, atau kereta api. Carilah ruang gerak yang cukup, sehingga kamu bisa berjalan-jalan atau melakukan gerakan ringan untuk melancarkan peredaran darah. Nah, beberapa gerakan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Mengangkat dan menahan kaki selama 5-10 detik.

  • Menggerakkan pergelangan kaki secara memutar.

  • Letakkan tangan pada sandaran tangan, lakukan gerakan mengangkat badan (seperti push-up tapi dilakukan sambil duduk) selama 20 detik, lalu kembali ke posisi semula.

Baca juga: Rutin Traveling Membuat Orang Lebih Bahagia

Yoga

Yoga bisa dilakukan di mana saja, di kamar, pinggir pantai, atau mengikuti kelas khusus yang disediakan hotel tempat kamu menginap. Jika kamu memilih melakukannya sendiri, coba lihat video tutorial di internet yang bisa kamu praktekan sendiri. 

Latihan di Kamar

Kamar tempat kamu menginap bisa menjadi tempat ideal untuk olahraga ringan selama liburan. Tidak hanya yoga, kamu dapat melakukan latihan lainnya seperti push-up, sit-up, lunges, squat, plank, dan masih banyak lagi. Kini juga sudah banyak aplikasi olahraga yang bisa kamu manfaatkan sebagai panduan selama kamu berlatih. Jika kamu menginap di hotel yang memiliki fasilitas kolam renang, manfaatkanlah untuk berenang walau hanya sebentar.

Latihan Saat Mengantre

Biasanya, tempat kamu berlibur akan dipadati turis, dan ini dapat memengaruhi antrean saat memasuki tujuan wisata tertentu, restoran, ATM, hingga toilet umum. Daripada kamu mengeluh tentang panjangnya antrean, alangkah lebih baik memanfaatkan waktu menunggu ini dengan melakukan beberapa gerakan sederhana. Contohnya, antara lain:

  • Lakukan latihan calf raises, yang serupa dengan berjinjit;

  • Kencangkan otot bokong, tahan sebisa mungkin, lalu lepaskan;

  • Kencangkan otot perut, lalu bernapas seperti biasa sambil tetap mengencangkan perut.

Baca juga: Traveling Makin Seru, Hindari 9 Kebiasaan Buruk Ini 

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan selama liburan. Namun, jika kamu tiba-tiba jatuh sakit saat liburan, jangan khawatir! Kamu bisa tanya dokter di Halodoc mengenai kondisi yang kamu alami. Dokter juga bisa meresepkan obat sesuai gejala penyakit yang kamu alami. Mudah, bukan? Yuk, segera download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Nerd Fitness. Diakses pada 2019. 5 Quick Travel Workouts: Stay in Shape While Traveling.
The Healthy. Diakses pada 2019. How to Exercise While Traveling.