05 January 2019

Alasan Orang yang Sibuk Kerja Harus Olahraga Ringan Teratur

Alasan Orang yang Sibuk Kerja Harus Olahraga Ringan Teratur

Halodoc, Jakarta – Bagi pekerja kantoran, duduk terlalu lama sudah menjadi bagian dari pekerjaan, terutama jika sedang memiliki tumpukan tugas yang harus segera diselesaikan. Rata-rata pekerja kantoran menghabiskan waktu hingga delapan jam untuk duduk dan bisa lebih saat sedang sibuk. Tapi hati-hati, terlalu lama duduk ternyata bisa memicu masalah, lho.

Nyatanya, tubuh manusia tidak didesain untuk duduk terlalu lama. Bahkan, kebiasaan duduk diam dalam waktu yang lama disebut bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini.

Tak hanya itu, kebiasaan duduk diam dalam waktu yang lama juga disebut bisa membuat seseorang lebih cepat tua. Duduk hingga lebih dari 10 jam dalam satu hari dapat mempercepat proses penuaan hingga 8 tahun. Fakta tersebut diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of California, San Diego, Amerika Serikat. Menurut pemimpin penelitian tersebut, Dr Aladdin Shadyab, diketahui bahwa usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis seseorang.

Baca juga: Orang Kantoran Bisa Kena Fibrilasi Atrium Kalau Terlalu Stres Kerja

Dalam penelitian yang dilakukan tersebut, melibatkan 1.481 wanita yang berusia lebih dari 64 tahun. Salah satu hasilnya menyebutkan bahwa terlalu banyak duduk dapat mempercepat proses penuaan pada seseorang.

Untuk menghindari hal tersebut, pekerja kantoran disarankan untuk melakukan olahraga ringan di sela-sela pekerjaan. Apa saja jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor?

  • Peregangan

Di tengah kesibukan bekerja, ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Nyatanya, olahraga yang dilakukan tidak harus melulu berat dan menghabiskan banyak waktu. Sambil bekerja atau mengetik di meja kerja, kamu bisa melakukan peregangan pada beberapa bagian tubuh, seperti bahu, punggung, dan kaki.

Kamu bisa melakukan peregangan punggung dengan cara duduk sambil meluruskan kaki di bawah meja. Kemudian, turunkan badan sambil meraih jari-jari kaki dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Secara perlahan, kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan selama beberapa kali. Kamu juga melakukan peregangan kaki dengan cara menariknya ke depan dada dan tahan selama beberapa detik.

Baca juga: 5 Menit Gerakan Olahraga untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

  • Duduk-Berdiri

Kamu juga bisa melakukan gerakan duduk-berdiri dengan memanfaatkan kursi. Jika sudah mulai merasa pegal, cobalah untuk sesekali berdiri, kemudian duduk kembali dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk sekadar berjalan mengelilingi meja atau pergi mengisi air di gelas dan botol minum.

  • Naik Turun Tangga

Naik turun tangga juga bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor. Ambillah sedikit waktu untuk melakukan gerakan ini. Naik turun tangga tidak hanya akan memberi manfaat untuk kaki, tapi juga pada bagian tubuh lain, termasuk bisa membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

  • Putar Badan

Gerakan yang satu ini cukup sederhana dan sebenarnya dibutuhkan saat tubuh sedang merasa kaku. Kamu bisa melakukannya sambil duduk di kursi. Tarik napas dengan benar, kemudian gunakan pegangan pada kursi untuk melakukan gerakan berputar ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini bisa membantu tubuh lebih rileks dan menghindari kelelahan, karena terlalu banyak duduk.

Baca juga: 5 Olahraga yang Digilai Generasi Millennial

Cari tahu lebih lanjut dampak terlalu banyak duduk dan cara mengatasi lelah bekerja dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!