Makan Tanpa Rasa Bersalah, Ini Tips Langsing Saat Liburan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makan Tanpa Rasa Bersalah, Ini Tips Langsing Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Liburan dan wisata kuliner adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Namun, pasti banyak diantara kalian yang ingin tetap langsing saat liburan dan tidak membawa kelebihan berat badan saat kembali ke rumah. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang sulit dilakukan apabila kamu tetap mau menjaga asupan makanan selama liburan. Tapi menahan diri untuk berwisata kuliner bisa jadi mengurangi keasyikan liburanmu. Untuk itu, berikut ini terdapat beberapa tips langsing saat liburan:

 

Hindari Makanan Cepat Saji

Berada di tempat wisata membuatmu malas untuk mencari rumah makan lokal yang sehat sehingga sering kali kamu memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji seperti pizza, burger, mi instan, fried chicken, dan sebagainya. Sebisa mungkin, kamu harus menghindari makanan tersebut sebab kandungan garam, gula, lemak, dan kalorinya sangat berlebihan dan dapat memicu penyakit apabila dikonsumsi terlalu sering. Jika benar-benar tidak ingin menambah berat badan seusai liburan, hindari makanan cepat saji, ya! (BACA JUGA: 7 Alasan Makanan Cepat Saji Tidak Baik dan Sehat)

 

Hanya Minum Air Putih

Minuman manis dan bersoda mengandung banyak kalori sehingga bisa menyebabkan berat badanmu naik. Selain itu alkohol juga dapat merusak dietmu karena dalam setiap gelas yang kamu minum bisa mengandung 150 hingga 450 kalori. Alangkah lebih baik bila selama liburan kamu hanya meminum air mineral saja. Air mineral sama sekali tidak mengandung kalori, bahkan ia dapat mengontrol kalori dalam tubuhmu dan menurunkan berat badan. Kamu juga harus tetap menjaga asupan air minimal 8 gelas per hari untuk mencegah kamu terserang dehidrasi saat liburan.

 

Sediakan Kudapan Sehat

Sebelum berangkat menuju tempat wisata, ada baiknya kamu melakukan sedikt riset mengenai jenis makanan apa yang tersedia di sana. Apabila kamu merasa makanan di tempat liburanmu cenderung kurang sehat dan tinggi kalori, maka kamu bisa membawa kudapan sehat untuk dibawa ke sana. Selain dapat menghemat uang, dengan memilih sendiri kudapan yang kamu inginkan, niscaya kamu dapat mengontrol berat badanmu. Kamu dapat memilih camilan sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah segar yang bisa kamu dapatkan di pasar tradisional.

 

Jangan Terlalu Sering Makan

Ini lah yang paling penting untuk mencegah berat badanmu naik selama liburan. Saat lapar, kamu bisa memilih untuk memakan sereal atau protein bar yang bisa mengisi energimu. Kuatkan dirimu untuk tidak mudah tergoda akan berbagai jajanan yang ada di tempat wisata. Namun apabila kamu memang menginginkannya, usahakan konsumsi makanan tersebut secukupnya. Saat berada di restoran pun lebih baik kamu memilih menu ikan yang diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Lalu apabila terdapat saus, lebih baik kamu meminta untuk menyajikan sausnya secara terpisah. Kamu bisa juga mengurangi porsi makanmu, seperti membagi satu porsi untuk dua kali makan, atau membaginya berdua dengan temanmu selama liburan.

 

Tetap Aktif

Meski sedang liburan, usahakan kamu terus melakukan aktivitas fisik agar kalori kamu terbakar. Kamu bisa berjalan-jalan santai atau berenang di hotel. Dengan tetap melakukan aktivitas fisik, kalori di tubuhmu tidak akan menumpuk dan menyebabkan kenaikan berat badan selama liburan.

Nah, jika kamu masih punya pertanyaan seputar tips agar tetap langsing selama travelling lainnya, bisa ditanyakan lebih lanjut ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu hamil dan pasangan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. (BACA JUGA: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan)