31 January 2018

6 Tips Atasi Susah Tidur saat Hamil

6 Tips Atasi Susah Tidur saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Masa kehamilan tentunya menjadi salah satu masa yang membahagiakan bagi para ibu. Namun demikian, ibu juga kerap mengalami gangguan selama masa kehamilannya. Salah satu hal yang sering menjadi keluhan para ibu hamil adalah susah tidur. Ada sekitar 78% ibu hamil yang mengalami susah tidur, terutama saat mulai memasukki periode trimester ketiga. Tenang saja, gangguan susah tidur ini tidak membahayakan janin, tapi jika dibiarkan berlangsung hingga berhari-hari, maka stamina ibu hamil akan menurun. Jadi, yuk atasi gangguan susah tidur dengan tips berikut ini.

Gangguan susah tidur yang dialami ibu selama masa kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Biasanya gangguan tersebut dapat muncul baik saat hamil muda maupun saat hamil tua. Ketidaknyamanan yang dirasakan ibu hamil saat trimester ketiga, seperti perut yang semakin membesar, kram kaki, rasa panas di dada, dan sering buang air kecil yang menyebabkan ibu jadi sulit tidur di malam hari. Meskipun para ahli menyatakan bahwa susah tidur saat hamil tidak akan membahayakan janin, namun kurang tidur akan membuat stamina ibu menurun, sehingga ibu menjadi lemas dan lesu. Jangan dibiarkan hingga berhari-hari, berikut tips-tips efektif untuk mengatasi susah tidur saat hamil.

1. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Mengetahui posisi tidur yang benar saat hamil tua sangat penting, agar ibu dapat tidur dengan nyaman tanpa mengganggu kondisi janin. Ibu disarankan untuk tidur miring dengan lutut ditekuk. Sedangkan bagi ibu hamil yang sering merasakan rasa panas di bagian dada, dianjurkan untuk tidur dengan posisi setengah duduk dengan punggung bersandar pada tumpukan bantal. Atur posisi yang pas hingga ibu merasa nyaman.    

2. Siapkan Bantal Tambahan

Bantal tambahan sangat berguna untuk membantu ibu mendapatkan kenyamanan tidur saat hamil tua. Ibu bisa menggunakannya untuk mengganjal tubuh saat ingin bersandar, untuk menahan bagian perut atau untuk diselipkan di antara kaki saat ibu tidur miring. Ibu bisa menggunakan bantal biasa atau bantal khusus ibu hamil yang kini sudah bisa didapatkan di pasaran.

3. Jadwalkan Tidur Siang

Jika ibu merasa kurang tidur di malam hari, maka ibu bisa tidur pada siang hari. Yang penting adalah kebutuhan tidur ibu terpenuhi, sehingga stamina ibu dapat tetap terjaga dan tubuh pun menjadi segar kembali. Tapi ingat, tidur siang sebaiknya hanya 1-2 jam saja. Jika terlalu lama, maka ibu akan jadi sulit tidur di malam hari.

4. Hindari Makan Terlalu Banyak Pada Malam Hari

Wajar jika keinginan ibu hamil untuk ngemil atau makan dalam porsi besar muncul pada malam hari. Tapi, cobalah batasi porsi makan ibu agar tidak terlalu kenyang saat menjelang tidur. Hal ini untuk mencegah timbulnya rasa tidak nyaman di ulu hati dan bagian perut yang dapat membuat ibu susah tidur. Jadi, ibu sebaiknya ngemil makanan ringan atau segelas susu hangat saja.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Nyatanya meminum segelas susu hangat memang dapat membantu ibu agar dapat bisa tidur dengan nyenyak. Kandungan  asam amino tryptophan dalam susu dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membuat ibu dapat tertidur pulas.

6. Lakukan Relaksasi

Relaksasi sangat bermanfaat untuk membuat pikiran dan otot tubuh ibu hamil menjadi lebih santai. Ibu bisa melakukan teknik relaksasi sendiri di rumah, seperti peregangan, teknik pernapasan ala yoga atau dengan cara mandi air hangat sebelum tidur. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pemijatan di spa khusus ibu hamil atau mengikuti kelas yoga yang sangat membantu untuk merilekskan tubuh ibu.  

Jika ibu sudah melakukan keenam cara di atas, namun kesulitan tidur masih berlangsung hingga berhari-hari, segera bicarakan kepada dokter kandungan. Ibu juga bisa membicarakan ganggaun kesehatan yang muncul selama kehamilan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kini juga sudah ada fitur Lab Service yang akan memudahkan ibu melakukan beberapa macam tes kesehatan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.