12 February 2018

7 Perubahan yang Dirasakan Ibu di Trimester Pertama

7 Perubahan yang Dirasakan Ibu di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa ibu yang tidak menyadari dirinya sudah hamil lantaran tidak merasakan perubahan apa-apa dalam tubuhnya. Meski belum terlalu kelihatan, tapi kehamilan di trimester pertama tetap memberikan sejumlah perubahan pada tubuh ibu, lho.

Kehamilan membawa perubahan pada tubuh ibu sejak trimester pertama. Meskipun ibu hamil mungkin mengalami perubahan tubuh yang berbeda-beda, tapi berikut adalah perubahan yang umumnya akan dialami oleh ibu hamil:

  1. Nafsu Makan Mulai Bertambah

Karena sudah ada kehidupan baru dalam tubuh ibu yang juga membutuhkan asupan makanan, napsu makan ibu pun otomatis akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan makanan Si Kecil. Ibu bisa makan dalam porsi yang banyak, jadi mudah cepat lapar, bahkan ngidam mengonsumsi berbagai macam makanan. Umumnya, berat badan ibu akan bertambah sebesar 1,5-3 kg pada saat trimester pertama.

  1. Payudara Terasa Nyeri

Perubahan pada payudara akan mulai terasa di minggu kedua atau ketiga sesudah terlambat haid. Payudara akan lebih sensitif, lunak, dan terasa nyeri. Hal ini karena hormone estrogen dalam tubuh ibu meningkat dan sebagai persiapan tubuh ibu memproduksi ASI. Ukuran payudara pun akan bertambah besar, terasa lebih berat dan penuh. Ibu disarankan mengenakan bra yang berukuran lebih besar agar terasa nyaman.

  1. Perut Membesar

Perubahan yang satu ini mungkin tidak dirasakan oleh semua ibu.  Ada beberapa ibu hamil yang perutnya sudah terlihat membesar pada trimester pertama. Tapi untuk ibu yang memiliki tubuh kurus, mungkin perutnya belum terlalu menonjol pada usia kehamilan ini. Perubahan pada perut yang berbeda-beda adalah hal yang normal, tapi ibu tetap dianjurkan untuk meningkatkan berat badan yang sesuai demi tumbuh kembang bayi. (Baca juga: Cara Agar Bumil Dapat Tingkatkan Berat Badan)

  1. Perubahan Kulit

Karena perubahan hormon saat kehamilan dan sirkulasi darah menjadi lancar sampai ke kulit, beberapa ibu hamil kulitnya terlihat lebih bercahaya dari biasanya. Tapi ibu hamil juga akan lebih mudah berjerawat karena hormon kehamilan memicu kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan. (Baca juga: Tips Mengatasi Masalah Kulit yang Dialami Bumil)

  1. Perubahan Pada Miss V

Enggak hanya kulit saja yang mengalami perubahan, area Miss V ibu pun menjadi lebih tebal dan kurang sensitif.  Cairan dalam Miss V juga akan meningkat dan ibu mengalami keputihan. Ibu enggak perlu khawatir, selama jumlah cairan yang keluar masih dalam batas yang wajar, keputihan adalah kondisi yang normal.

  1. Sering Buang Air Kecil

Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil juga jadi sering ingin buang air kecil. Kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan hormon dan karena tubuh ibu memproduksi lebih banyak urin saat hamil. Memang merepotkan jika ibu harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, tapi kondisi ini biasanya akan hilang pada trimester kedua, dan muncul lagi di trimester ketiga.

  1. Morning Sickness

Mual dan muntah menjadi pertanda awal ibu sudah hamil lho! Morning sickness bisa terjadi karena terjadinya perubahan hormon di tiga bulan pertama usia kehamilan. Walaupun kondisi ini normal terjadi, tapi bagi ibu yang mengalami morning sickness yang cukup parah, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Biasanya gejala morning sickness akan hilang di bulan ketiga kehamilan.

Ibu hamil bisa membicarakan masalah kesehatan yang dialaminya selama kehamilan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kini juga sudah ada fitur Lab Service yang akan memudahkan ibu melakukan beberapa macam tes kesehatan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.