• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?

Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2022

“Diet dan olahraga adalah cara yang paling populer untuk mengatasi perut buncit. Namun, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan secara alami.”

Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?

Halodoc, Jakarta – Manusia akan melakukan berbagai cara untuk bebas dari perut buncit. Bagi sebagian orang, memiliki perut buncit juga tidak hanya menurunkan kepercayaan diri, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dibiarkan. Penumpukan lemak yang menyebabkan perut buncit dapat membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, obesitas, dan kolesterol.

Biasanya, diet dan olahraga adalah cara yang paling populer untuk mengatasi perut buncit. Namun, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan secara alami. Tentunya, cara alami ini akan lebih mudah dilakukan namun harus secara rutin. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Sejatinya, perut buncit terjadi karena konsumsi kalori yang meningkat hingga berubah menjadi lemak. Seharusnya, semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak latihan atau aktivitas fisik yang diperlukan untuk mencegah tubuh menyimpan kalori tersebut sebagai lemak. Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efisien.

Selain berolahraga, ada juga cara mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan secara alami, seperti:

1. Minum Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Mengonsumsi air jeruk nipis memang memiliki beberapa keuntungan. Air perasannya mengandung sedikit kalori, jadi kamu bisa mengisi perut tanpa khawatir berat badan bertambah. Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan asam sitrat air jeruk nipis dapat mempercepat metabolisme tubuh, yang akan meningkatkan laju pembakaran kalori. Tubuh juga akan menyimpan lebih sedikit lemak pada saat bersamaan.

2. Perbanyak Asupan Serat dan Protein

Meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat akan membantu kamu menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama. Oat, oatmeal, serta buah-buahan dan sayuran seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu biji, dan kol adalah beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi serat. Sementara protein, kamu dapat menemukannya pada makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

3. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Tubuh manusia dapat dengan cepat menyerap gula yang berasal dari makanan atau minuman manis sehingga menyebabkan kadar insulin meningkat. Minuman dan makanan manis memiliki pengaruh pada penambahan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2. 

Lebih baik, konsumsi gula yang berasal dari gula alami. Misalnya, mengonsumsi buah apel secara langsung daripada minum jus apel manis. 

4. Kurangi Karbohidrat

Selain membatasi makanan manis, cara alami mengecilkan perut lainnya adalah diet rendah karbohidrat. Hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti makanan bertepung dan makanan cepat saji, karena dapat meningkatkan jumlah timbunan lemak di perut.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan jauhi makanan yang tinggi garam.

5. Tidur yang Cukup

Semakin sedikit waktu untuk tidur, semakin besar kemungkinan kamu mengalami penambahan berat badan. Jadi, istirahat yang cukup adalah salah satu cara alami untuk mengecilkan ukuran perut.

Tidur melebihi batas normal juga berisiko mengalami perut buncit. Normalnya, manusia tidur selama 7-8 jam setiap malam. Faktanya, jumlah tumpukan lemak perut akan meningkat lebih besar pada mereka yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 7 jam setiap hari.

Itulah pembahasan seputar cara mengecilkan perut buncit secara alami. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin yang lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Be Body Wise. Diakses pada 2022. How to Reduce Hip Fat.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to Lose Hip Fat.