Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Maret 2023

“Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan secara alami, seperti memerhatikan asupan makanan dan rutin berolahraga."

Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami?

Halodoc, Jakarta – Manusia akan melakukan berbagai cara untuk bebas dari perut buncit. Tak hanya menurunkan rasa percaya diri, memiliki perut buncit juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Penumpukan lemak yang menyebabkan perut buncit dapat membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, obesitas, dan kolesterol.

Biasanya, diet dan olahraga adalah cara yang paling populer untuk mengatasi perut buncit. Namun, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan secara alami.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Sejatinya, perut buncit terjadi karena konsumsi kalori yang meningkat hingga berubah menjadi lemak.

Ada beberapa cara alami mengecilkan perut buncit, yaitu:

1. Perbanyak asupan serat dan protein

Sejatinya, tidak ada makanan atau minuman yang secara instan mampu mengecilkan perut. Namun, kamu harus memerhatikan setiap asupan makanan sehari-hari.

Pastikan kamu meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat. Jenis makanan diet ini akan membantu kamu menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Oat, oatmeal, serta buah-buahan dan sayuran seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu biji, dan kol adalah beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi serat. Sementara protein, kamu dapat menemukannya pada makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

2. Rutin berolahraga

Seharusnya, semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, semakin banyak latihan atau aktivitas fisik yang diperlukan.

Tujuannya untuk mencegah tubuh menyimpan kalori tersebut sebagai lemak. Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efisien.

Rutin berolahraga juga menjadi cara alami yang mampu mengecilkan perut secara efektif, tentunya jika kamu rutin melakukannya setiap hari.

Bingung memilih jenis olahraga yang tepat untuk mengecilkan perut? Tenang saja, kamu bisa membaca di laman ini: Ampuh dan Aman, Ini 7 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit.

3. Batasi makanan dan minuman manis

Tubuh manusia dapat dengan cepat menyerap gula yang berasal dari makanan atau minuman manis sehingga menyebabkan kadar insulin meningkat. Minuman dan makanan manis memiliki pengaruh pada penambahan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2

Lebih baik, konsumsi gula yang berasal dari gula alami. Misalnya, mengonsumsi buah apel secara langsung daripada minum jus apel manis. 

4. Kurangi karbohidrat

Selain membatasi makanan manis, cara alami mengecilkan perut lainnya adalah diet rendah karbohidrat. Hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti makanan bertepung dan makanan cepat saji, karena dapat meningkatkan jumlah timbunan lemak di perut.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan jauhi makanan yang tinggi garam.

Kamu bisa pelajari lebih lanjut pada artikel di bawah ini mengenai makanan apa saja yang mengandung karbohidrat kompleks untuk menunjang kesehatanmu serta diet perut buncit yang sedang kamu jalani.

5. Kualitas tidur yang cukup

Semakin sedikit waktu untuk tidur, semakin besar kemungkinan kamu mengalami penambahan berat badan. Jadi, istirahat yang cukup adalah salah satu cara alami untuk mengecilkan ukuran perut.

Tidur melebihi batas normal juga berisiko mengalami perut buncit. Normalnya, manusia tidur selama 7-8 jam setiap malam. Faktanya, jumlah tumpukan lemak perut akan meningkat lebih besar pada mereka yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 7 jam setiap hari.

Itulah pembahasan seputar cara mengecilkan perut buncit secara alami. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter tepercaya.

Butuh produk kesehatan untuk mendukung gaya hidup sehatmu? Yuk, klik gambar di bawah ini untuk tahu lebih lanjut:

Chat dokter ahli gizi dan umum untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit secara alami di Halodoc
Referensi
Be Body Wise. Diakses pada 2023. How to Reduce Hip Fat.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to Lose Hip Fat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan