• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Obat Batuk Herbal Dewasa dari Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Obat Batuk Herbal Dewasa dari Bahan Alami

4 Jenis Obat Batuk Herbal Dewasa dari Bahan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2022

“Ada berbagai macam obat batuk herbal untuk dewasa yang berasal dari bahan alami. Salah satunya yang bisa dikonsumsi dan efektif untuk mengatasi gangguan pada tenggorokan ini adalah madu.”

4 Jenis Obat Batuk Herbal Dewasa dari Bahan Alami4 Jenis Obat Batuk Herbal Dewasa dari Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Batuk dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan mengganggu produktivitas jika dibiarkan. Terlebih jika kamu perlu tampil di depan orang banyak, tentu hal ini harus dihindari, bukan?

Batuk biasanya disebabkan oleh iritasi atau kekeringan di bagian belakang tenggorokan, sehingga menenangkan bagian tersebut dapat menjadi solusi tepat. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh alergi, asap, debu, hingga kelebihan lendir.

Saat di rumah tidak ada obat batuk, kamu bisa lho membuatnya dengan berbagai bahan yang ada. Bahkan, efektivitasnya tidak kalah dengan berbagai obat dengan bahan kimia, serta lebih aman untuk dikonsumsi.

Obat Batuk Herbal Dewasa yang Ampuh

1. Madu

Salah satu bahan alami yang mampu mengatasi batuk adalah madu. Kandungan yang terdapat dalam madu mampu mengobati batuk yang disebabkan infeksi pada saluran pernapasan atas. Bahkan, mengonsumsinya dapat menekan batuk dan mengurangi kebutuhan antibiotik.

Cara mengonsumsi madu adalah dengan langsung menelan satu sendok atau menambahkannya ke minuman panas, seperti teh herbal. Kombinasi madu dan teh tentu dapat memberikan manfaat yang baik pada tenggorokan.

2. Jahe

Jahe juga termasuk obat batuk herbal dewasa yang bisa dikonsumsi. Tanaman ini dapat meredakan batuk kering atau asma karena kandungan anti-inflamasinya. Nah, kamu bisa mencampurkan jahe dan madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih ampuh.

3. Berkumur Air Asin

Pengobatan herbal lainnya yang bisa dilakukan agar batuk dapat berhenti adalah dengan berkumur air asin. Metode ini dapat meringankan sakit tenggorokan dan berbagai gejalanya, serta mengeluarkan lendir yang bertumpuk.

Untuk membuat cairan ini, yaitu:

  • Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut.
  • Biarkan agak dingin sebelum berkumur.
  • Diamkan sejenak cairan tersebut di belakang tenggorokan sebelum dikeluarkan.
  • Lakukan beberapa kali hingga batuk membaik.

Sebaiknya tidak dilakukan oleh anak kecil dan seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Selain itu, alternatif lainnya adalah berkumur dengan obat antiseptik yang ampuh dalam mengatasi virus atau bakteri yang ada di tenggorokan. Dengan begitu, viral load yang ada menurun secara drastis.

4. Daun Timi

Bukan hanya untuk menyedapkan masakan, daun ini juga berguna sebagai obat-obatan dalam mengatasi batuk, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan. Menurut penelitian, daun ini dapat membantu dalam meringankan gejala batuk. Untuk mengatasi batuk, cari sirup obat batuk yang mengandung ramuan alami ini.

Itulah beberapa obat batuk herbal dewasa dengan bahan dasar alami yang bisa dikonsumsi. Jika kamu ingin mengurangi konsumsi obat dengan bahan kimia, pilihlah salah satu cara yang dirasa cocok dan efektif dalam mengatasi batuk yang menyerang. Namun jika tidak kunjung sembuh, alangkah lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait obat batuk herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi batuk, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What can I do to make my cough go away?
Healthline. Diakses pada 2022. The Best Natural Cough Remedies.