Catat, Ini Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Agustus 2023

“Memilih obat batuk anak harus sesuai dengan jenis batuk yang dialami Si Kecil. Dengan begitu, obat bisa bekerja dengan efektif untuk meredakan masalah kesehatan anak tersebut.”

Catat, Ini Tips Memilih Obat Batuk Anak yang TepatCatat, Ini Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Melihat Si Kecil tidak nyaman dan tidak bisa beristirahat dengan baik karena batuk, tentu membuat orang tua menjadi khawatir. Namun, jangan sembarangan memberi obat batuk anak pada Si Kecil.  Pasalnya, tidak semua obat batuk aman untuk anak.

Selain itu, mengingat jenis batuk anak juga bermacam-macam, ibu perlu memilih produk yang sesuai dengan kondisi anak agar bisa bekerja dengan efektif. Yuk, simak cara memilih obat batuk anak yang tepat di sini!

Ketahui Jenis Batuk sebelum Memilih Obat Batuk Anak

Ada berbagai jenis obat batuk anak yang dijual di luaran sana. Saat memilih obat batuk untuk Si Kecil, pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. 

Selain itu, ibu juga perlu tahu jenis batuk yang anak alami agar bisa memilih produk yang tepat.  Berikut jenis batuk yang bisa terjadi pada anak:

1. Batuk kering

Seperti namanya, batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Batuk jenis ini umumnya terjadi akibat infeksi pada saluran pernapasan bagian atas (hidung dan tenggorokan), seperti flu atau pilek.

Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi batuk kering adalah yang mengandung supresan atau zat antitusif, untuk meredam batuk. Supresan bekerja dengan cara menekan refleks batuk, sehingga batuk pun dapat lebih mereda. 

2. Batuk berdahak

Kebalikan dari batuk kering, batuk berdahak yang terjadi karena adanya dahak atau lendir yang menumpuk di saluran pernapasan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru). Umumnya, jenis batuk ini terjadi karena flu dan infeksi.

Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi batuk berdahak adalah yang jenis ekspektoran yang mengandung guaifenesin. Zat tersebut berfungsi untuk mengencerkan dahak di tenggorokan, agar lebih mudah kamu keluarkan. 

3. Batuk alergi

Selain batuk kering dan berdahak, anak juga bisa mengalami batuk karena alergi. Batuk jenis ini umumnya disebabkan oleh alergen, seperti debu, asap, atau zat lain yang masuk ke saluran pernapasan. Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi kondisi ini adalah yang mengandung antihistamin. 

Selain memilih obat batuk yang tepat, penting juga bagi ibu untuk Perhatikan 5 Hal Ini saat Mengobati Batuk pada Anak.

Tips Memilih Obat Batuk Anak

Tidak semua obat batuk bisa dikonsumsi anak. Menurut jurnal ilmiah berjudul Cough: are children really different to adults? dalam Springer Nature, anak-anak tidak bisa mengonsumsi obat batuk orang dewasa.

Hal ini karena faktor etiologi dan pengobatan pada anak-anak berbeda secara signifikan dengan orang dewasa. 

Selain jenis batuk, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih obat batuk anak?

1. Pilih obat batuk sirup

Obat batuk anak dalam bentuk sirup akan memudahkan anak untuk menelannya. Saat batuk anak bisa lebih sering rewel dan bahkan bisa menolak untuk minum obat. Dengan bentuk sirup, dapat lebih memudahkan orang tua memberikan obat ke anak.

2. Rasa buah-buahan

Rasa yang menarik seperti apel, anggur, atau jeruk dapat membuat anak lebih mudah meminum obat. Kalau pahit, anak cenderung akan memuntahkannya kembali. Obat batuk anak dengan rasa buah-buahan juga dapat membuat anak lebih rutin meminum obatnya tanpa “drama”.

3. Cek kandungan

Cek kandungan dalam obat tersebut, apakah ada yang sekiranya mengandung kandungan yang memicu alergi pada anak atau tidak? Informasi mengenai alergi obat pada anak bisa dibaca di artikel Kenali 4 Reaksi Obat pada Anak, Ibu Wajib Tahu.

4. Tidak masalah memilih obat yang membuat mengantuk

Terkadang orang dewasa menghindari obat yang bisa mengantuk. Untuk anak-anak, tak ada salahnya untuk memilih obat yang bisa membuat mereka mengantuk. Dengan begitu, anak bisa tidur dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Bisa Dicoba

Berikut beberapa rekomendasi obat batuk anak yang baik:

1. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Madu 60 ml

Dapatkan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Madu 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Bila Si Kecil mengalami batuk berdahak, ibu bisa coba berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Madu. Obat batuk hitam ini memiliki rasa madu yang enak, sehingga anak-anak pasti suka.  

Kandungan ekstrak Succus liquiritiae dan Ammonium chloride bekerja sebagai pereda batuk berdahak (ekspektoran). Sementara itu, pseudoephedrine bertindak mencegah hidung tersumbat karena pilek dan flu (decongestan), dan Chlorpheniramine maleate bekerja mengatasi alergi karena gatal di tenggorokan (antihistamin generasi pertama).

Obat ini bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk dengan flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Untuk mengatasi batuk pada anak usia 2-5 tahun, berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Madu sehari 3x sehari 1 sendok takar (5 ml). Untuk anak usia 6-12 tahun: sehari 3x sehari 2 sendok takar (10 ml).

Rentang harga:  Rp12.800 – Rp18.300.

2. Anakonidin OBH Sirup 60 ml

Dapatkan Anakonidin OBH Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Obat batuk anak lainnya yang juga bisa ibu coba untuk meredakan gejala tersebut pada anak adalah Anakonidin OBH sirup. Obat ini mengandung zat aktif Dextromethorphan HBr, Guaifenesin, Pseudoephedrine HCl, dan Chlorpheniramine Maleat.

Anakonidin OBH sirup ampuh untuk mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk pada anak. Namun, obat ini menyebabkan kantuk.

Untuk mengatasi batuk pada anak usia 2-6 tahun, berikan obat sirup ini  3 kali sehari 1 sendok takar (5 mL). Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar (10 mL).

Rentang harga: Rp9.400 – Rp16.000.

3. Vicks Formula 44 Anak Sirup 27 ml

Dapatkan Vicks Formula 44 Anak Sirup 27 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Mengandung Dextromethorphan HBr dan Guaifenesin, VicksFormula 44 Anak Sirup ampuh untuk mengatasi batuk berdahak maupun tidak berdahak pada anak. 

Dextrometorphan merupakan penekan batuk yang bekerja dengan cara meningkatkan ambang rangsang refleks batuk. Sedangkan guaifenesin bekerja dengan mengencerkan dahak pada saluran nafas, sehingga memudahkan dahak untuk keluar.

Dosis obat ini untuk anak-anak usia 2 – 6 tahun adalah 1 sendok takar (5 mL), untuk anak-anak usia 6 – 12 tahun: 2 sendok takar (10 mL) atau gunakan sesuai petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp7.500 – Rp12.500

4. Bisolvon Kids Sirup 60 ml

Dapatkan Bisolvon Kids Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Untuk mengatasi batuk berdahak pada Si Kecil, ibu bisa memberikan Bisolvon Kids Sirup.

Obat ini mengandung zat aktif Bromhexine sebagai agen mukolitik, yaitu obat yang berfungsi mengencerkan dahak.

Dosis obat ini untuk anak berusia 10 tahun ke atas: 3 kali sehari 10 mililiter (mL). Untuk anak usia 5-10 tahun: 3 kali sehari 5 mL. Sedangkan untuk anak 2-5 tahun: 2 kali sehari 5 mL.

Rentang harga: Rp39.300 – Rp56.400

5. Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau)

Dapatkan Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau) di Toko Kesehatan Halodoc

Rekomendasi obat batuk anak ini memiliki kandungan Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Guaiphenesin, obat sirup ini mampu meringankan pilek dan batuk berdahak pada anak.

Namun, obat ini bisa menyebabkan kantuk.

Dosis Actifed Plus Expectorant untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml), 3 kali sehari. Anak-anak usia 6-12 tahun: 1/2 sendok takar (2,5 ml), 3 kali sehari. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 tahun.

Rentang harga: Rp48.800 – Rp72.300

Selain memberikan obat-obatan, Ini 8 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak yang perlu ibu tahu.

6. Termorex Plus Sirup 30 ml

Dapatkan Termorex Plus Sirup 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Termorex Plus Sirup juga merupakan obat batuk anak yang efektif dengan rasa jeruk, sehingga anak-anak lebih menyukainya.

Obat ini bermanfaat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang terjadi akibat batuk.

Dosis untuk anak berusia 6-12 tahun: 3 kali sehari 10 mL (2 sendok teh). Anak berusia 2-5 tahun : 3 kali sehari 5 mL (1 sendok teh).

Rentang harga: Rp7.500 – Rp11.000

7. Hufagrip BP Sirup 60 ml

Dapatkan Hufagrip BP Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Hufagrip BP SIRUP mengandung Chlorpeniramin Maleat, Pseudoefedrin dan Dextromethorphan HBr, yang bermanfaat untuk meringankan batuk tidak berdahak dan pilek pada anak.

Dosis untuk dewasa dan anak usia di atas 12 tahun: 3 x per hari, 2 sendok takar ( 10 ml).

Untuk anak usia 6-12 tahun: 3 x per hari, 1 sendok takar (5 ml). Untuk anak usia 2-6 tahun: 3x per hari, setengah sendok takar( 2,5 ml). Sedangkan untuk anak di bawah 2 tahun, dosis harus menurut petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp16.500 – Rp22.300

Jika batuk masih membandel, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc. Klik gambar berikut untuk konsultasi dokter spesialis anak dengan biaya lebih hemat menggunakan kupon.

dokter anak halodoc
Referensi: 
Healthy Children. Diakses pada 2023. Can I Give My 5-Year-Old Over-The-Counter Cough Medicine?
WebMD. Diakses pada 2023. Kid’s Cold Medicines: New Guidelines.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cold Medicines For Kids: What’s The Risk?
FDA. Diakses pada 2023. When to Give Kids Medicine for Coughs and Colds.
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2023. Batuk: Lawan atau Kawan?
Kemkes.go.id. Diakses pada 2023. Terapi yang Aman Saat Anak Batuk Pilek.
Springer Nature. Diakses pada 2023. Cough: are children really different to adults?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Coughing Up Phlegm.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan