• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 April 2021
Tips Memilih Obat Batuk Anak yang TepatTips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Setiap kondisi kesehatan yang dialami anak dapat membuat orangtua khawatir. Ketika terserang penyakit, seperti batuk, anak-anak akan jadi rewel dan keceriaannya berkurang. Saat anak batuk, penting untuk memilih obat batuk anak dengan tepat. 

Sebab, tidak semua obat batuk yang dijual di apotik bisa digunakan oleh anak. Mengingat obat batuk juga banyak jenisnya, untuk mengatasi berbagai jenis batuk. Lantas, bagaimana cara memilih obat batuk anak yang tepat? 

Baca juga: Batuk Terus-menerus? Waspada Kanker Paru-paru

Ketahui Jenis Batuk sebelum Memilih Obat Batuk Anak

Batuk ada banyak jenisnya, dan obat yang tepat untuk digunakan pun berbeda-beda. Misalnya, jika Si Kecil mengalami batuk kering, ibu tidak bisa memberinya obat untuk batuk berdahak, pun sebaliknya. Pemilihan obat batuk yang tidak tepat dapat membuat kondisi sulit membaik.

Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui jenis batuk yang dialami anak terlebih dahulu dan kandungan obat yang sesuai, berikut ini:

1.Batuk Kering

Seperti namanya, batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Batuk jenis ini umumnya terjadi akibat infeksi pada saluran pernapasan bagian atas (hidung dan tenggorokan), seperti flu atau pilek.

Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi batuk kering adalah yang mengandung supresan atau zat antitusif, untuk meredam batuk. Supresan bekerja dengan cara menekan refleks batuk, sehingga batuk pun dapat lebih mereda. 

2.Batuk Berdahak

Kebalikan dari batuk kering, batuk berdahak disebabkan oleh adanya dahak atau lendir yang menumpuk di saluran pernapasan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru). Batuk jenis ini umumnya disebabkan oleh flu dan infeksi.

Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi batuk berdahak adalah yang jenis ekspektoran yang mengandung guaifenesin. Zat tersebut berfungsi untuk mengencerkan dahak di tenggorokan, agar lebih mudah dikeluarkan. 

Baca juga: 7 Jenis Batuk yang Perlu Diwaspadai

3.Batuk Alergi

Selain batuk kering dan berdahak, anak juga bisa mengalami batuk karena alergi. Batuk jenis ini umumnya disebabkan oleh alergen, seperti debu, asap, atau zat lain yang masuk ke saluran pernapasan. Obat batuk anak yang tepat untuk mengatasi kondisi ini adalah yang mengandung antihistamin. 

Tips Penting dalam Memilih Obat Batuk Anak

Setelah mengetahui obat batuk anak seperti apa yang tepat sesuai jenis batuk yang dialami, penting untuk memerhatikan beberapa hal berikut ini:

1.Pilihlah Obat Batuk Khusus Anak

Meski punya kandungan yang sama, obat batuk anak dan orang dewasa berbeda dari segi dosis. Jadi, sebaiknya pilihlah hanya obat batuk khusus anak, untuk menghindari risiko efek samping berbahaya jika diberikan obat untuk dewasa. 

2.Obat Batuk Anak Harus yang Sirup

Anak-anak umumnya kesulitan menelan obat berbentuk pil, tablet, atau puye. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah obat batuk anak yang berbentuk sirup, agar lebih mudah ditelan. 

Selain mudah ditelan, obat batuk anak yang berbentuk sirup biasanya diberi tambahan rasa buah yang manis. Obat seperti ini dapat membantu anak yang susah minum obat karena tidak suka rasa pahitnya. 

3.Pilih Obat Batuk Anak yang Punya Efek Kantuk

Saat sedang batuk, anak perlu istirahat yang cukup agar cepat sembuh. Oleh karena itu, ibu sebaiknya pilih obat batuk anak yang punya efek samping kantuk. Jadi, setelah minum obat, Si Kecil bisa istirahat dengan baik, agar proses penyembuhan bisa berlangsung cepat.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Batuk Berdahak

4.Ikuti Petunjuk pada Kemasan Obat

Di setiap kemasan obat batuk anak, biasanya ada petunjuk penggunaan, dosis yang disarankan, dan sendok takar. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan, dosis, dan gunakan sendok takar yang tersedia, agar obat dapat bekerja optimal.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tips memilih obat batuk anak yang tepat. Jika bingung memilihnya, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat chat. Lalu, beli obat batuk anak yang diresepkan oleh dokter, lewat aplikasi Halodoc juga. 

Namun, jika batuk yang dialami anak disertai dengan demam tinggi, sesak napas, nyeri dada, tidak mau makan, muntah-muntah, atau tak kunjung sembuh hingga lebih dari 2 minggu, segera bawa anak ke rumah sakit terdekat. 

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2021. Can I Give My 5-Year-Old Over-The-Counter Cough Medicine?
WebMD. Diakses pada 2021. Kid’s Cold Medicines: New Guidelines.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cold Medicines For Kids: What’s The Risk?
FDA. Diakses pada 2021. When to Give Kids Medicine for Coughs and Colds.