4 Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Nuri

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Agustus 2021
4 Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Nuri4 Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Nuri

Sama halnya seperti manusia, burung nuri membutuhkan asupan nutrisi penting untuk menjaga kesehatannya. Maka, makanan yang sehat dan tepat sangat penting bagi burung nuri agar panjang umur dan sehat. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui makanan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung nuri. 

Halodoc, Jakarta –Nutrisi yang tepat adalah bagian penting dari menjalani pola hidup yang sehat, baik pada manusia maupun hewan. Demikian pula pada burung nuri, pola makan dan jenis makannya juga harus diperhatikan. Sebab, risiko akan gangguan kesehatan dapat terjadi bila kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi.

Pemilik burung nuri harus sangat berhati-hati ketika ingin menyiapkan menu makanan untuk peliharaan mereka. Jangan sampai memberi makan burung nuri dengan komponen pakan yang tidak sehat. Di samping itu, menu makanan yang sehat dan tepat sangat penting bagi burung nuri untuk bahagia, sehat dan panjang umur.

Bila kamu memelihara burung nuri, ada baiknya kamu mengetahui makanan apa saja yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi burung nuri. Penasaran apa saja? Simak ulasannya di sini!

Baca juga: Berbagai Jenis Makanan yang Menyehatkan Burung Kutilang

Makanan yang Baik untuk Burung Nuri

Burung nuri harus diberikan menu yang terdiri dari kombinasi antara makanan segar dan juga pelet. Berikut ini adalah jenis makanan yang dapat memenuhi nutrisi burung nuri, antara lain:

  1. Pelet

Pelet adalah komponen penting pada kombinasi menu pakan burung nuri dan sebaiknya mencapai kadar 50-70 persen. Sebab, kadar nutrisi yang terkandung tinggi, karena pelet burung dibuat dari kombinasi sayuran, gandum, buah-buahan, dan biji-bijian. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli pelet. 

Melansir dari Resources.Best Friends.Org, pelet terbaik adalah pelet yang tidak mengandung gula atau pewarna. Alasannya, bahan-bahan tersebut mengandung efek kumulatif dalam tubuh burung nuri dan dapat menyebabkan risiko penyakit dalam jangka panjang. Di samping itu, efek kumulatif yang dapat terjadi juga dapat memperpendek umur burung.

Untuk itu, sebelum memilih pelet, pastikan kamu membaca label komposisi dan bahan yang ada pada kemasan. Kamu juga dapat konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan terpercaya untuk memilih pelet yang tepat bagi burung beo yang kamu pelihara.

  1. Kacang-kacangan  

Salah satu menu favorit pakan burung nuri adalah kacang-kacangan. Kamu bisa memberikan burung nuri semua jenis kacang tawar, tetapi jangan sampai memberikannya secara berlebihan. Pasalnya, kacang-kacangan memang mengandung protein yang tinggi, tapi kandungan lemaknya juga tinggi.  Ada beberapa jenis kacang yang baik guna melengkapi kebutuhan nutrisi burung nuri, seperti kacang polong, kacang mede, almond, hingga kacang pistachio.

 Baca juga: 5 Tips Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu

  1. Sayuran dan Buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran adalah jenis bahan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral.  Di samping itu, buah dan sayur memiliki kadar lemak yang rendah. Namun, sebelum memberikannya ke burung nuri, cucilah dahulu semua produk secara menyeluruh. Bila memungkinkan, usahakan untuk memilih produk buah dan sayuran yang organik agar lebih sehat.

Di samping itu, buah-buahan segar lebih dianjurkan dibanding yang beku. Nah, ada beberapa sayuran yang dapat diberikan kepada burung nuri, seperti bayam, asparagus, paprika, brokoli, jamur hingga wortel. Untuk pemilihan jenis buah, kamu bisa memberikan apel, pisang, buah citrus seperti jeruk, mangga, pepaya, hingga buah delima.

  1. Biji-bijian

Kombinasi pakan burung nuri juga dapat dilengkapi dengan biji-bijian. Akan tetapi, jangan lupa untuk memasak biji-bijian terlebih dahulu. Banyak jenis biji-bijian yang disukai oleh burung nuri, seperti barley, beras merah, quinoa dan juga oatmeal.

Secara garis besar, kombinasi pemberian pakan yang baik untuk burung nuri harus terbagi menjadi beberapa persentase. Pelet memiliki skala 50-70 persen, sementara rasio sayuran segar yang dibutuhkan sebanyak 30-50 persen. Untuk kacang, buah, dan biji-bijian, rasio yang dibutuhkan tidak lebih dari 10-20 persen sisanya. Guna menjamin segala nutrisi penting yang dibutuhkan burung nuri dapat terpenuhi dan seimbang, sehingga burung dapat menjaga imunitasnya dengan baik. 

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Burung Nuri

Jenis makanan yang tinggi akan kandungan lemak, garam, gula dan pengawet atau pewarna harus dihindari burung nuri. Di samping itu, ada beberapa jenis makanan yang dapat memberikan dampak negatif bagi burung nuri. Contohnya seperti alpukat, singkong, produk olahan susu seperti keju, daging, cokelat, hingga biji buah.

Baca juga: Kenali 6 Penyakit yang Rentan Dialami Burung 

Bila kamu membutuhkan saran terhadap pelet dan kombinasi yang cocok untuk pakan burung nuri yang kamu pelihara, kamu dapat konsultasikan langsung kepada dokter hewan terpercaya di aplikasi Halodoc melalui chat atau video call. Dokter hewan yang berpengalaman di bidangnya akan memberikan rekomendasi pakan yang tepat. Kini kamu juga dapat membeli makanan hewan yang dibutuhkan langsung melalui aplikasinya, tanpa perlu keluar rumah. Jadi tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Halodoc sekarang! 

Referensi: 

Veterinary Medicine. Diakses pada 2021. PARROT NUTRITION
Resources.best friends. Diakses pada 2021. Healthy Parrot: Diet, Nutrition, Toxic Foods
animeddirect.co.uk. Diakses pada 2021. What Foods Can I Feed My Parrot?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan