10 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Oktober 2023

“Ginseng mengandung banyak nutrisi yang tubuh perlukan, seperti energi, zat besi, kalsium, dan magnesium. Manfaat tanaman obat satu ini mulai dari mengurangi peradangan hingga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).”

10 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh10 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ginseng menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang banyak terdapat pada wilayah Asia, termasuk Indonesia. Dua jenis yang umum adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan Korea (Panax ginseng).

Meski jenisnya berbeda, kedua jenis tersebut memiliki kandungan bahan aktif yang sama, yaitu gintonin dan ginsenosida. Selain itu, keduanya juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti kalsium, energi, besi, dan magnesium.

Khasiat Ginseng untuk Apa?

Ginseng menjadi tanaman obat yang kaya akan kandungan nutrisi. Tak hanya lemak dan karbohidrat, tanaman ini juga kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, kalium, zink, mangan, tiamin, dan vitamin C. 

Selain itu, kedua senyawa penting yang terkandung dalam tanaman herbal ini, ginsenosides dan gintonin saling melengkapi untuk memberikan manfaat kesehatan. Adapun khasiat ginseng untuk kesehatan termasuk:

1. Mengurangi peradangan

Tanaman herbal ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berguna untuk mengurangi intensitas peradangan dalam tubuh. Manfaat ini terjadi berkat kandungan ginsenosidesnya.

2. Meredakan sakit kepala

Sakit kepala menjadi salah satu gejala awal adanya penyakit dalam tubuh. Kondisi ini tentu bisa menghambat aktivitas harian yang kamu lakukan. Dengan mengonsumsi air rebusan tanaman herbal ini, gejala sakit kepala perlahan bisa mereda.

3. Meningkatkan fungsi otak

Tanaman herbal ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat dan suasana hati. Manfaatnya dapat terasa dengan baik, terutama bagi pengidap penyakit Alzheimer atau jenis demensia lainnya.

Studi dalam Alzheimer’s Research & Therapy menemukan bahwa sebanyak 6.422 orang tua yang mengonsumsi ginseng selama minimal 5 tahun secara rutin menunjukkan peningkatan fungsi kognitif pada masa depan.

4. Mengatasi kelelahan

Ginseng juga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mengurangi rasa lelah yang berlebihan pada tubuh. Manfaat ini terjadi berkat kandungan karbohidrat tertentu yang bekerja dengan membantu menyembuhkan pengidap sindrom kelelahan kronis.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain itu, tanaman obat ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan efektivitasnya terhadap imunitas tubuh pengidap penyakit kanker yang menjalani operasi atau kemoterapi.

Caranya yaitu mengonsumsinya setelah operasi kanker perut. Hasilnya, pengidap lebih cepat pulih ketimbang orang tidak mengonsumsinya. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat meningkatkan imun tubuh pada pengidap kanker stadium lanjutan.

Penelitian dalam Journal of Ginseng Research menemukan, sebanyak 100 orang yang mengonsumsi dua gram ginseng merah Korea setiap hari selama 8 minggu secara signifikan mengalami peningkatan kadar sel kekebalan ketimbang plasebo.

Tak hanya itu, informasi tambahan mengenai manfaat ginseng satu ini bisa kamu baca melalui artikel Benarkah Ginseng Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh?

6. Mengobati radang paru-paru

Radang paru-paru menjadi salah satu penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae. Gangguan ini juga bisa muncul karena infeksi respiratory syncytial virus (RSV), rhinovirus, dan virus influenza.

Guna mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusan ginseng secara teratur. Selain ginseng, kamu juga bisa mengatasi masalah kesehatan paru dengan pilihan obat herbal lainnya. Baca selanjutnya dalam artikel Ini 6 Obat Alami Paru-Paru yang Dapat Melegakan Pernapasan.

7. Meningkatkan kecerdasan

Fungsi lain dari tanaman obat ini yaitu meningkatkan kecerdasan pada anak. Tak hanya itu, kandungan pada tanaman ini juga dapat mendukung kemampuan kognitif, perilaku, dan kualitas hidup anak pada masa depan.

8. Melancarkan haid

Saat mengalami haid yang tidak lancar, kamu akan merasakan sakit pada area bawah perut. Gangguan ini populer dengan sebutan dismenore. Selain merasa tidak nyaman, sakit pada perut juga membuat kamu kesulitan beraktifitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan ginseng secara rutin.

9. Ginseng dapat mencegah anemia

Anemia adalah gangguan yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Gejala utama dari masalah kesehatan ini berupa pucat dan lemas. Namun, kelainan ini dapat membaik dengan mengonsumsi tanaman herbal ini. Caranya dengan mengolah tanaman tersebut menjadi tonikum, yaitu minuman herbal yang memiliki rasa seperti sari anggur.

10. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat terakhir yaitu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Cara kerjanya sama dengan daun katuk, yaitu meningkatkan kadar prolaktin atau hormon pelancar ASI. Agar bekerja lebih maksimal, kamu juga bisa merebusnya bersamaan dengan daun katuk.

Selain mengonsumsi ekstrak rebusan ginseng, dapatkan pula berbagai tips menaikkan produksi ASI dengan membaca artikel Ibu, Begini Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI.

Meski tanaman herbal adalah bahan alami, tapi tetap harus berhati-hati sebelum mengonsumsinya. Terutama, jika kamu memiliki gangguan kesehatan tertentu. Sebab, dalam kondisi tersebut, risiko efek samping semakin tinggi.

Beberapa kelompok orang yang harus berdiskusi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi ginseng, termasuk ibu hamil atau menyusui, memiliki riwayat autoimun, mengidap masalah jantung dan pembekuan darah, mengalami insomnia, mengidap masalah kesehatan mental.

Kemudian, sedang menjalani operasi, kemoterapi, atau transplantasi organ, dan sensitif terhadap hormon tertentu, seperti pengidap kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, dan fibroid rahim juga tidak boleh asal mengonsumsi tanaman ini.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa kandungan dalam ginseng tidak ramah untuk bayi, anak-anak, dan orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan rutin. Sebab, ini bisa meningkatkan potensi efek samping dan interaksi obat.

Jika masalah kesehatan kamu atau anggota keluargamu tidak membaik, segera tanyakan pada dokter penanganan medis yang tepat. Kamu bisa cek rekomendasi dokter umum terbaik dari aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter

Referensi:

International Journal of Impotence Research. Diakses pada 2023. Clinical Efficacy Of Korean Red Ginseng For Erectile Dysfunction.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Proven Health Benefits of ginseng.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of ginseng.
Alzheimer’s Research & Therapy. Diakses pada 2023. Effects of lifetime cumulative ginseng intake on cognitive function in late life.
 Journal of Ginseng Research. Diakses pada 2023. Immuno-enhancement effects of Korean Red Ginseng in healthy adults: a randomized, double-blind, placebo-controlled trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan