Ini 6 Obat Alami Paru-Paru yang Dapat Melegakan Pernapasan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Desember 2023

“Menggunakan obat alami paru-paru herbal juga bisa jadi pilihan untuk membantu melegakan pernapasan. Beberapa rekomendasinya termasuk jahe, madu, ginseng, teh hijau, hingga cabai merah.”

Ini 6 Obat Alami Paru-Paru yang Dapat Melegakan PernapasanIni 6 Obat Alami Paru-Paru yang Dapat Melegakan Pernapasan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan paru-paru merupakan hal penting. Terlebih lagi di saat banyak faktor yang dapat menyebabkan paru-paru bermasalah. Seperti, polusi udara dan pola makan yang menyebabkan peradangan. 

Selain itu, kondisi umum seperti asma, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), emboli paru, dan fibrosis paru, dapat memengaruhi kualitas hidupmu secara signifikan. Sebab, hampir semua penyakit paru-paru mengganggu sistem pernapasan.

Selain konsultasi dengan dokter spesialis paru, adakah obat alami yang dapat melegakan pernapasan?

Rekomendasi Obat Alami Paru-Paru

Berikut rekomendasi obat alami paru-paru yang dapat kamu gunakan untuk meringankan gejala gangguan pernapasan:

1. Kunyit

Rekomendasi pertama adalah kunyit. Tanaman rempah ini memiliki curcumin sebagai antioksidan yang bekerja aktif untuk menjaga paru-paru tetap sehat. 

Tak hanya itu, kunyit juga diduga menghambat peradangan di saluran napas jika kamu gunakan pada dosis tertentu.

2. Teh Hijau

Pilihan obat alami paru-paru berikutnya adalah teh hijau.

Senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) yang terkandung dalam tanaman herbal ini memiliki manfaat penting untuk paru-paru.

Senyawa tersebut berperan sebagai zat antiradang dan antioksidan, serta membantu menghambat proses perlukaan jaringan organ paru untuk orang-orang dengan fibrosis paru.

3. Jahe

Ada pula jahe yang memang sudah sejak lama orang manfaatkan sebagai obat herbal, terutama untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk gejala gangguan saluran napas. 

Rempah ini membantu mengencerkan dahak, meredakan peradangan, dan membantu membuat sirkulasi menuju ke organ paru-paru menjadi lebih lancar.

Kamu perlu tahu juga Ini Dokter Paru yang Bisa Mengobati Bronkopneumonia.

4. Cabai merah

Ternyata, masih sedikit orang yang mengetahui bahwa cabai merah dapat membantu meringankan rasa nyeri pada dada karena batuk yang tidak kunjung sembuh.

Tak hanya itu, cabai juga dapat berperan sebagai obat batuk alami, lho

Cara membuatnya tidak sulit. Siapkan sekitar ¼ sendok teh cabai bubuk, bubuk jahe, cuka apel, madu, dan air secukupnya.

Campurkan semua bahan tersebut dan kamu dapat langsung mengonsumsinya sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

Namun, tetap perhatikan bahwa obat herbal ini tidak selalu bisa dikonsumsi untuk semua orang.

Misalnya, anak-anak yang masih berusia kurang dari 1 tahun, karena karena bisa memicu efek samping yang berbahaya.

5. Ginseng

Obat alami paru-paru selanjutnya adalah gingseng.

Tanaman herbal ini menjadi salah satu jenis rempah yang banyak orang yakini dapat membantu meringankan gejala masalah penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK.

Rempah ini bekerja aktif dengan meningkatkan fungsi organ paru-paru.

Dari banyaknya jenis ginseng yang terdapat di alam, ginseng Asia dianggap punya khasiat yang berhubungan dengan kondisi ini.

Adapun gejala PPOK yang perlu kamu perhatikan seperti sesak napas, batuk berdahak, tubuh terasa lemas, terjadi pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, dan penurunan berat badan secara drastis tanpa penyebab yang pasti.

Selain itu, sebaiknya Jangan Remehkan Infeksi Paru-Paru Penyebab Kematian Ketiga Terbesar di Dunia

6. Madu

Obat paru-paru selanjutnya yaitu madu, yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk meredakan berbagai gejala gangguan kesehatan. 

Berkaitan dengan obat alami paru-paru, madu dapat membantu meringankan batuk kering dan rasa sakit pada bagian dada yang kerap terjadi ketika batuk. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak merokok dan tetap menjaga pola hidup serta pola makan sehat. Sehingga, kesehatan tubuh tetap terjaga, termasuk paru-paru

7. Labu

Daging buah labu mengandung berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru.

Labu mengandung banyak karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Menurut studi yang terbit di National Institute of Health, memiliki kadar karotenoid dalam darah yang lebih tinggi berkaitan dengan baiknya fungsi paru-paru pada orang yang lebih tua maupun lebih mudah.

Orang yang merokok dapat memperoleh manfaat dari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karotenoid, seperti labu.

8. Yoghurt

Selanjutnya, kamu juga mendapatkan manfaat yang baik untuk paru-paru jika mengonsumsi yoghurt. Produk susu ini mengandung banyak kalsium, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian pada FoodData Central di Amerika Serikat, nutrisi pada yoghurt dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi terhadap risiko PPOK.

9. Biji cokelat

Produk cokelat dan kakao seperti dark chocolate mengandung banyak antioksidan flavonoid dan mengandung senyawa yang bernama theobromine. Senyawa tersebut membantu mengendurkan saluran udara di paru-paru.

Selain itu, menurut penelitian di National Institutes of Health, Asupan kakao atau cokelat juga berkaitan dengan penurunan risiko gejala alergi pernapasan dan membantu melindungi terhadap kanker paru-paru.

Itulah obat alami yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain dengan memanfaatkan obat alami, ketahui juga 6 Tips yang Wajib Dicoba untuk Menjaga Kesehatan Paru

Jangan ragu untuk bertanya pada dokter apabila gejala penyakit paru yang kamu atau anggota keluargamu alami tidak kunjung membaik, meski telah mengonsumsi obat paru-paru herbal. 

Vaksin Pneumonia Bisa di Rumah Lewat Halodoc

Vaksinasi Prevenar 13 dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) sebagai bagian dari imunisasi wajib.

Untungnya saat ini terdapat layanan Halodoc Home Lab sehingga Vaksinasi Pneumonia PCV13 (Prevenar) dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah (tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya).

Nah, berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Setelah vaksin diberikan, petugas medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Harga vaksin influenza mulai dari Rp994.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Tanpa perlu antre menunggu.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Jika kamu belum pernah mendapatkan vaksin pneumonia, tunggu apalagi?

Booking Vaksin Pneumonia Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi Halodoc atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Yuk, segera pesan layanan Halodoc Home Lab vaksin pneumonia sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Natural home remedies for COPD.
Healthline. Diakses pada 2024. The 20 Best Foods for Lung Health.
Healthline. Diakses pada 2024. Home Remedies for COPD.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan