Ampuh dan Mudah, Ini Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bahan Alami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 September 2023

“Tidak harus selalu dengan menggunakan obat tetes mata. Cara mengobati sakit mata juga bisa menggunakan bahan alami, seperti dengan kompres, kantung teh, dan larutan saline.”

Ampuh dan Mudah, Ini Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bahan AlamiAmpuh dan Mudah, Ini Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Sakit mata bisa terjadi setiap waktu dan siapa pun bisa mengalami gangguan kesehatan ini. Pastinya, gangguan kesehatan ini akan membuat kamu tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Kondisi mata ini tidak boleh kamu biarkan, jadi kamu harus tahu bagaimana cara mengobati sakit mata agar tidak menimbulkan komplikasi pada diri dan menulari orang lain.

Penyakit mata bisa terjadi karena paparan bakteri atau virus, tetapi tidak menutup kemungkinan pula akibat asap dan kotoran. Seseorang yang mengalami sakit mata akan menunjukkan gejala berupa mata perih, gatal, keluar kotoran, kemerahan, dan berair. 

Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bahan Alami

Penanganan sakit mata memang tidak bisa kamu lakukan secara asal. Kamu perlu tahu apa yang menjadi penyebabnya, sehingga penanganan yang kamu lakukan juga sesuai. 

Namun, kamu bisa meringankan gejala yang muncul dengan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Menggunakan larutan saline

Cara mengobati sakit mata dengan bahan alami pertama adalah menggunakan larutan garam atau saline. Gara memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan kuman yang menjadi penyebab infeksi pada mata. 

Selain itu, garam juga efektif untuk mengatasi mata yang kering dan membersihkan organ tersebut. Teteskan larutan garam pada mata yang terinfeksi secara rutin sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

Kemudian keringkan secara hati-hati menggunakan tisu. Hindari menggosok mata dengan tangan kotor karena bisa memperburuk gejala.

2. Cara mengobati sakit mata dengan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin juga bisa membantu meringankan gejala sakit mata. Ini bekerja lebih baik untuk mata yang mengalami memar dan bengkak. 

Rendam kain handuk dalam air dingin selama beberapa waktu sebelum kamu memakainya. Setelah itu, kamu bisa mulai mengompres bagian kelopak mata yang memar selama sekitar 10 sampai 15 menit. 

Selain itu, ada 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak.

3. Kompres kantung teh

Cara mengobati sakit mata berikutnya yaitu menggunakan kantung teh, seperti teh chamomile, teh hitam, atau teh hijau

Teh memiliki kandungan antioksidan yang cukup efektif untuk meringankan gejala sakit mata, seperti mata kering, merah, dan bengkak. 

Kamu bisa mendinginkan kantung teh yang basah selama beberapa saat. Lalu, kompreskan kantung teh pada bagian mata yang sakit sebanyak dua sampai tiga kali sehari selama sekitar 20 sampai 30 menit.

4. Kompres hangat

Terakhir, gunakan kompres hangat. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan kompres dingin, kompres hangat juga dapat membantu meringankan gejala sakit mata, seperti mata merah, mata kering, dan mengalami pembengkakan. 

Tak hanya itu, mengompres mata dengan kain hangat juga membantu mengurangi rasa nyeri dan membuat otot mata menjadi lebih rileks.

5. Menggunakan mentimun

Mentimun merupakan bahan populer yang sering orang gunakan dalam pengobatan. Selain bermanfaat untuk kulit, mentimun juga dapat mengatasi sakit mata dan mata bengkak.

Sayuran ini memiliki efek dingin, hidrasi, dan memiliki sifat anti-inflamasi karena kandungan vitamin C. 

Iris  mentimun, kemudian rendam dalam air dingin untuk mendapatkan efek pendinginan terbaik. Setelah itu, letakkan di atas mata tertutup selama 5 hingga 10 menit. 

Selain irisan mentimun, jus mentimun juga dapat kamu gunakan untuk mengobati sakit mata. Jus mentimun dapat meredakan mata bengkak serta memudarkan lingkaran hitam. 

Ulangi pengobatan dengan mentimun ketika mata merasa membutuhkan bantuan pendinginan. 

Itulah beberapa cara mengobati sakit mata dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan 5 Pilihan Obat Sakit Mata Merah Tanpa Resep Dokter.

Jika gejala sakit mata yang kamu alami tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter agar mendapatkan saran penanganan yang tepat dan lebih efektif. 

Kamu juga bisa temukan obat medis untuk sakit mata di Toko Kesehatan Halodoc✔️ yang menyediakan produk kesehatan lengkap dan berkualitas. Klik gambar di bawah ini.

obat mata di toko kesehatan halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Sore Eye Remedies; 6 Home Remedies for Eye Infections: Do They Work?
American Academy Ophthalmology. Diakses pada 2023. Home Remedies for Simple Eye Problems.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan