Ini Cara Minum Pil KB yang Benar untuk Cegah Kehamilan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 November 2023

“Mengonsumsi pil KB harus sesuai dengan aturan dan panduan yang benar, salah satunya adalah diminum di waktu yang sama. Melewatkan pil KB selama dua hari berturut dapat meningkatkan risiko kehamilan.”

Ini Cara Minum Pil KB yang Benar untuk Cegah KehamilanIni Cara Minum Pil KB yang Benar untuk Cegah Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Pil KB adalah metode untuk mengontrol kehamilan yang dilakukan oleh perempuan. Jika mengonsumsi dengan panduan yang benar, pil KB dapat mencegah kehamilan dengan efektivitas mencapai 99,9 persen. 

Salah satu panduan minum pil KB yang benar adalah minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Kamu dapat meminumnya kapan saja, tetapi meminumnya sebelum sarapan atau sebelum tidur.

Dengan begitu akan membantumu untuk mengingat jam minum pil KB dengan lebih mudah mudah. Informasi selengkapnya mengenai panduan minum pil KB yang benar bisa kamu simak lewat penjelasan ini.

Cara Minum Pil KB yang Benar

Agar pil KB dapat kamu rasakan secara optimal, pastikan kamu mengetahui cara tepat mengonsumsi pil KB, yaitu:

1. Minum di waktu yang sama

Bila mengonsumsi sesuai petunjuk, pil KB terbilang efektif pada bulan pertama kamu meminumnya. Agar aman, beberapa dokter menyarankan penggunaan bentuk kontrasepsi yang lain, seperti kondom. Setelah bulan pertama, kamu bisa mengandalkan pil KB sebagai metode kontrasepsi.

Lantas, bagaimana cara minum pil KB yang benar?

  • Cara minum Pil KB bisa kapan saja. Dengan catatan kamu sedang tidak hamil.
  • Konsumsi Pil KB sesuai dengan paket pil KB yang kamu pilih. Ada beberapa jenis Pil KB,  yaitu paket 21 hari dan 28 hari. Adapun, paket 21 hari maupun 28 hari sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, untuk paket 28 hari kamu akan akan mengonsumsi 7 pil plasebo sebagai pengingat untuk minum pil. 

Biasanya, untuk paket 21 hari, pada hari ke 22, kamu akan mengalami menstruasi dan untuk kondisi ini kamu tidak perlu minum pil KB. Namun, sebagian wanita sering lupa untuk minum pil KB lagi setelah selesai menstruasi.

Maka dari itu, pil plasebo digunakan untuk memudahkan kamu tetap minum pil supaya kontrasepsi tidak putus. 

Ikuti panduan minum pil yang tertera di bungkusnya dengan cermat dan harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya. Jika kamu telat minum satu dosis, kamu mungkin masih terlindungi dari kehamilan. Namun, jika kamu melewati dua dosis, ini mungkin akan meningkatkan risiko kehamilan. 

Sebaiknya pastikan cara minum pil KB berdasarkan anjuran dokter agar manfaatnya bisa kamu dapatkan dengan baik. Nah, sebelum kamu memilih untuk mengonsumsi pil KB, yuk kenali plus minus dari penggunaan pil KB via artikel ini! “Sebelum Pakai, Kenali Dulu Plus Minus Pil KB

2. Cara minum Pil KB berdasarkan paket

Mengonsumsi pil KB berdasarkan paket juga disarankan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari. Meskipun tidak ada kewajiban untuk ini, tetapi mengonsumsi di jam yang sama membuat risiko pengonsumsian pil KB terlewat semakin kecil.

Kemasan pil KB ini juga tersedia dalam beberapa paket. Mulai dari 21 hari hingga 365 hari. Pada sebagian merek a pil KB, kamu bisa mengonsumsi pil aktif setidaknya tiga minggu dan pil tidak aktif selama 2-7 hari. 

Berikut adalah pengonsumsian pil KB berdasarkan paket yang perlu kamu ketahui:

  • Paket 21 hari: Minum satu pil KB setiap hari selama 21 hari. Setelah selesai, tunggu seminggu untuk mengonsumsi pil KB paket yang baru. Biasanya, kamu akan mendapatkan menstruasi saat tidak mengonsumsi pil KB.
  • Paket 28 hari: Minum satu pil KB setiap hari selama 28 hari. Kamu bisa memulai paket baru pada keesokan harinya atau hari ke 29. Tergantung dari merk atau brand apa yang kamu gunakan, biasanya 21 hingga 24 hari pertama mengandung estrogen dan progrestin. Sedangkan, pil lainnya hanya mengandung estrogen atau suplemen makanan. Pada hari-hari terakhir, biasanya kamu akan mendapatkan menstruasi.
  • Paket 91 hari. Minum satu pil KB selama 84 hari. Sesuai dengan merek atau brand yang kamu gunakan, biasanya tujuh pil terakhir tidak aktif atau hanya mengandung estrogen. Dengan dosis seperti ini, kamu akan mendapatkan menstruasi setiap tiga bulan sekali.
  • Paket 365 hari. Minum satu pil KB setiap hari selama 365 hari. Dengan mengambil pil KB paket ini, siklus menstruasi bisa menjadi lebih ringan atau berhenti.

Tak perlu bingung pil KB yang mana yang harus diminum, ini rekomendasi pil KB yang bisa kamu konsumsi “Ini Jenis Pil KB Beserta Rekomendasinya untuk Mencegah Kehamilan

3. Cara minum pil KB Andalan

Ada berbagai merek atau jenis pil KB yang bisa kamu coba untuk mencegah kehamilan, salah satunya adalah pil KB andalan. Lantas, bagaimana cara minum pil KB andalan? 

Kamu bisa mengonsumsi pil KB andalan dalam siklus haid pada hari pertama perdarahan. Cara minum pil KB andalan dimulai dari bagian berwarna kuning pada kemasan sesuai dengan hari dimulainya menstruasi. Lanjutkan sesuai panah pada kemasan hingga pil KB habis.

Konsumsi pil KB andalan dengan air putih. Pastikan juga untuk mengonsumsi pil KB pada waktu yang sama setiap hari, agar hasilnya efektif dan tidak terlewat untuk mengonsumsinya.

Pahami Efek Samping Pil KB

Perlu diketahui, konsumsi pil KB tetap dapat menimbulkan efek samping. Adapun, efek samping dari pil KB akan terasa selama beberapa bulan pertama penggunaan. Selain kram, kemungkinan efek samping lainnya, yaitu: 

  • Menstruasi tidak teratur.
  • Periode menstruasi yang terlewatkan.
  • Sakit kepala atau migrain.
  • Mual dan sakit perut.
  • Perubahan gairah seks.
  • Perubahan berat badan.
  • Nyeri payudara.
  • Jaringan payudara membesar.
  • Perubahan suasana hati atau lekas marah.

Efek samping yang serius mungkin terjadi. Namun untuk beberapa kasus pula, hal ini jarang terjadi. Kondisi ini bisa termasuk pembekuan darah jika pil KB mengandung estrogen. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan pembekuan darah atau pernah mengalami pembekuan darah harus sangat berhati-hati.

Pasalnya, mereka yang mengalami migrain dan mungkin juga memiliki peningkatan risiko pembekuan darah serta stroke saat mengonsumsi pil yang mengandung estrogen. Efek samping parah lainnya yang mungkin terjadi, yaitu nyeri akut di tubuh, dan masalah penglihatan atau bicara. Siapa pun yang mengalami gejala-gejala ini harus segera mengontak medis.

Beberapa pengobatan rumahan juga membantu efek samping dari pil KB.

Misalnya, menempatkan bantal pemanas atau mengompres dengan handuk hangat pada perut bagian bawah atau punggung bawah, berolahraga, berbaring atau istirahat, dan mandi air hangat.

Untuk Ibu menyusui, tidak perlu khawatir karena terdapat produk pil KB yang aman untuk dikonsumsi. Ketahui produk-produknya di artikel “Ibu, Ini 5 Rekomendasi Pil KB Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Itu tadi adalah cara minum pil KB yang benar. Kamu dan keluarga yang tengah mengonsumsinya bisa konsultasi dengan dokter melalui Halodoc mengenai pil KB.

Yuk, download juga aplikasi Halodoc untuk akses kesehatan yang lebih mudah dan informasi kesehatan yang lebih lengkap dengan klik gambar ini!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Is it possible to get pregnant while on birth control?
Planned Parenthood. Diakses pada 2021. How do I use the birth control pill?
WebMD. Diakses pada 2021. Birth Control Pills
Flo. Diakses Pada 2023. Birth Control Pills. How to Take Birth Control Pills: A Step-by-step Guide.
Healthline. Diakses pada 2023. About to Start Using Birth Control Pills? Here’s How to Take Them.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan