Begini Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juli 2021
Begini Tips Menjaga Kebugaran untuk LansiaBegini Tips Menjaga Kebugaran untuk Lansia

“Semakin bertambah usia, kamu perlu ekstra memperhatikan kondisi kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan gaya hidup agar kesehatan saat berusia lanjut tetap terjaga.”

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan tubuh harus diperhatikan dengan. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, hal tersebut dilakukan agar kamu bisa bertahan hidup lebih lama. Saat beranjak menua, seseorang akan mengalami berbagai perubahan dari segi fisik maupun mental. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu perlu melakukan penyesuaian pola hidup agar kesehatan saat berusia lanjut dapat terjaga dengan baik. Berikut ini tips menjaga kebugaran lansia:

Baca juga: Ketahui Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kesehatan

1. Tetap Aktif Bergerak

Banyak lansia yang hanya menghabiskan waktu berdiam diri saja di rumah. Padahal, aktif bergerak menjadi salah satu tips menjaga kebugaran lansia agar kesehatan fisik dan mental dapat terjaga dengan baik. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka harapan hidup menjadi lebih panjang. Aktif bergerak juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit serius, hingga disabilitas akibat pertambahan usia.

2. Melakukan Diet Sehat

Diet sehat bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh di kemudian hari. Seperti yang sudah diketahui bersama, obesitas dini akan memicu berbagai penyakit serius di kemudian hari. Diet sehat dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan takaran nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Tips menjaga kebugaran lansia selanjutnya dapat dilakukan dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Hal yang satu ini perlu dibiasakan sejak muda, agar terbiasa sampai tua. Pola makan yang disarankan adalah mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan kandungan tinggi omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, juga sayuran.

Terkait dengan minuman yang cocok dikonsumsi, disarankan untuk memenuhi asupan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih. Lansia juga diizinkan untuk mengonsumsi teh, kopi, dan jus buah dengan sedikit gula. Sebisa mungkin hindari minuman yang terlalu dingin dan manis. Alih-alih membelinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah agar terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Baca juga: Aktivitas di Rumah yang Bisa Dilakukan dengan Keluarga

4. Beristirahat atau Tidur yang Cukup

Gangguan tidur menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh lansia. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan istirahat dengan waktu tidur yang cukup. Jika memiliki waktu tidur berkualitas, hal tersebut akan berdampak baik pada kesehatan fisik maupun mental. Jika ingin tidur dengan nyaman, atur suhu ruangan dengan nyaman, dan matikan lampu. Gunakan humidifier dan aromaterapi jika diperlukan.

5. Menjaga Kesehatan Kognitif

Menjaga kesehatan kognitif bisa dilakukan dengan bermain permainan yang dapat melatih ketajaman ingatan dan kemampuan berpikir. Beberapa jenis permainan yang disarankan, yaitu puzzle atau teka-teki silang. Perbanyak permainan yang membutuhkan keterampilan berpikir setiap harinya.

6. Melakukan Pemeriksaan secara Rutin

Tidak dapat dipungkiri jika pertambahan usia meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi kesehatan secara berkala. Jika memiliki penyakit bawaan, disarankan untuk mengonsumsi obat yang diresepkan secara rutin.

Baca juga: Ini Tips Ampuh untuk Meningkatkan Imun Keluarga

Itulah sejumlah tips menjaga kebugaran lansia. Untuk menunjang kesehatan tubuh, beberapa poin tersebut dapat dibarengi dengan konsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan oleh tubuh. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
UMH.org. Diakses pada 2021. 5 Fitness Tips for Seniors with Limited Mobility.
NIH. Diakses pada 2021. Staying Motivated to Exercise: Tips for Older Adults.
Help Guide. Diakses pada 2021. Senior Exercise and Fitness Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan