Ketahui Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2021
Ketahui Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk KesehatanKetahui Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kesehatan

“Banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat berjalan kaki. Padahal jika dilakukan secara rutin, berjalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dari meningkatkan kualitas tidur sampai mengurangi stres.”

Halodoc, Jakarta – Berjalan kaki, semua orang melakukannya, tetapi hanya sedikit yang tahu manfaatnya. Manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh dapat kamu rasakan jika dilakukan secara rutin selama 30–60 menit setiap harinya. Bukan hanya kesehatan fisik saja yang terjaga dengan baik, berjalan kaki juga dapat menjaga kesehatan mentalmu, lho. Berikut ini manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh:

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Squat Jump untuk Tubuh Wanita

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dari hasil penelitian yang dilakukan, konsisten berjalan kaki setiap hari setidaknya sebanyak 10.000 langkah mampu membuat jam dan kualitas tidur menjadi lebih baik. Jika kau memiliki istirahat yang berkualitas, maka tubuh cenderung lebih aktif secara fisik. Jika fisik aktif bergerak, maka tidur pun menjadi lebih nyenyak.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Manfaat berjalan kaki yang satu ini bisa dirasakan jika kamu rutin melakukannya, setidaknya selama 20 menit setiap harinya. Manfaat yang satu ini akan lebih terasa jika dilakukan pada lansia.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Selain lansia, berjalan kaki juga cocok dilakukan bagi pengidap tekanan darah tinggi. Berjalan kaki mampu mengurangi tekanan darah sistolik hingga 3,8 mmHg, dan tekanan darah diastolik 0,3 mmHg. Jika dibarengi dengan pola hidup sehat dan obat-obatan yang disarankan, tekanan darah dapat dengan mudah diatasi.

Baca juga: Mengenal Fungsi Otot Polos untuk Tubuh Manusia

4. Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki bukan hanya mampu menurunkan berat badan saja, tetapi juga menurunkan risiko terjadinya obesitas. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk berjalan kaki 10.000 langkah setiap harinya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung secara keseluruhan dapat terjaga dengan baik jika kamu konsisten berjalan kaki setiap hari. Kegiatan yang satu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian terhadap pengidap penyakit jantung hingga 32 persen. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya hanya dengan berjalan kaki dengan kecepatan 3,2 km per jam.

6. Menjaga Kesehatan Sendi

Berjalan kaki mampu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh juga menguatkan otot dan sendi. Jika melakukannya secara rutin, maka cairan sendi akan terus berproduksi. Cairan sendi sendi mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan sendi.

7. Mengurangi Stres

Tahukah kamu jika stres atau cemas dapat dikurangi dengan rutin berjalan kaki? Hasil dari penelitian yang dilakukan, berjalan kaki selama 10 menit sama efektifnya dengan olahraga selama 45 menit dalam hal mengatasi stres atau cemas. Dengan bergerak aktif, kadar hormon stres dalam tubuh akan menurun. Hal tersebut akan berujung pada meredanya kekhawatiran dan kecemasan di pikiran.

Baca juga: Ketahui 2 Manfaat Melakukan Push Up Setiap Hari

Itulah sejumlah manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh. Upaya menjaga kesehatan bukan hanya dilakukan dengan aktif bergerak saja. Kamu juga harus memenuhi asupan tubuh dengan makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc.

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2021. Walking for good health.
Arthritis Foundation. Diakses pada 2021. 12 Benefits of Walking.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Walking?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan