Ini Tips Ampuh untuk Meningkatkan Imun Keluarga

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juni 2021
Ini Tips Ampuh untuk Meningkatkan Imun KeluargaIni Tips Ampuh untuk Meningkatkan Imun Keluarga

“Di tengah pergantian musim, apalagi di tengah pandemi virus corona, menjaga dan meningkatkan imun adalah hal yang penting. Apalagi jika ada anggota keluarga yang masih anak-anak, mereka masih memiliki imun yang belum sempurna sehingga perlu perlindungan ekstra. Untungnya ada cara-cara sederhana untuk meningkatkan imun keluarga yang disarankan para ahli.”

Halodoc, Jakarta – Pepatah yang mengatakan bahwa “harta yang paling berharga adalah keluarga” tampaknya benar adanya. Memiliki keluarga yang ideal dan lengkap memang diduga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, tak hanya memperhatikan kesehatan sendiri, kesehatan keluarga juga sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan membantu bersama-sama meningkatkan imun keluarga.

Dengan meningkatkan imun keluarga, maka kamu dan anggota keluarga lain jadi tidak mudah sakit. Apalagi jika di dalam keluarga masih terdapat anak kecil yang sistem imunnya masih dalam perkembangan. Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit flu misalnya, anak kecil tersebut bisa dengan mudah tertular. 

Baca juga: Begini Cara Buah dan Sayuran Pengaruhi Imunitas Tubuh

Cara Meningkatkan Imun Keluarga

Salah satu cara terpenting keluarga dapat menangkal pilek dan flu dan penyakit lainnya adalah dengan meningkatkan fungsi sistem kekebalan orang dewasa dan anak-anak. Apalagi di tengah pandemi virus corona, menjaga imun keluarga adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan imun keluarga dan menjaga kesehatan keluarga: 

Makan Makanan Sehat dan Seimbang

Makan makanan yang seimbang yang mencakup banyak makanan tinggi antioksidan merupakan bagian penting dari menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh yang baik. Pola makan sehat yang kaya akan makanan peningkat kekebalan dapat membantu tubuh membangun sel darah putih yang melawan infeksi, memperbaiki cedera pada sel, dan melakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit.

Tidur yang Cukup

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan orang dewasa dan anak-anak. Sebaliknya, kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan kognitif dan fisik termasuk peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan masalah jantung. Kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan fungsi hormonal dan berkurangnya ketidakmampuan untuk melawan infeksi.

Satu studi menunjukkan bahwa kehilangan tidur beberapa jam hanya dalam satu malam dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu kemampuannya untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri. 

Namun jika kamu mengalami gangguan tidur yang cukup parah seperti insomnia atau lainnya, sebaiknya segera temui dokter di rumah sakit terdekat. Kini kamu juga bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan begini, kunjungan ke rumah sakit jadi lebih praktis dan mudah tanpa perlu antre lama.

Baca juga: Sistem Imun Melemah Seiring Usia Bertambah, Kok Bisa?

Olahraga

Cara meningkatkan imun keluarga lainnya adalah dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dan teratur dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.Namun, bagaimana kamu berolahraga bisa membuat perbedaan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur yang moderat dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dan meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan ini ke seluruh tubuh. Sedikitnya 30 menit dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Sebaliknya, terlalu banyak olahraga dapat memiliki efek negatif, dan sebenarnya dapat menurunkan kekebalan. Penelitian telah menunjukkan bahwa fungsi sistem kekebalan tubuh menjadi menurun pada atlet yang melakukan latihan intensitas tinggi yang berkepanjangan, terus menerus. Beberapa penelitian juga telah menghubungkan penyakit pernapasan bagian atas dengan periode pelatihan intensif yang berkepanjangan.

Kelola Stres

Stres kronis dan sementara dapat memiliki efek fisiologis yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Stres telah terbukti menurunkan jumlah dan efektivitas sel alami melawan infeksi.

Beberapa tingkat stres memang tidak dapat dihindari untuk orang dewasa dan anak-anak, sehingga penting untuk memperhatikan tanda-tanda bahwa anak mungkin stres. Cobalah untuk mengelola stres anak dan lakukan apa yang bisa dilakukan untuk mengendalikannya sehingga ini bisa meningkatkan imun kembali.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Cara Mudah Meningkatkan Imun: Tertawa Bersama

Penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa sebenarnya dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan dengan meningkatkan sel penghasil antibodi dan membantu sel T bekerja lebih efektif. Tertawa juga telah terbukti mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan hormon perasaan baik seperti endorfin. Oleh karena itu, dengan bercanda atau menonton acara komedi bersama adalah cara mudah meningkatkan imun.

Referensi:
Centre Spring MD. Diakses pada 2021. How to Boost Your Family’s Immune System to Avoid the Flu.
Revere Health. Diakses pada 2021. How to Boost Your Family’s Immune System.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Ways to Boost Your Family’s Immune System Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan