Cara Kerja Stem Cell dan Berbagai Penyakit yang Bisa Diatasi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Februari 2023

“Stem cell adalah salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh. Penanaman sel punca baru ini dapat memperbaiki jaringan yang rusak.”

Cara Kerja Stem Cell dan Berbagai Penyakit yang Bisa DiatasiCara Kerja Stem Cell dan Berbagai Penyakit yang Bisa Diatasi

Halodoc, Jakarta – Dunia kesehatan semakin maju, terutama dalam segi penanganan penyakit,  stem cell termasuk salah satunya. Ini dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan, termasuk kanker. Namun, bagaimana sih tingkat keampuhan dan cara kerja dari tindakan pengobatan ini? Berikut penjelasannya!

Apa Itu Stem Cell?

Sel induk merupakan sel yang memiliki fungsi khusus pada tubuh. Bagian kecil pada tubuh ini dapat membelah diri untuk membentuk lebih banyak sel yang disebut juga dengan sel anak.

Lalu, sel anak ini dapat menjadi sel induk baru dengan fungsi yang lebih spesifik. Contoh dari sel anak yang menjadi sel induk adalah sel darah, sel otak, sel otot jantung, atau sel tulang.

Lalu, bagaimana terapi stem cell dapat mengatasi masalah kesehatan?

Tindakan terapi yang disebut juga sebagai pengobatan regeneratif memang baik untuk mengatasi beberapa gangguan. 

Sebab, metode ini dapat mempromosikan respons perbaikan jaringan yang rusak, disfungsional, atau mengalami cedera dengan peran sel punca.

Sebelumnya, peneliti menumbuhkan sel punca di laboratorium. Lalu, stem cell tersebut dimanipulasi untuk berspesialisasi agar dapat “menggantikan” sel tertentu, seperti sel otot jantung, sel darah, atau sel saraf.

Sel-sel tersebut kemudian ditanamkan ke dalam tubuh seseorang pada bagian yang bermasalah. Contohnya, jika seseorang mengalami penyakit jantung, sel ini disuntikkan ke dalam otot jantung. Dengan begitu, otot jantung yang mengalami cedera bisa teratasi.

Dipercaya jika sel sumsum tulang dewasa yang diolah menjadi sel yang mirip di jantung efektif memperbaiki jaringan yang rusak. Meski begitu, penelitian yang lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya.

Manfaat dari Tindakan Stem Cell

Sel punca memang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, tetapi dengan stimulasi yang tepat. Sebab, sel ini dapat meregenerasi jaringan yang rusak jika tepat sasaran.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tindakan ini, yaitu:

1. Regenerasi jaringan

Salah satu manfaat dari terapi ini adalah memperbaiki jaringan dengan cara membuatnya dapat beregenerasi.

Jika seseorang yang mengalami kekurangan organ donor, sel punca bisa berdiferensiasi sehingga mampu menumbuhkan jenis jaringan atau organ tertentu.

2. Pengobatan penyakit kardiovaskular

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tindakan penanaman sel punca adalah dapat mengatasi beberapa penyakit kardiovaskular.

Saat sel ini disuntikkan ke dalam tubuh, jaringan pembuluh darah dapat terbentuk, bahkan kualitasnya sama dengan pembuluh darah alami.

Dengan begini, penyakit kardiovaskular bisa teratasi dengan baik.

3. Mengatasi penyakit otak

Dokter juga dapat menggunakan tindakan stem cell untuk mengatasi penyakit otak, seperti Parkinson dan Alzheimer.

Kerusakan yang terjadi pada sel otak menyebabkan gerakan otot yang tidak terkendali. 

Nah, sel punca dapat mengisi kembali jaringan otak yang rusak. Bahkan, tindakan pengobatan ini cukup efektif untuk dilakukan dengan tingkat kesembuhan yang cukup tinggi.

Itulah pembahasan cara kerja dari terapi stem cell dan beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan tindakan tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan cara ini agar bisa sembuh total.

Cobalah untuk bertanya pada dokter terkait efektivitas dari terapi ini untuk mengatasi penyakit yang kamu alami.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban.

Dengan menggunakan aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan dokter kapan dan di mana saja. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Stem cells: What they are and what they do.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are stem cells, and what do they do?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan