Ini 11 Cara Simpel dan Efektif Agar Kulit Putih dan Cerah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Februari 2024

“Ada banyak hal yang menentukan warna kulit seseorang, seperti genetik dan paparan pada sinar matahari. Kabar baiknya, ada berbagai cara simpel dan efektif agar kulit terlihat putih dan cerah.”

Ini 11 Cara Simpel dan Efektif Agar Kulit Putih dan CerahIni 11 Cara Simpel dan Efektif Agar Kulit Putih dan Cerah

DAFTAR ISI

  1. Cara Agar Kulit Putih
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Warna kulit alami tergantung pada zat yang disebut pigmen melanin. Zat ini diproduksi oleh melanosit di dalam sel-sel kulit dan memainkan peran utama dalam menentukan warna kulit.

Jika produksi melanin meningkat, kulit jadi semakin tampak gelap. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, penggunaan skincare, dan proses penuaan alami.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara membuat agar kulit terlihat putih dan cerah?

Cara Agar Kulit Putih 

Salah satu cara mendapatkan kulit putih dan cerah adalah dengan melakukan perawatan kulit. Nah, kamu bisa menerapkan beberapa langkah di bawah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang permanen:

1. Makan-makanan bergizi

Faktor pertama dan terpenting yang menentukan kulit yang sehat dan bercahaya adalah asupan makanan. Pastikan untuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan produk susu rendah lemak.

Hindari gorengan, makanan pedas, makanan kemasan, makanan olahan yang dapat membuat kulit terlihat kusam. Jenis makanan ini bahkan bisa memicu jerawat, dan lepuhan secara tiba-tiba.

2. Minum cukup air

Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Mengonsumsinya secara rutin akan membuat tubuh jadi terhidrasi dan memberikan cahaya alami pada kulit.

Penelitian berjudul Dietary water affects human skin hydration and biomechanics yang terbit pada Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menyatakan bahwa air adalah komponen besar tubuh manusia.

Studi juga menyebutkan bahwa air memainkan peran penting dalam keseimbangan fisiologis normal, termasuk kesehatan kulit. Salah satu perannya adalah dapat  mencegah tanda penuaan pada kulit. 

Seperti yang dijelaskan di awal, proses penuaan alami kulit jadi salah satu faktor peningkatan produksi melanin. Seiring dengan usia, akan muncul bintik hitam, sehingga warna kulit jadi tidak merata.

Ketahui juga cara lain untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan membaca artikel ini: Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah.

3. Gunakan tabir surya

Paparan radiasi UV dari matahari memberikan efek buruk bagi kulit. Cahayanya merangsang pembentukan melanin, sehingga kulit jadi tampak gelap. Jadi, jangan lupa untuk selalu memakan tabir surya.

Tak hanya bagian wajah, oleskan tabir surya secara merata ke wajah, tangan, dan kaki untuk mencegah kulit terbakar. Jika sudah terbakar, butuh waktu lama untuk mengembalikan warna kulit semula.

4. Tidur cukup

Tidak minum air putih, kamu bisa memiliki warna kulit yang lebih cerah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pastikan tidur selama 8 jam setiap malam agar kulit tak tampak kusam.

Memastikan waktu tidur yang cukup juga dapat mencegah kulit berjerawat dan lingkaran hitam di bawah mata. Pastikan juga berbaring di seprai dan sarung bantal yang lebih bersih untuk menghindari masalah kulit.

Jika masalah jerawat yang kamu alami tak kunjung membaik, ketahui langkah penanganannya di sini: Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari.

5. Lakukan detoks rutin

Kamu bisa melakukan detoks dari dalam dengan meminum segelas air hangat dengan sedikit jus lemon dan madu saat perut kosong. Cara ini dapat membersihkan aliran darah, memurnikan hati, ginjal, dan saluran kemih dari racun berbahaya. 

Selain itu, antioksidan vitamin C dalam lemon dan sifat antimikroba dari madu bisa memicu kulit menjadi lebih halus, lembut, dan bercahaya. Jika belum pernah mencobanya, coba lakukan mulai esok hari.

6. Gunakan krim malam

Mengoleskan krim malam secara rutin dapat meratakan dan meningkatkan warna kulit. Pilih yang mengandung vitamin A, C, E, dan emolien, misalnya shea butter, minyak zaitun, minyak esensial pohon teh, mawar, serta peptida. 

Bahan-bahan tersebut dapat memperbaiki sel dan kulit di seluruh tubuh. Cara kerjanya dengan menyerap nutrisi secara signifikan di malam hari.

7. Lakukan pijat minyak relaksasi

Pijat seluruh tubuh untuk membantu melepas lelah. Cara ini dapat mengendurkan simpul ketat di otot bahu dan punggung, serta membantu meredakan ketegangan pada otot-otot wajah. 

Pada akhirnya, ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi. Nutrisi ini dapat merangsang produksi kolagen untuk pembentukan sel-sel kulit baru yang halus, sehingga wajah tampak segar dan lebih cerah.

8. Hindari stres

Stres kronis dan jangka panjang dapat bermanifestasi pada kulit, sehingga memicu hiperpigmentasi, atau kondisi yang membuat beberapa area kulit lebih gelap dari area lainnya.

9. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya dapat bersifat eksfoliasi dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Jika kamu menerapkannya secara rutin, cara ini dapat mencerahkan dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit baru. 

Setelah tumbuh, kulit baru akan terlihat lebih bersih dan cerah serta bertekstur halus. Caranya, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya, biarkan 10-12 menit. Lalu gosok wajah dengan lembut dan bilas air bersih.

10. Gunakan kunyit

Kulit memiliki banyak manfaat, mulai dari meredakan nyeri dan demam hingga mencerahkan warna kulit. Kombinasi sifat antimikroba dan antiinflamasi pada kunyit mendukung kilau alami kulit.

Perubahan warna kulit biasanya terjadi akibat bekas jerawat yang berlebihan, hiperpigmentasi, dan bintik-bintik kecoklatan. Dengan kunyit, sifat di dalamnya dapat meredakan masalah kulit tersebut. 

11. Gunakan madu

Penelitian berjudul Honey: its medicinal property and antibacterial activity yang terbit pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyatakan, madu memiliki sifat antimikroba serta aktivitas penyembuhan luka.

Studi juga menyebutkan, madu sangat efektif sebagai pembalut luka, luka bakar, bisul, dan peradangan kulit. Sifat antibakteri madu mempercepat pertumbuhan jaringan baru untuk menyembuhkan luka. 

Ketika jaringan baru terbentuk, warna kulit akan lebih merata. Area gelap akibat peradangan akan memudar dan hilang dengan sendirinya. Pada akhirnya, kulit akan terlihat lebih cerah.

Sebelum menggunakan madu, kamu bisa berdiskusi dulu dengan dokter spesialis kulit. Apalagi jika kamu memiliki alergi terhadap penggunaan bahan-bahan alami yang ditempelkan ke kulit.

Selain kulit gelap, kulit kering jadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Untuk mengatasi dan merawatnya, silakan baca artikel ini: 9 Cara Merawat Kulit Kering agar Tampil Sehat dan Percaya Diri.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Kamu juga bisa hubungi dokter di Halodoc mengenai masalah kulitmu yang lebih spesifik. Dokter dapat memberikan saran perawatan yang tepat dan meresepkan obat jika diperlukan. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

chat dokter halodoc
Referensi:
Netmeds. Diakses pada 2024. Natural Ways To Get Fair Skin Fast And Permanently.
Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. Diakses pada 2024. Dietary water affects human skin hydration and biomechanics.
Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. Diakses pada 2024. Honey: its medicinal property and antibacterial activity.
Dermalogica UK. Diakses pada 2024. How Does Stress Impact Skin Health?
Olivia Clinic. Diakses pada 2024. How To Become Fair: Myths And Facts About Skin Fairness.
Watson Indonesia. Diakses pada 2024. How to Whiten Body Skin?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan