Muncul Gejala Pneumonia? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 April 2024

“Batuk berdahak, mudah lelah, serta demam merupakan gejala umum pneumonia. Jika mengalaminya, segera hubungi dokter agar dapat ditangani dan mencegah terjadinya penyebaran virus dari penyakit ini.”

Muncul Gejala Pneumonia? Segera Hubungi Dokter IniMuncul Gejala Pneumonia? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Gejala Pneumonia yang Harus Diwaspadai
  2. Hubungi Dokter Ini Jika Alami Gejala Pneumonia
    1. DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P
    2. dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P
    3. dr. Kornelis Aribowo Sp.P
    4. dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P

Halodoc, Jakarta – Pneumonia merupakan kondisi inflamasi yang terjadi ketika seseorang mengalami infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru. Di Indonesia, penyakit ini biasa dikenal dengan istilah paru-paru basah.

Infeksi ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua sisi pada paru-paru. Gangguan inflamasi ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur. Kondisi ini pun menyebabkan pneumonia bisa dengan mudah menular ke orang lain.

Karena itu, penting mengetahui gejala pneumonia untuk mencegah penyebaran serta mendapat penanganan sesegera mungkin.

Gejala Pneumonia yang Harus Diwaspadai

Tanda-tanda serta gejala pneumonia sering kali mirip dengan gejala flu, seperti demam dan batuk. Namun gejala pada pneumonia biasanya berlangsung lebih lama daripada flu biasa.

Berikut gejala pneumonia yang harus kamu waspadai:

  • Muncul rasa nyeri di dada saat bernapas atau batuk.
  • Batuk berdahak.
  • Mudah lelah.
  • Demam dan menggigil.
  • Rasa mual dan muntah.
  • Kesulitan bernapas.
  • Gangguan kesadaran, terutama pada mereka yang berusia di atas 65 tahun.
  • Pada orang tua yang berusia di atas 65 tahun dan memiliki sistem kekebalan yang bermasalah, biasanya mengalami hipotermia.

Umumnya, pada anak-anak dan bayi, gejala yang timbul adalah demam tinggi, terlihat lelah secara terus-menerus, kehilangan nafsu makan, batuk yang disertai lendir, serta kesulitan bernapas yang membuat napas menjadi lebih cepat dari biasanya.

Catat, Ini Gejala Pneumonia pada Bayi dan Penanganannya.

Munculnya gejala dari pneumonia ini harus segera ditangani oleh dokter. Sebab, jika dibiarkan kondisi pengidap akan semakin parah dan berpotensi menular kepada orang lain.

Hubungi Dokter Ini Jika Alami Gejala Pneumonia

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala pneumonia, seperti mudah mual, sulit bernapas, hingga gangguan kesadaran, segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Selain untuk mendapat penanganan, saran dari dokter juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus yang menyebabkan penyakit ini.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 2008 dan Universitas Indonesia pada 2020. 

DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P saat ini melakukan praktik di Banda Aceh dan tergabung sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki membuat DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit pneumonia.

Chat DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Jika kamu atau orang terdekat mengalami pneumonia, Ini Berbagai Pengobatan untuk Menangani Pneumonia yang wajib diketahui.

2. dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi Dokter Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2014 dan Universitas Airlangga pada 2021. 

Kini, dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P berpraktik di Badung, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Berbekal pengalaman selama 10 tahun sebagai dokter paru, ia bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penyakit paru-paru, termasuk pneumonia.

Kamu juga bisa menghubunginya untuk bertanya tentang penyakit paru lainnya, seperti batuk kronis, COVID-19, asma, dan bronkitis.

Chat dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Kornelis Aribowo Sp.P

Pilihan lainnya adalah dr. Kornelis Aribowo Sp.P yang bisa kamu hubungi untuk meminta solusi terkait penyakit pneumonia.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2014 dan 2022. 

Kini, dr. Kornelis Aribowo Sp.P berpraktik di Padang, Sumatra Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Berpengalaman selama 10 tahun, dr. Kornelis Aribowo Sp.P dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang penyakit paru-paru, termasuk pneumonia.

Ia juga dapat memberikan konsultasi terkait batuk kronis, asma, PPOK, dan bronkitis. 

Chat dr. Kornelis Aribowo Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P

Kamu juga dapat menghubungi Dokter Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2012 dan Universitas Lambung Mangkurat pada 2021. 

Ia saat ini berpraktik di Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dokter Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar kesehatan paru dan penyakit yang rentan menyerang organ ini, termasuk pneumonia.

Chat dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Nah, itulah beberapa dokter spesialis paru yang bisa kamu hubungi untuk bantu atasi pneumonia. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar dapat segera ditangani. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Pneumonia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Pneumonia.
NHS. Diakses pada 2024. Pneumonia.
WebMD. Diakses pada 2024. Pneumonia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan