Ini 7 Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah untuk Cegah Anemia

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Desember 2023

“Kekurangan darah bisa memicu munculnya gejala anemia. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi jus penambah darah seperti tomat, delima, plum, buah bit, dan kelompok buah berries.”

Ini 7 Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah untuk Cegah AnemiaIni 7 Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah untuk Cegah Anemia

DAFTAR ISI

Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah 


Halodoc, Jakarta – Minum jus penambah darah dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Beberapa rekomendasinya, yaitu tomat, kelompok buah berries, hingga buah delima, buah bit, dan kelompok buah sitrus.

Kamu juga bisa memilih buah yang mengandung zat besi, vitamin C, dan folat. Sebab, berbagai nutrisi tersebut juga ikut berperan dalam membantu meningkatkan kadar hemoglobin serta memperbaiki kesehatan darah. 

Rekomendasi Jus Buah Penambah Darah 

Jika kekurangan darah, tubuh akan mengalami gejala anemia berupa kelelahan, sesak napas, sakit kepala, pucat, dan peningkatan detak jantung. Untuk mencegah kondisi tersebut, kamu bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi jus penambah darah di bawah ini:

1. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang bertugas untuk menyerap zat besi dari makanan. Buah ini juga dapat membantu mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin (ACE), yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Hal tersebut terbukti pada penelitian berjudul Tomato aqueous extract modulates the inflammatory profile of immune cells and endothelial cells yang terbit pada Molecules.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak tomat bekerja mirip dengan obat penghambat ACE. Caranya dengan membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Tak hanya sebagai jus penambah darah, tomat juga memiliki banyak khasiat lain bagi tubuh. Selengkapnya baca dalam artikel ini: 11 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Jika Dimakan Setiap Hari

2. Kelompok buah berries

Kelompok buah berries mengandung tinggi antioksidan dan sifat antiinflamasi. Hal inilah yang bisa berdampak positif pada aliran darah dan dapat meningkatkan volume darah dalam tubuh.

Dalam studi berjudul Berry fruit consumption and metabolic syndrome yang terbit pada Antioxidants, penelitian menunjukkan bahwa buah beri dapat menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan pelebaran arteri.

Hal tersebut menunjukkan potensi aliran darah yang lebih lancar, sehingga dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko sindrom metabolik.

3. Buah delima

Buah delima dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan di dalamnya, terutama zat besi dan vitamin C. 

Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, yang merupakan protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Sementara itu, vitamin C di dalam buah delima dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi penyerapan zat besi oleh tubuh.

Selain melalui jus, darah rendah juga bisa di atasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Berikut rekomendasinya: “Ini Obat Penambah Darah untuk Bantu Atasi Gejala Anemia”.

4. Buah bit

Buah bit diketahui dapat meningkatkan kadar darah karena mengandung zat besi dan asam folat untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, jus penambah darah ini juga mengandung nitrat.

Tubuh membutuhkan nitrat dan mengubahnya menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat inilah yang bertugas melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jaringan otot.

Studi berjudul Acute effects of nitrate-rich beetroot juice on blood pressure, hemostasis and vascular inflammation markers in healthy older adults: a randomized, placebo-controlled crossover study yang terbit pada Nutrients mengatakan, minum 40 ml jus bit per hari mampu mencegah peradangan pembuluh darah yang signifikan ketimbang mengonsumsi plasebo.

Baca selengkapnya di sini tentang kandungan dan manfaat lain dari buah bit untuk kesehatan tubuh: Kenali 10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

5. Kelompok buah sitrus

Buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan grapefruit kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid. Nutrisi tersebut dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kekakuan di arteri, sekaligus meningkatkan aliran darah serta produksi oksida nitrat.

6. Buah plum

Plum mengandung zat besi, yakni suatu mineral yang penting untuk produksi hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin membawa oksigen ke seluruh tubuh dan kekurangan zat besi menghambat aliran darah.

Plum juga mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Kombinasi zat besi dan vitamin C dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia defisiensi zat besi.

Jika mengalami gejala anemia, kamu juga bisa konsultasikan dengan dokter spesialis tepercaya. Dapatkan daftar dokter selengkapnya dalam artikel 5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia.

7. Kelompok buah kering

Aprikot, kismis, dan kurma merupakan sumber zat besi. Faktanya, 100 gram buah kering memiliki 0.8 miligram zat besi, serat, dan vitamin esensial. Di antara buah-buahan itu, kurma memiliki kandungan zat besi yang tertinggi.

Pernah mendengar buah dewandaru yang mengandung berbagai nutrisi penting? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Terkait dengan takaran yang sesuai dengan kondisi kesehatan, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis gizi klinik. Dapatkan juga rekomendasi makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu saat ini.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2023. 9 Foods That May Help Increase Haemoglobin.
Healthline. Diakses pada 2023. The 13 Best Foods to Increase Blood Flow and Circulation.
STYLECRAZE. Diakses pada 2023. 27 Foods That Boost Your Hemoglobin Levels.
Molecules. Diakses pada 2023. Tomato aqueous extract modulates the inflammatory profile of immune cells and endothelial cells.
Antioxidants. Diakses pada 2023. Berry fruit consumption and metabolic syndrome.
Nutrients. Diakses pada 2023. Acute effects of nitrate-rich beetroot juice on blood pressure, hemostasis and vascular inflammation markers in healthy older adults: a randomized, placebo-controlled crossover study.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan