Ini Porsi Makan untuk Diet Agar Berat Badan Cepat Turun

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 November 2022

“Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya sesuaikan porsi makan untuk diet. Perhatikan asupan kalori, protein, hingga sayur serta buah agar diet berjalan lancar.”

Ini Porsi Makan untuk Diet Agar Berat Badan Cepat TurunIni Porsi Makan untuk Diet Agar Berat Badan Cepat Turun

Halodoc, Jakarta – Pola makan yang kamu jalani tentunya akan memengaruhi kondisi kesehatan dan berat badan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, makanan yang manis, hingga makanan yang pengolahannya dengan cara digoreng bisa menyebabkan berat badan naik dengan cepat.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, kamu perlu mengetahui porsi makan untuk diet secara tepat agar penurunan berat badan berhasil atau bahkan terjadi lebih cepat.

Porsi Makan untuk Diet

Jika kebanyakan kalori yang masuk ke dalam tubuh berasal dari makanan yang melalui pengolahan dengan proses menggoreng, sebaiknya kamu mulai mengubahnya. Memang dua jenis makanan ini banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang lezat, tetapi mereka tidak baik untuk dikonsumsi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan. 

Untuk memastikan diet yang kamu jalankan berjalan dengan baik, kamu perlu memastikan setiap kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya konsumsilah makanan yang beragam dengan nutrisi, seperti:

1. Protein

Mengonsumsi protein dapat membantu untuk meningkatkan massa otot dan menurunkan berat badan. Ada berbagai jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat diet, seperti:

  • Daging tanpa lemak: Daging ayam, sapi, dan kambing.
  • Makanan laut: Ikan salmon dan udang.
  • Telur.
  • Protein nabati: Tempe dan tahu.

2. Lemak

Jangan takut untuk mengonsumsi lemak saat kamu sedang diet. Namun, pastikan kamu mengonsumsi lemak yang sehat. Minyak zaitun dan alpukat menjadi makanan yang mengandung lemak sehat cukup tinggi. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan olive oil untuk menu makanan atau menjadikan alpukat sebagai camilan sehat di sela-sela waktu makan.

3. Buah dan Sayuran

Saat diet pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak daripada biasanya. Jangan ragu untuk mengonsumsi beragam sayuran hijau agar kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik tetapi jumlah kalorinya tetap terjaga dengan tepat.

Pastikan kamu mengonsumsi sayuran sekitar 250 gram dalam satu hari. Kamu bisa mengonsumsi sayuran 100 gram setiap makan. Untuk buah, kamu perlu mengonsumsi 150 gram setiap hari. Kamu bisa mengonsumsi buah sebanyak 50 gram dalam satu kali makan.

4. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang tidak boleh kamu lewatkan saat diet. Ini merupakan sumber energi yang harus kamu penuhi setengah dari kebutuhan kalori setiap hari.

Namun, sangat penting memilih jenis karbohidrat yang tepat saat diet. Karbohidrat sederhana, seperti roti, biskuit, dan nasi putih memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Untuk itu, pilihlah karbohidrat kompleks untuk menunjang proses diet yang sedang kamu lakukan.

Sedangkan, karbohidrat kompleks mengandung serat yang tinggi. Kondisi ini membuat kamu bisa merasakan kenyang lebih lama sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol berat badan.

Itulah berbagai jenis makanan yang perlu kamu perhatikan sebagai porsi makan untuk diet sehat. Jangan lupa perbanyak asupan air putih selama menjalankan proses diet agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Hindari juga minuman yang mengandung pemanis, kafein, hingga alkohol. Selain itu, batasi pengonsumsian makanan yang mengandung garam agar proses penurunan berat badan bisa berjalan dengan baik.

Kamu pun bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan nutrisi dalam tubuh. Yuk, buat janji pemeriksaan dengan dokter spesialis gizi agar kebutuhan gizi selama proses diet bisa terpenuhi dengan baik. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Secrets of Healthy Eating and Portion Control.
Healthline. Diakses pada 2022. Want to Lose Weight Fast? These Science-Backed Tips Can Help You Lose Weight Sustainably.
Healthify Me. Diakses pada 2022. Best Diet Plan for Weight Loss & Diet Chart.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan