Kenali 4 Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Januari 2023

“Ketahui berbagai manfaat masturbasi pada wanita. Mulai dari menurunkan tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, hingga membuat kulit menjadi lebih sehat.”

Kenali 4 Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan WanitaKenali 4 Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Wanita

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Masturbasi pada Wanita
  2. Waspada Efek Negatif Sering Masturbasi

Halodoc, Jakarta – Masturbasi adalah salah satu aktivitas seksual yang melibatkan proses menyentuh alat kelamin atau area sensitif lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan gairah atau kepuasan seksual untuk diri sendiri.

Untuk wanita yang telah dewasa, kegiatan seksual ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui berbagai manfaat masturbasi pada wanita berikut ini!

Manfaat Masturbasi pada Wanita

Selain pria, wanita juga bisa melakukan kegiatan seksual ini untuk mendapatkan kesenangan secara seksual. Kegiatan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

Berikut manfaat masturbasi pada wanita yang perlu untuk diketahui, yaitu:

1. Menurunkan tingkat stres

Masturbasi sangat identik dengan orgasme atau kepuasan seksual. Saat kamu mendapatkan kepuasan melalui rangsangan pada tubuh, hal ini bisa membantu kamu untuk menurunkan tingkat stres.

Saat mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Dengan begitu, stres yang kamu rasakan bisa membaik.

2. Meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik

Kegiatan ini juga berkaitan dengan perbaikan suasana hati. Saat kamu merasa puas atau senang, maka suasana hati bisa menjadi lebih baik. Hal ini juga terkait dengan pelepasan hormon oksitosin.

3. Membuat kulit menjadi lebih sehat

Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan pada 2009, mengatakan bahwa orgasme yang dilakukan saat masturbasi maupun hubungan intim bisa meningkatkan produksi hormon estrogen. 

Tentunya hal ini sangat baik karena kebutuhan estrogen yang bisa terpenuhi dengan baik mampu mencegah tanda penuaan dini. Selain itu, pemenuhan kebutuhan estrogen juga bisa mencegah penurunan kadar kolagen dalam tubuh. Hal ini membuat kulit akan menjadi lebih kencang dan cerah.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Orgasme dapat membuat kamu menjadi lebih rileks, kondisi ini bisa membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dari kegiatan ini. Namun, pastikan untuk menjaga kebersihan tubuh agar kegiatan ini tidak menjadi pemicu gangguan kesehatan pada tubuh maupun organ reproduksi.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Kondom untuk Kesehatan

Waspada Efek Negatif dari Masturbasi

Masturbasi tidak menyebabkan efek negatif secara fisik. Akan tetapi, kegiatan ini dapat menyebabkan efek negatif pada psikologis bila dilakukan terlalu sering. Ada beberapa efek negatif yang umumnya terjadi, seperti:

1. Rasa bersalah

Beberapa orang akan merasakan perasaan menyesal dan bersalah setelah melakukan masturbasi akibat adanya tekanan budaya, lingkungan, hingga agama. 

Kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan seksual yang normal, tetapi beberapa kelompok masyarakat masih menganggap kegiatan ini tidak boleh dilakukan apalagi oleh wanita.

Jika kamu merasakan penyesalan atau perasaan bersalah setelah melakukan ini, sebaiknya lakukan perawatan dengan psikologis untuk membuat kondisi mental kamu semakin optimal. Apalagi jika perasaan menyesal dan bersalah sudah menyebabkan gangguan pada kehidupan sehari-hari.

2. Adiksi atau ketergantungan

Kegiatan ini juga bisa menyebabkan adiksi atau ketergantungan. Tentunya hal ini menjadi buruk ketika sudah menyebabkan gangguan pada hubungan dengan pasangan dan sosial.

Untuk mencegah kebiasaan ini menjadi adiksi, kamu bisa memperbanyak kegiatan lain. Contohnya seperti olahraga, membaca buku, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Pernah mendengar istilah porn, masturbate, dan orgasm (PMO)? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa itu PMO? Ini Dampak Negatif dan Cara Ampuh Mengatasinya

Kamu bisa meminta bantuan psikolog untuk mengatasi kondisi ini. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan saran medis yang akurat dan tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Masturbation — How Does It Affect Your Health?
Healthline. Diakses pada 2023. What Can Orgasms Do for Your Skin?
The Journal of Sexual Medicine. Diakses pada 2023. Associations Among Physiological and Subjective Sexual Response, Sexual Desire, and Salivary Steroid Hormones in Healthy Premenopausal Women.
Planned Parenthood. Diakses pada 2023. Is Masturbation Healthy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan