• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah Didapat, Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Jantung

Mudah Didapat, Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Dunia musik Indonesia kembali berduka. Dionisius Prasetyo atau yang dikenal dengan Didi Kempot menutup usia pada hari Selasa (5/5). Sejauh kabar yang ada, pihak rumah sakit yang menanganinya menyebutkan bahwa kondisi Didi saat dibawa ke rumah sakit sudah tidak sadarkan diri dan mengalami henti jantung.

Penyakit jantung memang banyak jenisnya dan dianggap sebagai silent killer. Penyakit jantung bisa terjadi pada bagian pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, hingga adanya gangguan akibat faktor pemicu lainnya. Hal ini membuat jantung tidak dapat menjalankan fungsi dengan baik, yaitu mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Didi Kempot Meninggal Karena Silent Killer?

Makanan Sehat untuk Jantung

Penyakit jantung menyebabkan pengidap mengalami gejala gangguan pada fungsi jantung. Umumnya pengidap penyakit jantung akan merasakan beberapa gejala yang umum, seperti nyeri dada, jantung yang berdetak lebih cepat atau lebih lambat, sesak napas, cepat lelah, tangan dan kaki yang menjadi dingin, pusing, dan kulit yang berubah menjadi kebiruan.

Penyakit jantung menjadi penyakit yang cukup berbahaya. Berbagai komplikasi dapat terjadi akibat adanya gangguan kesehatan pada jantung, seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung, hingga henti jantung. Diagnosis dini tentunya dapat memudahkan pengobatan yang akan dilakukan. Jangan ragu untuk segera bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika mengalami beberapa gejala gangguan pada jantung.

Berbagai pencegahan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari rutin melakukan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Kamu bisa melakukan pencegahan penyakit jantung dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung, seperti:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Melansir dari laman Health, kandungan asam omega 3 pada ikan salmon efektif untuk menurunkan tekanan darah dan menghindari pembekuan darah yang mengganggu aliran darah. Selain itu, kandungan asam omega 3 juga mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Tahu

Melansir Healthline, tahu menjadi makanan sehat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan kacang kedelai pada tahu mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung. Selain itu, tahu juga memiliki kandungan saponin, kandungan senyawa yang menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Makanan Ini

3. Sayuran Hijau

Tentunya berbagai jenis sayuran hijau akan mudah untuk ditemui. Berbagai jenis sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan juga selada menjadi beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi karena membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini disebabkan karena sayuran hijau memiliki kalori, serat dan juga rendah lemak. Tidak hanya itu, kandungan folat dan kalium yang terkandung dalam sayuran hijau juga sangat baik untuk fungsi jantung.

4. Tomat

Tomat memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan kalium yang terdapat dalam tomat. Melansir Web MD, meskipun kandungan kalium tidak dapat mengatasi penyakit jantung yang sudah terjadi, dengan memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

5. Alpukat

Melansir Medical News Today, alpukat memiliki kandungan betasitosterol yang menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan betasitosterol dalam alpukat dapat membantu kamu untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Oatmeal

Tidak ada salahnya mengganti menu camilan kamu dengan mengonsumsi oatmeal. Selain dapat membuat rasa kenyang lebih lama, oatmeal juga mengandung serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Kondisi ini tentunya menghindari kamu dari berbagai gangguan pada jantung.

7. Yoghurt

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tulang, yoghurt juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Yoghurt memiliki kandungan kalium dan kalsium di dalamnya. Tidak ada salahnya mengonsumsi yoghurt dengan campuran buah segar lainnya agar manfaat yang dirasakan semakin optimal.

Baca juga: Waspada, Ini Jenis-Jenis Penyakit Jantung di Usia Muda

Itulah jenis makanan menyehatkan untuk jantung. Selain itu, sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan jantung di rumah sakit pilihan agar dapat mendeteksi sejak dini segala gangguan. Jangan lupakan juga untuk rutin melakukan olahraga untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why Avocado is Good for You
Web MD. Diakses pada 2020. How Potassium Help Your Heart
Healthline. Diakses pada 2020. What is Tofu, and Is It Good for You?
Health. Diakses pada 2020. 10 Best Food for Your Heart