• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Kemoterapi, Apa Metode Pengobatan Kanker Payudara?

Selain Kemoterapi, Apa Metode Pengobatan Kanker Payudara?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kanker dapat menyerang siapa saja tanpa melihat latar belakang orang tersebut. Salah satu penyakit kanker yang sangat umum menyerang wanita adalah kanker payudara. Penyakit ini disebabkan pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara dan menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan yang parah hingga kematian.

Maka dari itu, penting untuk segera melakukan pengobatan kanker payudara pada seseorang yang terdiagnosis. Salah satu pengobatan yang umum dilakukan untuk mengatasi kanker payudara yang menyerang adalah kemoterapi. Namun, masih banyak metode pengobatan lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan pada dada wanita tersebut. Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: 3 Komplikasi Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

Pengobatan Kanker Payudara yang Efektif Selain Kemoterapi

Kanker payudara adalah penyakit yang kerap terjadi pada wanita dan membutuhkan pengobatan segera agar tidak bertambah parah. Hal tersebut karena penyakit ganas ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Penting untuk segera memeriksakan diri jika mengalami beberapa gejala dari kanker payudara agar diagnosis awal dapat dilakukan dan pengobatan tidak terlambat.

Pemilihan pengobatan dari kanker payudara sangat penting untuk menentukan persentase dari kesembuhan pengidapnya. Tentu pengobatan tersebut ditentukan oleh tingkat keparahan, jenis kanker yang menyerang, hingga kondisi kesehatan orang tersebut. Hal ini juga akan melihat efek samping pengobatan yang dapat terjadi pada tubuh.

Salah satu pengobatan yang umum dilakukan adalah kemoterapi. Namun, pengobatan tersebut dapat menimbulkan beberapa efek samping saat dilakukan, seperti rambut rontok, anemia, perdarahan, dan memar. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui beberapa pengobatan kanker payudara lainnya untuk pertimbangan. Berikut beberapa pengobatan selain kemoterapi:

  1. Pembedahan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan kanker payudara selain kemoterapi adalah dengan melakukan pembedahan atau operasi. Metode ini akan mengangkat seluruh payudara (mastektomi) atau mengangkat hanya bagian tumor dan jaringan di sekitarnya (lumpektomi) guna melindungi payudara. Jika kanker sudah terbilang parah, kemungkinan mastektomi yang akan dilakukan.

  1. Terapi Radiasi

Metode lainnya yang dapat diterapkan sebagai cara pengobatan kanker payudara adalah terapi radiasi. Cara ini akan menggunakan metode radiasi yang berguna untuk membunuh sel kanker tersebut. Namun, terapi ini dapat merusak sel sehat yang berada di dekatnya. Pastikan dokter kamu mengetahui semua kekhawatiranmu tentang hal ini.

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Cara Ini

  1. Terapi Hormon

Terapi hormon juga merupakan salah satu metode yang diterapkan untuk mengobati kanker payudara yang menyerang. Dokter akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mencegah hormon tubuh, terutama estrogen, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Beberapa obat yang dikonsumsi adalah tamoxifen dan inhibitor aromatase.

Namun, pengobatan kanker payudara ini dapat menimbulkan efek samping seperti kekeringan pada vagina. Hal ini terjadi karena dampaknya dapat menghentikan indung telur untuk memproduksi hormon. Kandungan fulvestrant pada obat tersebut merupakan injeksi yang membuat estrogen tidak dapat menempel pada sel kanker.

  1. Terapi Target

Metode lainnya yang efektif sebagai cara pengobatan kanker payudara adalah terapi target. Cara ini akan menghancurkan sel kanker dengan bantuan obat atau zat lainnya dengan cara menghentikan penyebaran sel kanker tanpa dampak buruk pada sel sehat di dekatnya. Namun, beberapa dampak buruk dapat terjadi pada wanita yang melakukan terapi target, seperti gangguan hati, hipertensi, dan kelelahan.

Itulah beberapa pengobatan yang dapat mengatasi kanker payudara pada wanita selain kemoterapi. Penting untuk mengetahui beberapa pengobatan tersebut sebagai rujukan apabila memang didiagnosis gangguan pada dada tersebut. Sehingga, wawasan terkait pengobatan ini dapat didiskusikan dengan dokter yang menangani.

Baca juga: 6 Efek Kemoterapi yang Belum Banyak Orang Tahu

Kamu juga dapat bertanya tentang cara pengobatan kanker payudara yang efektif pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. How Is Breast Cancer Treated?
Cancer.Net. Diakses pada 2020. Breast Cancer: Types of Treatment.