Kenali Lebih Dalam 3 Jenis Kanker Payudara yang Bisa Menyerang

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali Lebih Dalam 3 Jenis Kanker Payudara yang Bisa Menyerang

Halodoc, Jakarta - Terkenal sebagai penyakit ganas yang banyak menyerang wanita, tahukah kamu bahwa kanker payudara memiliki jenis yang cukup banyak? Secara umum saja, jenis kanker payudara terbagi menjadi 2, yaitu invasif dan noninvasif atau in-situ. Kanker payudara invasif terjadi jika sel kanker menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya. Sementara kanker payudara non-invasif terjadi ketika kanker tidak menyebar ataupun pecah. 

Baca juga: Kenali 6 Ciri Kanker Payudara

Nah, berdasarkan dua karakteristik itu, jenis kanker payudara kemudian dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

1. Kanker Payudara Non-invasif (Tidak Ganas)

Jenis kanker payudara ini terbilang tidak ganas, karena sel tidak menyebar ke jaringan lain di sekitarnya. Kanker payudara in-situ pun kemudian terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Karsinoma duktal in situ (DCIS). Merupakan jenis kanker payudara yang bermula di dalam jaringan saluran susu (duktus). Karsinoma duktal in-situ umumnya tidak mengancam nyawa dan kemungkinan sembuhnya tinggi. Namun jika pengobatan telat dilakukan, kanker payudara ini dapat berubah menjadi ganas.

  • Karsinoma lobular in situ. Dikenal juga dengan nama neoplasia lobular. Jenis kanker payudara ini sebenarnya tidak termasuk kanker, tetapi terlihat seperti sel kanker yang tumbuh di lobulus payudara (jaringan yang memproduksi susu).

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

Meski cenderung tidak ganas, kanker payudara non-invasif juga perlu diwaspadai. Segera periksakan diri ke dokter jika menjumpai benjolan atau perubahan pada payudara, agar deteksi dan pengobatan dini bisa dilakukan. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasinya di ponselmu, ya

2. Kanker Payudara Invasif (Kanker Ganas)

Kebalikan dari jenis kanker payudara non-invasif, kanker payudara invasif cenderung bersifat ganas, dan bisa mematikan. Berikut beberapa jenis kanker payudara invasif:

  • Karsinoma duktal invasif. Merupakan jenis kanker payudara yang paling umum. Kanker ini bermula dari mengganasnya sel-sel di saluran susu, yang kemudian menerobos dinding saluran tersebut, dan menyerang jaringan payudara lain di dekatnya. Tak hanya itu, sel kanker juga bisa menyebar ke jaringan tubuh lainnya melalui sistem getah bening dan aliran darah.

  • Karsinoma lobular invasif. Merupakan jenis kanker payudara yang bermula di lobulus payudara (jaringan produksi susu), yang kemudian menyerang jaringan payudara dan organ lain di sekitarnya.

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

3. Kanker Payudara Langka

Meski tergolong langka, beberapa jenis kanker payudara berikut tetap perlu diwaspadai:

  • Kanker payudara inflamasi. Jenis kanker payudara ini terjadi akibat sel-sel kanker menghalangi pembuluh limfa di kulit, dan bisa menyebabkan payudara membengkak dan memerah. Kanker ini cenderung tumbuh dan menyebar dengan cepat, bahkan gejalanya bisa memburuk dalam hitungan hari bahkan jam.

  • Penyakit Paget (kanker puting payudara). Jenis kanker payudara ini cukup langka, yang secara spesifik hanya menyerang puting dan areola (area cokelat di sekitar puting). Gejalanya bisa sangat mirip dengan ruam eksim, hingga menyebabkan keluarnya darah atau cairan kuning, disertai rasa gatal dan terbakar.

  • Tumor Phyllodes, yaitu tumor payudara langka yang berkembang di jaringan ikat payudara. Sebagian besar tumor ini tergolong jinak, tetapi bisa juga bersifat kanker ganas.

  • Angiosarkoma payudara. Jenis kanker payudara yang satu ini sangat langka. Angiosarkoma payudara awalnya muncul pada sel yang melapisi pembuluh darah atau pembuluh getah bening di payudara, dan menyerang jaringan atau kulit payudara. Jenis kanker payudara ini biasanya terjadi akibat paparan radiasi pada payudara.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2019. Type of Breast Cancer
Prevention. Diakses pada 2019. Every Type of Breast Cancer, Explained