12 June 2018

Agar Enggak Kelelahan Setelah Mudik

mengatasi kelelahan saat mudik, tips mudik sehat, perjalanan mudik sehat

Halodoc, Jakarta – Menjelang Idul Fitri, banyak masyarakat yang pulang ke kampung halaman. Berbagai macam trasnportasi digunakan untuk bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Pada saat mudik, waktu banyak dihabiskan di perjalanan terutama jika kamu mudik menggunakan transportasi umum seperti bis, kereta api, atau bahkan ada yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil pribadi. Banyaknya orang yang kembali ke kampung halaman terkadang membuat perjalanan macet dan membuat tubuh terasa lelah setelah perjalanan mudik.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran)

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kelelahan setelah kamu selesai dari perjalanan mudik kamu.

 

  • Istirahat yang Cukup

 

Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum memulai aktivitas seperti biasanya. Kamu bisa mengatur jadwal pulang kampung agar kamu bisa memiliki waktu istirahat setelah selesai perjalanan mudik. Pada saat perjalanan mudik, kamu pasti mengalami kekurangan tidur, maka setelah sampai di rumah usahakan kamu tidur 6-8 jam per malam. Tidur yang cukup dapat membantu kamu memulihkan energi yang terpakai selama perjalanan mudik.

 

  • Minum Air Putih yang Cukup

 

Tidak hanya setelah kamu sampai di rumah, usahakan selama perjalanan mudik kamu juga mengonsumsi air yang cukup untuk kebutuhan tubuh kamu agar tidak dehidrasi. Selain menjaga agar tubuh kamu tidak dehidrasi, dengan mengonsumsi air putih yang cukup, keseimbangan cairan tubuh kamu akan terjaga dengan baik. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih yang cukup dengan kebutuhan tubuh kamu, energi yang hilang selama perjalanan mudik akan lebih cepat kembali dan membuat kamu lebih produktif.

 

  • Pijat Badan

 

Mendapatkan pijatan dari ahli pijat badan akan memberikan suasana yang rileks bagi tubuh kamu. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memijat badan kamu setelah kamu melakukan perjalanan mudik. Banyak manfaat pijat lainnya yang bisa kamu rasakan. Selain untuk menghilangkan rasa lelah, pijat juga terbukti dapat menghilangkan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti nyeri sendi, leher, atau bahu yang kaku.

 

  • Konsumsi Makanan Sehat

 

Selama perjalanan mudik, mungkin saja kamu terlalu banyak makan makanan yang kandungan nutrisinya tidak terlalu baik karena terlalu sering jajan selama di perjalanan. Nah, sesampainya di rumah, kembalikan nutrisi dan gizi tubuh kamu dengan makan makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, perbanyak konsumsi buah supaya badan kamu kembali segar.

 

  • Olahraga

 

Tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan setelah kamu melakukan perjalanan mudik. Selain bisa membuat tubuh kamu menjadi segar dan bugar, olahraga juga bisa menghilangkan rasa pegal-pegal pada tubuh akibat perjalanan mudik yang memakan waktu cukup panjang. Durasi olahraga juga tidak perlu terlalu panjang, sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kondisi kesehatan kamu masing-masing.

(Baca juga: 4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik)

Istirahat adalah kunci utama dalam mengatasi masalah kelelahan saat mudik. Jika kamu masih merasakan lelah dan ada beberapa keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa melakukan Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!