Begini Pengobatan Biduran yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Begini Pengobatan Biduran yang Bisa Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta - Pernah merasakan gejala seperti ruam yang terasa gatal dan disertai rasa perih yang menyengat? Bisa jadi kamu mengalami biduran. Gejala biduran biasanya bisa terjadi beberapa jam atau beberapa hari. Namun, biduran juga dapat berkembang menjadi akut jika tidak diberi obat biduran atau gejala tidak berubah selama kurang dari enam minggu.  

Baca juga: Adakah Makanan yang Harus Dihindari Saat Biduran?

Apa Penyebab Biduran?

Kondisi gatal-gatal terjadi saat kadar histamin dan zat kimia lainnya dilepaskan ke kulit. Mereka kemudian menyebabkan ruam dan gejala lainnya muncul ke permukaan kulit. Tingginya kadar histamin menyebabkan pembuluh darah di daerah yang terkena membuka dan mulai bocor. Cairan yang dihasilkan dalam jaringan ini menyebabkan pembengkakan dan gatal. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan biduran, seperti: 

  • Reaksi alergi terhadap makanan, gigitan serangga, tanaman, atau hewan;

  • Perubahan suhu;

  • Paparan sinar matahari;

  • Infeksi, seperti flu atau pilek;

  • Efek samping obat-obatan tertentu, seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu, beberapa obat tekanan darah (ACE inhibitor), dan kodein adalah obat yang diketahui memiliki efek samping gatal-gatal.

  • Pengawet atau zat aditif makanan

Biduran kronis juga bisa menjadi tanda dari penyakit lain, seperti penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus. Pada banyak kasus, kondisi ini sering dialami anak-anak dan wanita yang berusia 30 hingga 60 tahun. 

Baca juga: Biduran Pada Anak? Ini Faktor Penyebabnya

Obat Biduran Alami 

Melansir Healthline, berikut ini adalah obat biduran alami yang bisa diberikan di rumah:

  • Mandi dengan Oatmeal. Sifat antiinflamasi oatmeal dapat menjadi obat biduran alami. Mereka bisa menenangkan gatal-gatal, asalkan kamu tidak memiliki alergi terhadap komponen oatmeal apa pun. Tambahkan satu setengah gelas oatmeal ke dalam bak mandi, pastikan airnya tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas memicu gatal-gatal dan membuat perawatan jadi tidak efektif. Berendamlah dalam rendaman oatmeal tidak lebih dari 15 menit, dan hindari menggaruk atau menggosok kulit dengan handuk saat mengeringkannya.

  • Lidah Buaya. Lidah buaya juga bisa jadi obat biduran serta mengatasi kulit terbakar karena bersifat antiinflamasi. Pastikan kamu tidak alergi terhadap lidah buaya sebelum menerapkannya pada kulit. Gosokkan lidah buaya pada bagian yang gatal beberapa kali sehari.

  • Kompres Dingin. Cara sederhana ini juga bisa menjadi obat biduran. Hal ini gatal-gatal dapat disebabkan atau diperparah oleh suhu panas, maka pemberian kompres dingin pada biduran selama 10 menit bisa meredakan iritasi. Kamu bisa bungkus es dengan handuk atau kain lembut dan oleskan ke kulit. 

  • Losion Kalamin. Losion ini umumnya digunakan untuk meredakan gatal akibat poison ivy atau poison oak. Losion ini juga efektif menjadi obat biduran. Oleskan kalamin menggunakan kain bersih ke kulit yang gatal. 

  • Konsumsi Vitamin. Beberapa orang yakin bahwa suplemen vitamin dapat menjadi obat biduran yang ampuh. Contohnya adalah vitamin B-12, C, dan D, minyak ikan, atau quercetin. Namun, sebagian besar ahli mengatakan pilihan ini perlu diteliti lebih lanjut. Kamu harus membicarakannya dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

Baca juga: Kunyit Ampuh untuk Usir Biduran, Apa Kata Dokter?

Jika gejala tidak kunjung membaik meski kamu telah menerapkan beberapa cara di atas, maka sudah waktunya kamu memeriksakannya di rumah sakit. Segera buat janji dengan dokter pakai aplikasi Halodoc supaya kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Hives.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Treat Hives.
Web MD. Diakses pada 2020. Alternative Medicine for Hives.