Beruban di Usia 20an Bisa Jadi Tanda Stres?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Beruban di Usia 20an Bisa Jadi Tanda Stres?

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia seseorang akan ada banyak perubahan pada fisik, salah satunya pada rambut. Kerontokan rambut hingga rambut yang berubah warna menjadi putih atau dikenal sebagai uban umumnya dialami oleh seseorang yang beranjak lanjut usia. Hal ini disebabkan karena folikel yang tidak lagi memproduksi melanin sehingga menyebabkan perubahan warna pada rambut.

Baca juga: Cegah Uban di Usia Muda? Bisa!

Namun, bagaimana kalau uban muncul saat kamu masih berusia 20-an? Tentu munculnya uban di usia yang masih terbilang sangat muda membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Sebaiknya ketahui dulu penyebab uban yang muncul di usia yang masih muda.

1. Kekurangan Vitamin

Anak muda yang memiliki uban di usianya yang masih terbilang muda bisa dikarenakan mengalami kekurangan vitamin. Ya, kekurangan nutrisi dan gizi memengaruhi pigmentasi seseorang. Kekurangan vitamin B6, B12, vitamin D, dan vitamin E pada tubuh seseorang dapat sebabkan munculnya uban di usia yang masih terbilang muda.

Selain itu, kekurangan vitamin D3, B12 dan tembaga dapat membuat rambut menjadi memutih. Jangan khawatir, dengan memenuhi kebutuhan vitamin tersebut dapat membuat warna rambut kembali menjadi normal. Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang membuat rambut menjadi sehat dengan mengonsumsi beberapa makanan, seperti telur, ikan, bayam, daging sapi atau kacang-kacangan.

2. Faktor Genetik

Faktor genetik dapat menyebabkan seseorang memiliki uban di usia yang masih terbilang muda. Jika orangtua kamu memiliki uban ketika usianya masih muda, maka wajar kalau kamu juga mengalami hal yang sama. Selain faktor genetik, ternyata ras dan etnis seseorang juga memengaruhi pertumbuhan uban.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Hilangkan Uban Secara Cepat dan Alami

3. Tingkat Stres dalam Tubuh

Setiap orang dapat mengalami stres, untuk itu tidak ada salahnya beristirahat sejenak dari rutinitas yang ada. Jika kamu tidak dapat mengelola stres dengan baik, maka hal ini dapat memengaruhi kesehatan rambut.

Stres yang tidak dapat diatasi dengan baik dapat sebabkan munculnya uban meskipun kamu masih memiliki usia yang terbilang muda. Alasannya, tingkat stres yang tinggi sebabkan produksi melanin untuk pewarna alami rambut menjadi terhambat dan meningkatkan seseorang memiliki uban lebih cepat. Sebaiknya kelola stres yang kamu alami dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, berlibur, berolahraga atau berkonsultasi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc.

4. Kebiasaan Merokok

Bagi kamu yang masih memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan kebiasaan ini. Kebiasaan merokok memiliki dampak buruk untuk kesehatan kamu, salah satunya kesehatan rambut. Kandungan yang terdapat dalam rokok dapat memengaruhi pigmen rambut. Jadi, kalau kamu ingin memiliki rambut hitam sehat, hindari kebiasaan merokok agar kesehatan tubuh khususnya rambut tetap terjaga.

Baca juga: Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

5. Kebersihan Kulit Kepala

Kulit kepala yang bersih dan terawat membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan rambut, salah satunya rambut beruban. Tidak hanya uban, kulit kepala yang kotor dan tidak terawat bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada rambut, seperti rambut rontok, rambut patah, dan ketombe.

Yuk, tidak ada salahnya mulai sekarang rawat kesehatan rambut dan kulit kepala agar kamu terhindar dari berbagai gangguan yang dapat menyerang rambut. 

Referensi:
Indian Dermatology Online Journal. Diakses pada 2019. Does Smoking Cause Premature Hair Graying?
Huffpost. Diakses pada 2019. The Link Between Stress and Gray Hair.
Healthline. Diakses pada 2019. 15 Facts That Will Change Everything You Think About Going Gray