24 May 2018

5 Cara Ampuh Hilangkan Uban Secara Alami dan Cepat

5 Cara Ampuh Hilangkan Uban Secara Alami dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, memiliki rambut putih atau uban bisa jadi tidak menyenangkan. Sebab, rambut beruban identik dengan orang yang sudah lanjut usia (lansia). Selain alasan usia, sebenarnya uban juga disebabkan oleh faktor genetik, kondisi kesehatan, kebiasaan merokok, atau sedang dalam proses pengobatan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan uban? Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain dengan melakukan pewarnaan ulang. Cara inilah yang banyak ditempuh karena prosesnya cepat dan juga efektif. Sayangnya, hasil dari pewarnaan rambut cenderung tidak tahan lama dan akan kembali memutih. Sehingga beberapa orang mencoba cara lain untuk menghilangkan uban, yaitu dengan cara alami. Bagaimana caranya?

  1. Minyak Kemiri

Bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan rambut adalah minyak kemiri. Minyak ini juga telah terbukti efektif dalam menghilangkan uban. Caranya adalah dengan menyangrai kemiri dan kemudian dihaluskan hingga keluar minyaknya.

Oleskan minyak ini ke seluruh rambut hingga merata dan diamkan selama 15 menit agar minyak tersebut meresap. Setelah itu, bilaslah rambut menggunakan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara berkala.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan uban. Alasannya karena minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa mencegah uban muncul kembali. Caranya cukup dengan membalurkan minyak kelapa sambil memijit kepala. Tunggu hingga minyak tersebut benar-benar meresap sebelum dibilas hingga bersih.

  1. Biji Pepaya

Siapa sangka kalau biji pepaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan uban? Sebelum menggunakannya, kamu perlu mencuci biji pepaya hingga bersih. Kemudian, kamu bisa menyangrai biji pepaya hingga halus dan campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan campuran minyak kelapa dan biji pepaya ini ke seluruh bagian kepala, lalu diamkan dua jam sebelum dibersihkan.

  1. Daun Sepatu

Kandungan polifenol dan saponin dari daun sepatu juga berkhasiat untuk menghilangkan uban. Siapkan beberapa lembar daun sepatu dan cucilah hingga bersih. Kemudian, tumbuk daun sepatu hingga halus dan campurkan dengan perasan air jeruk. Ini dilakukan untuk mengentalkan ramuan sebelum dioleskan ke rambut.

 

  1. Bunga Sepatu

Selain bagian daunnya, bagian bunga sepatu juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan uban. Ambillah beberapa helai mahkota bunga sepatu, lalu cuci hingga bersih. Tumbuk halus bunga sepatu dan campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah ramuan memiliki tekstur seperti pasta, kamu bisa mengoleskannya dari pangkal hingga ujung rambut.

Jika belum juga ada perubahan setelah mencoba lima cara di atas, segeralah berbicara dengan dokter. Kamu bisa memanfaatkan layanan Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui Chat, dan Voice/Video Call.  Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Masih Muda Sudah Ubanan? Ini Penyebabnya