Mau Rambut Tetap Sehat? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mau Rambut Tetap Sehat? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Faktanya, tidak hanya wanita yang menginginkan rambut sehat, pria juga menginginkan rambut sehat demi menunjang penampilan mereka. Sayangnya selama ini, banyak orang terlalu hanya berfokus pada penggunaan produk-produk kesehatan rambut seperti sampo, kondisioner, vitamin rambut dan lain sebagainya.

Padahal, sebagai bagian dari hidup sehat, makanan memberikan andil yang cukup besar bagi kesehatan rambut. Nah, berikut ini daftar-daftar makanan yang berguna untuk membuat rambut sehat sehingga pastinya menaikkan rasa percaya diri kamu:

Baca juga: 4 Akibat Jika Sering Gonta-Ganti Sampo

1. Bayam

Sayuran hijau satu ini tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga menyimpan nutrisi-nutrisi terbaik dan pastinya bermanfaat untuk tubuh. Bayam kaya vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. Semua nutrisi yang disebutkan bekerja sama untuk kesehatan kulit kepala. Nutrisi-nutrisi ini menjadikan rambut tetap lembap dan tidak kering, sehingga rambut tidak pecah-pecah atau patah-patah.

2. Daging tanpa Lemak

Jika kamu kurang konsumsi protein, maka pertumbuhan rambut juga melambat atau berhenti. Bila rambut berhenti bertumbuh dan rambut yang ada di kepala rontok, maka dapat mengakibatkan kebotakan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tubuh tetap memiliki protein yang cukup. Kamu bisa mendapatkan protein ini dari daging tanpa lemak, seperti daging ayam dan daging kalkun, yaitu dua jenis sumber protein hewani terbaik yang tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh bila dibandingkan dengan daging sapi dan daging babi. Secara keseluruhan dua jenis daging tadi juga merupakan makanan yang baik demi hidup sehat.

Baca Juga: 5 Makanan yang Buat Rambut Cepat Panjang

3. Air Kelapa

Minuman satu ini membantu hidrasi alami serta mengandung kalium, yaitu elektrolit untuk membantu perpindahan nutrisi di sel tubuh kamu. Selain itu, minyak kelapa kaya lemak sehat, vitamin E, vitamin K, dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk rambut, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepalamu tidak kering.

4. Ikan Salmon

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada jenis-jenis ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut. Pasalnya, sebanyak 3 persen dari helai rambut terdiri dari asam lemak omega-3.

Senyawa ini terdapat pada membran sel di kulit kepala dan pada minyak di rambut yang membuat rambut tetap terhidrasi. Konsumsi ikan salmon atau makanan sumber asam lemak omega 3 ini membantu membuat rambut tampak lebih berkilau.

Selain itu, asam lemak omega-3 berguna untuk membantu pertumbuhan rambut. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah, asam lemak omega-3 ini adalah jenis lemak yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, kamu perlu mendapatkan asupan lemak ini dari makanan demi rambut sehat.

5. Cinnamon (kayu manis)

Kayu manis biasanya kamu tambahkan pada oatmeal, roti panggang, atau di kopi. Kayu manis ini adalah nutrisi yang akan membantu sirkulasi darah ke kulit kepala. Di dalam sirkulasi tersebut, darah akan membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kantung rambut.

6. Telur

Telur adalah makanan yang penting untuk membantu rambut sehat. Salah satu kandungan yang terpenting adalah sulfur, nutrisi yang penting untuk membantu penyerapan vitamin B. Selain itu, telur juga kaya vitamin B yang disebut biotin. Biotin membantu pertumbuhan rambut sehingga rambut sehat dan tampak indah.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Merawat Rambut yang Kering

Itulah enam makanan yang berguna untuk membuat rambut sehat. Kalau kamu punya keluhan pada rambut, segera bicara pada dokter Halodoc agar mendapat rekomendasi penanganan terpercaya. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to a Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!