18 July 2018

Minum Susu Sebelum Tidur, Boleh atau Dihindari?

minum susu sebelum tidur,manfaat minum susu sebelum tidur,manfaat minum susu

 

Halodoc, Jakarta – Sebagai salah satu sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi setiap hari, susu adalah minuman wajib untuk anak-anak maupun orang dewasa. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa waktu yang tepat meminum susu adalah pagi hari. Sebab, susu akan meningkatkan stamina, sehingga tubuh pun akan menjadi semakin fit saat menjalankan aktivitas seharian penuh. Tak hanya itu, minum susu di pagi hari juga akan membuat kita memiliki suasana hati yang lebih baik, sehingga kita pun akan semakin bersemangat.

Namun menjelang malam hari, energi dalam tubuh kita pun semakin berkurang karena sudah dipakai untuk melakukan banyak aktivitas. Energi yang hilang tersebut pun harus segera diganti dan salah satu cara tepatnya ialah dengan mengonsumsi susu di malam hari. Beberapa orang mungkin masih ragu untuk mengonsumsi susu sebelum tidur karena takut gemuk. Padahal, kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan gula, sehingga tubuh tetap mendapatkan manfaat dari susu. Nah, berikut ini manfaat minum susu sebelum tidur bagi orang dewasa:

Baca juga: Salah Kaprah, Susu Kental Manis Ternyata Hanya untuk Pelengkap Sajian

  1. Membuat Tubuh Lebih Rileks dan Tidur Lebih Pulas

Susu sapi murni mengandung asam amino triptofan yang akan membantu produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini disebut sebagai zat penenang karena berfungsi memberikan rasa nyaman, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan mencegah depresi. Kandungan kalsium pada susu pun dapat meningkatkan kinerja serotonin, sehingga kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

  1. Menaikkan Berat Badan

Bagi kamu yang merasa memiliki tubuh yang terlalu kurus, kamu dapat menaikkan berat badan secara alami dengan cara rajin minum susu sebelum tidur. Ini karena susu mengandung laktosa yang akan diproses sama persis seperti gula lainnya, sehingga jumlah kalori harian akan meningkat.  Efek kenaikan berat badan berlebih mungkin terjadi terutama jika susu dikonsumsi dalam jumlah banyak (lebih dari 1 gelas) atau terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Namun, pastikan untuk tidak meminumnya terlalu banyak, karena akan membuat kamu merasa mual.

  1. Meminimalisir Nyeri Haid

Kandungan kalsium dalam susu akan sangat ampuh meminimalisir rasa sakit akibat peluruhan dinding rahim ini. Pemberian kalsium yang cukup selama haid akan mengurangi rasa sakit hingga 48 persen. Jadi, untuk wanita yang sering mengeluhkan sakit saat menstruasi, kamu dapat mencoba meminum susu sebelum tidur selama haid.

Baca juga: Menghilangkan Nyeri Haid dengan Akupuntur, Bisa?

  1. Melembapkan Kulit

Jika kulitmu adalah tipe kulit kering, mengonsumsi susu sebelum tidur bisa jadi cara ampuh untuk mengatasinya. Hal ini karena susu akan meningkatkan efektivitas kerja asam laktat. Asam laktat ini berfungsi membasmi kulit mati dari permukaan kulit, sehingga kulit akan tampak cerah dan lembab. Susu juga mengandung antioksidan yang akan membantu tubuh melawan radikal bebas.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu akan membuat tulang dan gigimu menjadi lebih kuat. Kalsium juga akan mencegah gigimu menjadi ompong, mengalami keropos tulang, dan mencegah osteoporosis.

Nah, itu tadi manfaat susu jika diminum saat malam hari. Sayangnya, kebiasaan minum susu pada masyarakat Indonesia masih terlampau rendah. Padahal, beragam nutrisinya akan sangat dibutuhkan tubuhmu agar selalu sehat. Jika mengalami masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan dan di mana saja. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dokter untuk membahas masalah kesehatan melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!