• Home
  • /
  • Bosan Saat Hubungan Intim, Atasi Dengan Cara Ini

Bosan Saat Hubungan Intim, Atasi Dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bosan Saat Hubungan Intim, Atasi Dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Hubungan intim yang dilakukan dengan pasangan seharusnya menjadi hal yang romantis dan menyenangkan. Namun, aktivitas ini bisa menjadi membosankan dan membuat hubungan renggang. Menurut data dalam Journal of Sex Research, 27 persen wanita dan 41 persen pria dilaporkan tidak puas secara seksual dalam hubungan mereka.

Jika kebosanan ini terus dibiarkan, maka hal ini bisa berpengaruh pada keintiman kamu dan pasangan. Sebaiknya, kenali penyebab terjadinya kondisi ini agar mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi rasa bosan saat berhubungan intim dengan pasangan. 

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Gairah Seks Bisa Berubah

Penyebab Hubungan Intim Terasa Membosankan

Selera dan kebutuhan seksual seseorang bisa bervariasi, jadi apa yang memuaskan satu orang mungkin tidak bisa memuaskan orang lain. Namun, kebanyakan orang yang mengaku sudah tidak merasa puas lagi secara seksual dengan pasangan mungkin mengalami masalah yang sama.

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja, mengurus rumah tangga, atau mengurus anak bisa menyebabkan kamu dan pasangan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk berduaan. Seks terasa lebih seperti kewajiban daripada kegiatan yang menyenangkan. Faktor ini dapat membuat seks terasa kurang menyenangkan.

Jika kamu kehilangan gairah untuk melakukan hubungan intim bersama pasangan, kamu tidak sendirian. Bagi sebagian orang, akhir fase bulan madu bisa jadi akhir dari seks yang menggairahkan. Jangan khawatir, terdapat cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kebosanan ini.

Kamu juga bisa curhat ke psikolog di Halodoc dengan cara chat. Psikolog akan memberikan saran yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan ini agar keharmonisan kamu dan pasangan tidak terganggu.

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Tips Hubungan Intim Kembali Menyenangkan

Jika kamu merasa bosan dan tidak puas dengan kehidupan seks yang kamu miliki sekarang, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan gairah tersebut, seperti:

  • Inisiatif untuk Memulainya Duluan

Jujurlah dengan diri sendiri, siapa yang cenderung melakukan hubungan seks lebih sering, kamu atau pasangan? Jika kamu adalah pasangan yang cenderung pasif, cobalah untuk membalikkan skenarionya. Ubahlah rutinitas tersebut, jangan biarkan pasangan yang berusaha memulainya duluan.

Apabila kamu selalu melakukan sesuatu dalam urutan tertentu atau dengan cara tertentu, cobalah untuk menghilangkan hal tersebut dan biarkan kamu dan pasangan bebas melakukannya tanpa aturan atau urutan yang biasa kamu lakukan. 

  • Buat Kencan Seminggu Sekali

Kenyataannya, hubungan seks yang memuaskan dan spontan tidak selalu terjadi secara teratur untuk pasangan jangka panjang. Jangan terlalu sering melakukannya secara spontan, karena bisa saja salah satu pasangan sedang tidak siap.

Cobalah jadwalkan dan buat rencana yang menyenangkan, berbeda, dan mengasyikkan. Misalnya, mengajak pasangan untuk berkencan terlebih dahulu, baru kemudian melakukan hubungan seksual setelahnya. 

  • Katakan Apa yang Membuat Kamu Bergairah 

Faktanya, melakukan hubungan seksual dengan gaya atau cara yang sama selama bertahun-tahun bisa membosankan. Cara terbaik untuk mengakhiri seks yang membosankan dengan melakukan percakapan yang jujur tentang apa yang membuat kamu bergairah. Lakukan percakapan tanpa menghakimi dan jelaskan apa yang kamu mau.

  • Puasa Hubungan Intim untuk Sementara Waktu

Seks nyatanya lebih luas daripada sekedar hubungan seksual. Untuk menghidupkan kembali kehidupan seks kamu, coba istirahat beberapa pekan dari aktivitas ini. Sebaliknya, kamu bisa melakukan hal lain seperti lebih sering saling menyentuh.

Jelajahi kontak seluruh tubuh, tangan dan mulut, obrolan yang menyenangkan, dan semua cara lain yang bisa membuat kamu dan pasangan senang. Setelah ini, kamu dapat menemukan cara favorit baru yang lebih menggairahkan. 

  • Berlibur dengan Pasangan

Kamu bisa mengambil waktu untuk berlibur bersama pasangan atau sekadar staycation. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke luar kota, ubah kamar tidur menjadi tempat yang menyenangkan. Misalnya, mengatur desain pencahayaan agar lebih menarik, memasang pengharum ruangan, dan beberapa dekorasi lainnya. 

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

Itulah langkah yang bisa dilakukan agar hubungan intim bisa kembali menyenangkan. Terpenting bagi kamu dan pasangan adalah saling terbuka dan komunikasikan dengan baik. Hal ini akan membuat kamu dan pasangan lebih saling mengerti satu sama lain.

 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. What You Can Do If You’re Not Sexually Satisfied in Your Relationship.

Psychology Today. Diakses pada 2020. Sexual Boredom Is a Smokescreen.

Huffington Post. Diakses pada 2020. What To Do When You're Bored With Your Sex Life, According To Sexperts.