17 July 2018

Ini Jumlah Protein yang Dibutuhkan untuk Diet

jumlah protein yang dibutuhkan tubuh

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, pasti sudah tidak asing lagi dengan diet rendah karbo tinggi protein. Diet ini bekerja dengan cara mengurangi asupan karbohidrat, sehingga tubuh akan mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi. Nah, sebagai gantinya, para pelaku diet disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein agar terhindar dari rasa lapar.

Diet tinggi protein ini memiliki berbagai macam variasi, mulai dari Atkins, diet keto, sampai diet Dukan. Namun, sebelum kamu mencoba melakukan diet protein ini, ada baiknya kamu ketahui dulu berapa banyak protein yang kamu butuhkan setiap hari untuk diet.

Baca juga: Kenalan dengan Diet Atkins untuk Turunkan Berat Badan

Berdasarkan Recommended Dietary Allowance (RDA), jumlah protein yang kamu butuhkan per hari untuk diet sehat adalah sebanyak 0,8 gram dari setiap kilogram berat badanmu. Jadi, untuk mendapatkan perhitungan protein yang tepat, kamu bisa mengalikan saja angka 0,8 dengan berat badanmu saat ini. Biasanya jumlah protein yang dibutuhkan wanita dengan berat badan normal berkisar 46-50 gram per hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya. Jumlah tersebut bisa dikatakan adalah 10 persen dari kebutuhan makan harianmu.

Namun, bila kamu adalah orang yang sangat aktif berolahraga atau memiliki aktivitas dengan intensitas tinggi, kamu bisa mengonsumsi protein dua kali lebih besar dari jumlah protein harianmu untuk menjaga berat badan, membentuk otot, dan tetap bisa memenuhi energi harian.   

Kamu bisa mendapatkan asupan protein untuk diet dengan mengonsumsi makanan berprotein nabati maupun hewani seperti ikan, daging, kacang-kacangan, telur, susu dan sayuran. Sedangkan diet tinggi protein ini biasanya sangat membatasi asupan karbohidrat seperti sereal, biji-bijian, dan jenis buah tertentu. Baca juga: 4 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh  

Tips Menjalani Diet Tinggi Protein

Selain mengetahui jumlah protein yang perlu dikonsumsi setiap hari, kamu juga perlu tahu tips-tips berikut bila ingin menjalankan diet protein agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal dan kesehatan tetap terjaga:

Pilih Jenis Diet Protein Terbaik

Jenis diet protein terbaik adalah yang berfokus pada protein tanpa lemak dan masih memasukkan beberapa jenis karbohidrat ke dalam menu diet sehari-hari. Pilih juga program yang masih memasukan sayur-sayuran agar kebutuhan nutrisi dan serat untuk tubuhmu tetap terpenuhi. Kalau kamu bingung, tanyakan saja pada dokter atau ahli diet untuk membantu memilih jenis diet protein yang tepat. Kamu juga bisa bertanya seputar diet dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho.

Tips Memilih Daging

Untuk pilihan daging yang baik untuk diet, kamu bisa memilih potongan daging sapi tanpa lemak yang dapat memberimu semua protein yang kamu butuhkan dengan jauh lebih sedikit lemak yang tidak sehat. Baca juga: Suka Makan Steik? Kenali Dulu Jenis Steik dan Kematangannya

Sedangkan saat memilih daging ayam atau unggas, pilihlah yang dagingnya berwarna putih dan singkirkan kulitnya untuk mendapatkan kandungan lemak terendah.

Kamu juga bisa mengonsumsi daging babi saat menjalani diet protein, karena daging babi mengandung sangat sedikit lemak atau hanya memiliki lemak di bagian-bagian tertentu. Potong atau singkirkanlah lemak pada daging babi untuk mendapatkan asupan protein tanpa lemak.

Seafood juga merupakan sumber protein yang baik. Kamu bisa memasukan hewan laut bercangkang atau shellfish seperti udang atau kepiting ke dalam menu diet harianmu. Selain itu, beberapa jenis ikan seperti salmon dan makarel tidak hanya baik untuk diet, tapi juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Itulah informasi mengenai jumlah protein buat kamu yang ingin menjalani diet protein. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu juga bisa menghubungi dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.