• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Aman dan Cepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Aman dan Cepat

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Aman dan Cepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juni 2022

“Ada berbagai cara mengobati mata bintitan di rumah. Mulai dari mengompres hangat hingga menjaga kebersihan tangan dan mata.”

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Aman dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Bintitan adalah salah satu gangguan kesehatan mata yang dapat membuat rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Penyakit ini menyebabkan munculan benjolan yang menyerupai bisul atau jerawat pada kelopak mata. 

Jika tidak diatasi dengan baik, mata bintitan dapat memicu kalazion atau penyebaran infeksi bakteri pada bagian tubuh lainnya. Untuk itu, simak ulasan mengenai cara mengobati mata bintitan secara aman dan cepat berikut ini!

Mengatasi Mata Bintitan dengan Aman dan Cepat

Mata bintitan terjadi akibat infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan infeksi, seperti kurang menjaga kebersihan tangan, tidak membersihkan riasan mata dengan baik, memakai lensa kontak yang tidak bersih, mengalami blefaritis, hingga mengidap penyakit rosacea.

Bintitan umumnya bisa membaik dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan yang perlu kamu lakukan secara mandiri di rumah. Berikut ini cara mengobati mata bintitan yang aman dan cepat:

Kompres Hangat

Kompres hangat membantu cairan atau nanah pada bintitan cepat keluar secara alami. Hal ini membuat bintitan menjadi lebih cepat pulih.

  1. Siapkan air hangat dan handuk lembut yang bersih.
  2. Celupkan handuk ke dalam air hangat. Peras handuk hingga airnya tidak menetes.
  3. Letakkan handuk hangat pada area mata yang mengalami bintitan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi sebanyak 2 hingga 4 kali setiap hari.
  4. Meskipun bintitan seringnya hanya terjadi pada salah satu mata, tetapi jika kedua mata mengalami bintitan secara bersamaan, gunakan handuk hangat yang berbeda untuk mengompres bintitan.

Gunakan Kantong Teh Hangat

Teh hitam dipercaya bersifat antibakteri sehingga bisa membantu infeksi bakteri yang menjadi penyebab bintitan.

  1. Siapkan air hangat dan kantong teh hitam. Kemudian, celupkan teh seperti proses pembuatan teh.
  2. Setelah teh direndam satu menit di dalam air hangat, keluarkan kantong teh dan peras kantong teh agar tidak ada air yang menetes.
  3. Kemudian, letakkan kantong teh pada bagian mata yang mengalami bintitan selama 5 hingga 10 menit.
  4. Kompres sebanyak dua kali dalam satu hari agar peradangan dan pembengkakan dapat membaik.

Jaga Kebersihan Tangan dan Mata

Saat mengalami bintitan, pastikan kamu menjaga kebersihan area mata. Kamu bisa membersihkan mata secara rutin dengan kapas steril dan sabun untuk menurunkan risiko penyebaran infeksi bakteri ke area yang lain.

Selalu cuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun sebelum maupun setelah menyentuh area mata. Hindari juga menggunakan kosmetik untuk area mata untuk sementara. Pastikan kamu tidak menggunakan softlens hingga bintitan benar-benar pulih.

Itulah beberapa cara mengobati mata bintitan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Jangan coba untuk memecahkan atau memencet bintitan sendiri. 

Jika bintitan menyebabkan nyeri yang sangat parah dan mengganggu penglihatan, segera tanyakan langsung pada dokter mata melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Stye (Sty).
Web MD. Diakses pada 2022. How to Get Rid of a Stye: Remedies and Treatments.
Healthline. Diakses pada 2022. The 8 Best Stye Remedies.