05 February 2019

Intip Perayaan Tahun Baru Imlek di 5 Negara Ini

intip perayaan tahun baru imlek di 5 negara ini

Halodoc, Jakarta – Tahun baru Imlek adalah hari besar yang dirayakan oleh hampir semua masyarakat Tionghoa bukan hanya di Indonesia, namun juga di berbagai negara lainnya. Tidak hanya sekedar merayakan tahun baru, masyarakat Tionghoa juga biasanya melakukan berbagai macam tradisi yang membuat hari raya ini kian bermakna.

Mulai dari makan malam bersama keluarga, bagi-bagi angpau hingga pesta kembang api. Tapi di beberapa negara lain, ada tradisi-tradisi khusus yang dilakukan saat perayaan tahun baru Imlek yang berbeda daripada umumnya. Ingin tahu seperti apa uniknya perayaan tahun baru imlek di belahan dunia lain? Yuk, intip di sini.

1. Pemilihan Miss Chinatown di San Fransisco

Di Amerika, suasana Imlek bisa kamu rasakan di berbagai Chinatown yang ada di beberapa negara bagian Amerika Serikat, salah satunya di San Fransisco. Tidak hanya dimeriahkan oleh parade naga barongsai dan atraksi budaya khas Tiongkok, namun juga ada satu tradisi unik yang hanya bisa kamu temukan pada perayaan tahun baru Imlek di San Fransisco, yaitu pemilihan Miss Chinatown USA. Ajang pemilihan Miss Chinatown USA ini diselenggarakan setiap tahunnya yang penobatannya diumumkan tepat saat hari raya Imlek di San Fransisco.

Baca juga: Uniknya Tradisi Ramadan di Berbagai Daerah

2. Tradisi Beli Bunga di Hongkong

Seperti di berbagai negara lainnya, tahun baru Imlek di Hongkong juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan budaya, kembang api, dan pemasangan ornamen khas Imlek di setiap sudut kota. Tapi, yang berbeda adalah perayaan Imlek di Hongkong bisa berlangsung selama 14 hari lamanya, lho. Selain itu, ada juga tradisi unik yang dilakukan saat Imlek di Hongkong, yaitu membeli bunga sehari sebelum menyambut tahun baru Imlek. Berbagai bunga dipercaya memiliki makna yang baik dan mampu mendatangkan keberuntungan selama perayaan tahun baru Imlek berlangsung.

3. Mengundang Tamu Baik di Vietnam

Bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat merupakan salah satu tradisi wajib saat Imlek yang hampir dilakukan di berbagai belahan dunia, termasuk di Vietnam. Perayaan tahun baru Imlek di Vietnam disebut juga dengan nama Tet. Nah, masyarakat Vietnam memiliki kepercayaan bahwa tamu pertama yang mengunjungi rumahmu saat hari raya Imlek akan menentukan keberuntungan kamu sepanjang satu tahun ke depan. Itulah mengapa, menjelang perayaan Tet, masyarakat Vietnam umumnya akan mengundang orang-orang yang dianggap baik, memiliki rezeki yang banyak, ataupun yang keberuntungannya baik untuk berkunjung ke rumah mereka sebagai tamu pertama di tahun baru Imlek.

Baca juga: Intip Rahasia Panjang Umur di 5 Negara Dunia

4. Memberi Hadiah Nanas di Malaysia

Salah satu tradisi Imlek yang juga masih cukup umum adalah memberikan hadiah yang biasanya berisi buah-buahan kepada sanak saudara dan kerabat. Di Indonesia sendiri, jenis buah yang biasanya diberikan sebagai hadiah adalah apel, jeruk, dan kelengkeng. Tapi di Kuala Lumpur, ada satu jenis buah yang sangat populer dijadikan sebagai hadiah saat tahun baru Imlek, yaitu nanas. Menghadiahkan nanas kepada kerabat terdekat menjadi sebuah tradisi yang dilakukan saat Imlek di Malaysia. Ini karena buah nanas dipercaya merupakan simbol keberuntungan dan kebahagiaan.

5. Dekorasi Buah Gantung di Filipina

Berbagai hal khas Imlek, seperti kue keranjang dan juga angpau bisa kamu temukan di Filipina. Tapi, yang unik dari perayaan tahun baru Imlek di Filipina adalah adanya dekorasi buah berbentuk bulat yang digantung di atas rumah. Menjelang tahun baru Imlek, masyarakat Filipina biasanya akan menggantungkan delapan buah berbentuk bulat, seperti jeruk, apel, anggur, dan lain-lain sebagai bentuk tradisi untuk menyambut hari raya tersebut.

Baca juga: Kue Nastar, Makanan Khas Lebaran yang Banyak Manfaat

Nah, bagaimana dengan tradisi Imlek di keluarga kamu? Jangan lupa, agar tetap sehat selama merayakan Imlek, siapkan selalu aplikasi Halodoc di smartphone-mu sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatanmu. Lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapanpun kamu membutuhkan saran kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.