21 January 2019

Buah Nanas Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Buah Nanas Bisa Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Halodoc, Jakarta - Wajah yang bersih dan bersinar adalah impian semua orang. Namun, flek hitam di wajah bisa membuat rasa percaya diri menurun. Flek hitam tersebut dapat merusak penampilan seseorang yang harus tampil prima pada pekerjaannya. Banyak hal yang dapat menyebabkan flek hitam muncul, salah satunya adalah terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Seseorang yang melihat flek hitam di wajahnya akan berusaha sebisa mungkin untuk menghilangkannya. Banyak hal yang bisa dilakukan agar noda hitam tersebut hilang. Mulai dari menggunakan krim wajah, masker wajah, hingga melakukan perawatan kulit ke dokter spesialis kulit. Ternyata, cara menghilangkan flek hitam tersebut dapat menggunakan bahan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan nanas.

Baca Juga : 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Flek hitam (ephelis) merupakan kumpulan bintik hitam pada kulit wajah yang terjadi karena peningkatan melanin atau pigmen alami yang terjadi pada kulit. Ternyata, flek hitam tidak hanya bisa muncul di wajah, tetapi juga di lengan, dada, atau leher. Seseorang dengan warna kulit yang cerah menyebabkan bintik terlihat semakin jelas.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Beberapa hal dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam pada wajah. Hal-hal ini berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari seseorang. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya flek hitam:

  1. Terpapar Sinar Matahari

Seseorang yang kerap terpapar sinar matahari akan dengan mudah mengalami flek hitam pada wajahnya. Selain itu, paparan sinar matahari dapat memecah kolagen dan melemahkan kulit, sehingga wajah mudah pun menjadi keriput. Maka dari itu, jika aktivitas sehari-hari kamu terkena sinar matahari, disarankan untuk menggunakan tabir surya tiap hari.

Baca Juga : Kenali Pemicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

  1. Polusi Udara

Seseorang yang tinggal di kota-kota besar dapat mengalami flek hitam di wajah karena polusi udara. Pada kulit yang terkena polusi, otomatis tubuh akan memproduksi melanin untuk menghadang zat radikal bebas. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah masker dan rajin membersihkan wajah.

Baca Juga : 4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Nanas

Kandungan yang terdapat dalam nanas dapat berfungsi untuk pengelupasan kulit dan membuka pori-pori jerawat. Pengelupasan kulit dengan cara alami tersebut dapat mempercepat produksi sel-sel baru, sehingga dapat meremajakan kulit. Selain itu, enzim yang terdapat dalam kandungan nanas dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, nanas juga dapat membersihkan kulit secara bertahap, seperti komedo dan sel-sel mati. Hal ini juga dapat membuka sumbatan kulit dan mencegah penumpukan yang dapat mengundang bakteri.

Bromelain adalah sebuah enzim yang dikandung oleh nanas yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Enzim ini dapat membantu tubuh menghilangkan sisa metabolisme dari cedera, termasuk jerawat. Kista jerawat dan postulat atau jerawat yang lebih besar dapat meninggalkan luka kulit yang dikenal sebagai bekas jerawat.

Bromelain dapat membantu untuk menyembuhkan lebih cepat. Kemudian, akan membangun kembali kulit dengan merangsang produksi kolagen dan mengikat ke serat kolagen yang berada di kulit. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari nanas dengan memakan daging, meminum jus, atau dengan mengonsumsi suplemen bromelain. Dengan begitu, kulit wajah kamu pun akan menjadi bersih dan bersinar.

Vitamin C pada nanas dapat berperan sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Nyatanya, vitamin C pada kandungan buah apapun akan berdampak positif untuk kulit karena sifat antioksidannya. Selain itu, krim vitamin C pada kosmetik, dengan formula yang benar, akan melindungi dari efek penuaan.

Itulah manfaat nanas untuk menghilangkan flek hitam. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait flek hitam, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!