26 March 2019

Kenali 5 Fobia Aneh yang Terjadi pada Orang di Sekitar

fobia

Halodoc, Jakarta - Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Ketakutan ini bisa saja timbul saat menghadapi situasi, berada di suatu tempat, atau ketika melihat sesuatu. Dalam kasus yang parah, pengidap fobia akan berusaha menghindari objek yang memicu ketakutan. Fobia termasuk dalam penyakit gangguan kecemasan. Kondisi ini dapat membuat pengidapnya depresi, dan panik. Ini fobia aneh yang bisa saja terjadi pada orang disekitar kamu!

Baca juga: Ketakutan yang Berlebihan, Ini Fakta di Balik Fobia

  • Fobia Badut atau Coulrophobia

Bagi pengidap fobia ini, berhadapan langsung dengan badut bukan merupakan suatu hal yang menarik, bahkan lucu. Bukan hanya sekedar takut biasa, orang dengan coulrophobia juga akan sulit untuk mengontrol ketakutannya, sehingga mereka bisa saja langsung menjerit histeris ketika muncul sosok badut di hadapannya.

Menurut orang normal, mungkin respon para pengidap fobia badut akan terasa aneh dan tidak masuk akal. Pengidap fobia badut bahkan bisa memiliki perasaan takut, cemas, dan panik hanya dengan membayangkan sosoknya. Selain itu, para pengidap fobia ini akan mendadak mual, jantung berdetak dengan sangat cepat, napas tidak teratur, dan berkeringat deras saat harus berhadapan dengan badut.

  • Fobia Tempat Keramaian atau Agoraphobia

Agoraphobia merupakan salah satu jenis gangguan cemas pada manusia. Pengidapnya akan merasa ketakutan yang berlebihan dan menghindari tempat atau situasi yang menimbulkan rasa panik dan membuatnya malu. Pengidap agoraphobia akan berpikir berkali-kali untuk menggunakan sarana umum seperti angkutan umum, antri membeli tiket tiket bioskop, atau tempat terbuka seperti tempat parkir.

  • Fobia Lubang Kecil atau Trypophobia

Trypophobia merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami ketakutan terhadap kelompok lubang-lubang kecil. Kondisi ini bisa dipicu ketika seseorang melihat pola lubang kecil yang bergerombol. Seseorang dengan fobia ini akan merasa merinding, takut, gatal pada kulit, berkeringat, mual, panik, merasa jijik, dan cemas.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Fobia Bisa Muncul

  • Fobia Jauh dari Ponsel atau Nomophobia

Nomophobia merupakan salah satu fobia yang banyak dialami saat ini, yaitu pengidapnya akan mengalami ketakutan karena tidak punya telepon seluler. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak yang mengalami ketergantungan dengan ponsel. Fobia ini bisa saja jadi fobia yang paling aneh di zaman modern ini. Seseorang dengan nomophobia akan mengalami rasa cemas yang saat telepon genggam mereka tidak memiliki sinyal, kehabisan baterai, tidak bisa mengisi baterai, dan tidak memiliki akses untuk internet.

  • Fobia pada Cermin atau Spectrophobia

Pengidap spectrophobia akan merasa takut pada cermin atau kaca dan bayangannya sendiri atau dengan benda apapun yang bisa merefleksikan dirinya. Fobia ini biasanya berakar dari hal-hal traumatis yang melibatkan kaca, misalnya seperti ketakutan akan ada sosok yang muncul di kaca, seperti hantu. Fobia pada cermin juga bisa dialami karena rasa rendah diri dan tidak percaya diri akan penampilan diri sendiri.

Baca juga: Hai Gengs, Mengganggu Temanmu yang Phobia Sama Sekali Tidak Lucu. Ini Alasannya

Fobia merupakan penyakit gangguan kecemasan yang harus kamu waspadai. Apakah kamu mengalami salah satunya? Jika iya, kamu Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!