20 July 2018

Begini Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Gelap

mencerahkan kulit siku

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita tentunya ingin terlihat cantik sempurna dengan kulit yang bersih, cerah dan mulus. Namun, salah satu masalah yang kerap merusak penampilan wanita adalah area siku dan lutut yang gelap. Hal ini tentu saja bikin wanita jadi enggak percaya diri saat ingin mengenakan dress pendek atau atasan tanpa lengan. Tapi tenang, kamu enggak perlu ke salon atau spa yang mewah untuk mengatasinya. Berikut cara-cara alami untuk mencerahkan kulit siku dan lutut yang gelap.

Penyebab Kulit Siku dan Lutut Gelap

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kulit di area siku dan lutut cenderung menghitam dibanding area lainnya. Berikut penyebabnya:

  • Ketebalan Kulit. Area siku dan lutut cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding area sekitarnya. Semakin tebal lapisan kulit, semakin tebal pula melanin atau yang lebih dikenal sebagai pigmen kulit. Hal inilah yang membuat kulit siku dan lutut tampak lebih kusam.
  • Kulit Kering. Area siku dan lutut juga biasanya memiliki kelenjar minyak dengan kandungan minyak yang lebih sedikit dari area lainnya. Itulah mengapa lutut dan siku mudah kering dan menjadi kusam. Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba
  • Lipatan. Siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang paling banyak lipatan. Di kedua bagian tubuh ini jarang terjadi pengelupasan, sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk di bagian tersebut. Sel-sel kulit mati ini lah yang akan membuat siku dan lutut tampak gelap.  
  • Sering Mengalami Gesekan. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar, kulit dan siku sering mengalami gesekan. Hal ini bisa menyebabkan kulit di dua area tersebut menjadi kering dan bertambah gelap.

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut

Kamu bisa mencerahkan kulit siku dan lutut yang gelap dengan bahan-bahan alami berikut:

  • Gula.

Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam, kamu bisa membuat scrub dari bahan gula. Butiran-butiran kasar gula enggak hanya bisa mengangkat kulit mati, tapi juga mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga kulit siku dan lutut kamu akan tampak lebih cerah.

Caranya, campurkan gula dan minyak zaitun dengan takaran yang sama, kemudian gosokkan ke area lutut dan siku yang gelap selama 5 menit. Bilas dengan air hangat dan bersihkan. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang optimal.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang terbukti efektif mencerahkan kulit gelap dan juga meregenerasi sel-sel kulit. Cara menggunakannya, balurkan perasan jeruk nipis ke area lutut dan siku, lalu gosok-gosok selama 2 menit. Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Kamu dapat menambahkan madu dan jus lemon untuk hasil yang lebih baik.

  • Kacang Almond

Selain jeruk nipis, minyak almond juga baik untuk mencerahkan kulit yang gelap. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kacang almond yang sudah dihangatkan ke kulit siku dan lutut yang gelap, kemudian gosok selama 5 menit. Lakukan perawatan ini selama beberapa hari untuk mendapatkan kulit siku dan lutut yang cerah.

Cara lain untuk menggunakan kacang almond sebagai perawatan mencerahkan kulit adalah campurkan yoghurt dengan bubuk kacang almond untuk membuat losion. Balurkan losion tersebut ke kulit yang gelap, biarkan sebentar, kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini kira-kira selama dua minggu, sehari beberapa kali.

Baca juga: Manfaat Minyak Almond Untuk Wajah

Selamat mencoba ya. Kamu juga bisa membeli krim perawatan kulit lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.