• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Gelap

Begini Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Gelap

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Gelap

Halodoc, Jakarta – Wanita tentu ingin terlihat cantik sempurna dengan kulit bersih, cerah dan mulus. Namun, salah satu masalah yang kerap merusak penampilan wanita adalah area siku dan lutut yang gelap. Tentunya, ini membuat wanita jadi kurang percaya diri saat ingin mengenakan dress pendek atau atasan tanpa lengan. 

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Penyebab Kulit Siku dan Lutut Gelap

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kulit di area siku dan lutut cenderung menghitam dibanding area lainnya. Ternyata, ada beberapa penyebabnya, antara lain:

  • Ketebalan Kulit. Area siku dan lutut cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding area sekitarnya. Seperti dilansir dari laman Healthline, semakin tebal lapisan kulit, semakin tebal pula melanin atau yang lebih dikenal sebagai pigmen kulit. Hal inilah yang membuat kulit siku dan lutut tampak lebih kusam.
  • Kulit Kering. Area siku dan lutut juga biasanya memiliki kelenjar minyak dengan kandungan minyak yang lebih sedikit dari area lainnya. Itulah mengapa lutut dan siku mudah kering. 
  • Lipatan. Siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang paling banyak lipatan. Di kedua bagian tubuh ini jarang terjadi pengelupasan, sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk di bagian tersebut. 
  • Sering Mengalami Gesekan. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar, kulit dan siku sering mengalami gesekan. Hal ini bisa menyebabkan kulit di dua area tersebut menjadi kering dan menjadi gelap.

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut

Menghitamnya kulit pada area siku dan lutut memang membuat penampilan jadi kurang menarik. Namun, jangan khawatir, kamu bisa mencerahkannya kembali dengan bahan-bahan alami berikut:

  • Ekstrak Buah Jeruk

Ternyata, buah jeruk dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus membantu mencerahkan kulit. Studi yang dimuat dalam SOFW Journal membuktikan bahwa ekstrak buah jeruk meningkatkan warna kulit dan kecerahannya dengan efek samping minimal. 

Baca juga: Manfaat Minyak Almond Untuk Wajah

  • Kedelai

Kedelai juga dapat membantu mengurangi penampilan kulit gelap pada area siku dan lutut. Bahan makanan satu ini dapat mengurangi munculnya bercak hitam pada kulit. Bahkan, kedelai juga memiliki sifat anti-penuaan, antioksidan, dan fotoprotektif yang baik untuk menunjang kesehatan sekaligus kecantikan kulit. 

  • Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk penguat rasa masakan. Namun, rempah satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, mengungkapkan kunyit efektif untuk mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan serta mengurangi kemunculan bintik hitam pada kulit. Jadi, kamu dapat menggunakan bahan ini untuk mencerahkan area lutut dan siku yang menghitam. 

Baca juga: Kulit Gampang Hitam, Risiko Hyperpigmentation?

Kalau ternyata kulitmu cenderung sensitif dan mudah iritasi, sebaiknya kamu tanyakan dulu pada dokter ahli kulit untuk menghindari dampak negatif ini. Gunakan selalu aplikasi Halodoc setiap kamu ingin chat dengan dokter dan menanyakan solusi untuk setiap masalah kesehatan yang kamu alami. Mudah dan bisa kamu pakai kapan saja, lho!

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Dark Kness and  How to Lighten Them Naturally.
SOFW Journal. Diakses pada 2020. Citrus Flavonoid with Skin Lightening Effects-Safety and Efficacy Studies 
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2020. Are Natural Ingredients Effective n the Management of Hyperpigmentation?