• Home
  • /
  • Tidak Hanya untuk Wajah, Ini 4 Manfaat Minyak Zaitun

Tidak Hanya untuk Wajah, Ini 4 Manfaat Minyak Zaitun

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tidak Hanya untuk Wajah, Ini 4 Manfaat Minyak Zaitun

Halodoc, Jakarta Memelihara kulit wajah bisa dilakukan dengan cara alami. Selain aman, perawatan wajah yang alami juga tidak membuat kamu harus merogoh kocek dalam-dalam. Cara untuk memperoleh kulit wajah yang sehat, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun dikenal baik untuk wajah, karena kandungan asam oleat dan vitamin E mampu menutrisi kulit hingga terhindar dari berbagai kerusakan. Tidak percaya? Ini manfaat minyak zaitun untuk wajah, yaitu:

1.  Menghilangkan Bekas Jerawat
Bekas jerawat yang menghitam pastinya mengganggu penampilan wajah. Solusinya tidak harus dengan menggunakan teknologi laser, namun dengan minyak zaitun saja ternyata sudah cukup.

Manfaat minyak zaitun dengan kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat pada wajah kamu. Cara menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oles minyak zaitun pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Tunggu beberapa menit hingga olesan tersebut mengering. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih.

Baca juga: Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

2.  Mengangkat Kotoran Wajah
Aktivitas di luar ruangan membuat wajah rentan terkontaminasi oleh debu dan kotoran. Jika kamu abaikan begitu saja, kedua partikel tersebut akan menyumbat pori-pori dan berujung pada munculnya jerawat.

Untuk itu, membersihkan wajah dengan minyak zaitun sebelum tidur sangat dianjurkan. Minyak zaitun mampu mengangkat kotoran lebih banyak daripada dengan menggunakan pembersih biasa.

3.  Meremajakan Kulit
Di usia menjelang 35 tahun ke atas, biasanya elastisitas kulit akan berkurang. Karenanya, kulit pun tampak kendur. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan manfaat minyak zaitun yang mampu meremajakan kulit dari luar secara maksimal. Cara paling mudah dalam menggunakannya yaitu, oleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur di malam hari. Lakukan dengan rutin setiap hari, rasakan wajah kencang dan elastis!

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi Peradangan pada Kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E cukup tinggi di dalamnya. Dilansir dari halaman Oregon State University, vitamin E digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit setelah paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, vitamin E juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit yang disebabkan peradangan kulit.

Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan pada kesehatan kulit yang kamu alami agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: 7 Cara Hilangkan Keriput Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Tidak Terbatas untuk Kulit

Tidak hanya untuk kulit wajah saja, minyak zaitun dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition, membandingkan efek diet mediterania yang kaya minyak zaitun dengan diet rendah karbohidrat tinggi lemak memiliki manfaat lebih baik untuk mengurangi kerusakan dan disfungsi dari dinding endotel.

Endothelium merupakan lapisan sel yang melapisi dinding bagian dalam arteri dan membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Peningkatan fungsi arteri membuat kesehatan jantung lebih terjaga.

Selain itu, manfaat minyak zaitun juga dapat menjaga kesehatan rambut. Minyak zaitun dapat mengurangi kerontokan rambut karena kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Bagi yang kamu memiliki masalah rambut yang rontok, tidak ada salahnya untuk mencoba gunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut agar kamu terhindar dari kebotakan dini.

Referensi:
Olive Oil Times. Diakses pada 2019. Olive Oil Keeps The Heart Young
Style Craze. Diakses pada 2019. 22 Best Benefits of Olive Oil for Skin, Hair and Health
Oregon State University. Diakses pada 2019. Vitamin E dan Skin Health