4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Halodoc, Jakarta - Saat kulit wajah mengalami trauma semisal jerawat yang parah atau sering terpapar matahari, maka dapat muncul bercak hitam atau flek. Bagi sebagian besar wanita hal ini cukup mengganggu dan kadang membuat mereka jadi kurang percaya diri. Flek hitam tercipta karena produksi melanin yang berlebihan sebagai upaya untuk menyembuhkan masalah pada wajah.

Cara mengatasi flek hitam sebenarnya mudah, asalkan kamu memiliki biaya maka kamu bisa datang ke klinik kecantikan untuk mengobati bintik-bintik kulit gelap dan bekas luka di wajah lainnya. Sayangnya perawatan ini cukup mahal, oleh sebab itu terdapat beberapa bahan alami untuk mengatasi flek hitam yang dapat kamu coba buat di rumah.

  • Air Lemon

Cara mudah pertama yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi flek hitam adalah membuat air lemon. Lemon terkenal bermanfaat untuk kulit wajah karena memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang merupakan bahan pencerah alami. Namun, menggunakan perasan lemon secara langsung adalah cara yang harus dihindari karena konsentrasinya terlalu tinggi.

Sebagai gantinya, kamu dapat mencampurkannya dengan air. Oleskan ke wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Pastikan kamu tidak mencuci wajah dengan pembersih wajah setelah proses ini. Cara ini dapat kamu lakukan setiap hari sebelum tidur.

  • Lemon dan Yoghurt

Efek mencerahkan dari jus lemon dan khasiat pembersih dari yogurt menciptakan hasil gabungan yang ampuh sebagai cara mengatasi flek hitam. Cara menggunakannya, kamu dapat mencampur perasan satu buah lemon dengan 1 sendok makan yoghurt segar.

Setelah tercampur rata, oleskan ke area yang bermasalah dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air bersih setelahnya dan lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

  • Kentang

Menurut sebuah penelitian, pati dan gula adalah dua bahan utama dalam kentang yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Tidak hanya itu, vitamin B6, vitamin C, potasium, seng, dan fosfor adalah mineral yang mampu meremajakan produksi kolagen di kulit.

Kamu dapat mengiris kentang menggunakan pisau, setelah itu oleskan air ke permukaan kentang yang sudah diiris dan letakkan pada area yang memiliki flek hitam. Kamu dapat membiarkan kentang tersebut menempel hingga 10 menit. Lakukan hal ini tiap hari untuk hasil yang maksimal.

  • Nanas

Buah satu ini dikenal kaya kandungan antioksidan, vitamin A dan C yang ampuh dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Semua fungsi ini kemudian mampu melawan pigmentasi dan bintik hitam.

Selain itu, nanas mengandung bromelain yang membuat kulit terasa lembut dan elastis serta mencegah pembentukan kerutan. Jus buah nanas dengan sedikit tambahan air dan oleskan ke wajah menggunakan kapas. Oleskan ke area yang bermasalah dan biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Kamu dapat menggunakannya setiap hari sebagai cara mengatasi flek hitam yang membandel.

Mudah bukan mengatasi flek hitam menggunakan bahan alami? Kunci dari perawatan wajah baik itu dengan bahan alami atau melalui bahan kimia adalah konsistensi. Kamu tidak bisa mengharapkan flek hitam dapat hilang dalam waktu singkat. Perawatan dan kesabaran yang konsisten adalah bahan utama sebagai cara mengatasi flek hitam. Jika menemukan masalah lain pada kulit dan butuh saran ahli, segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca Juga: