27 November 2018

Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Beberapa wanita yang aktif berkegiatan di luar rumah sering mengeluhkan kondisi wajahnya yang menjadi kusam atau muncul banyak flek hitam. Sinar matahari adalah penyebab flek hitam tersebut muncul, oleh karena itu penggunaan tabir surya adalah hal yang disarankan. Namun, tidak sedikit wanita yang jarang keluar rumah tetap muncul flek hitam pada wajahnya. Menurut ahli kecantikan, paparan sinar matahari bukan faktor utama yang menjadi penyebab flek hitam. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan flek hitam muncul di wajah dan merusak kecantikan kulit, yaitu di antaranya:

1. Faktor Usia

Faktanya akumulasi paparan sinar matahari dapat menimbulkan solaris lentigo, kondisi ini dialami oleh seseorang yang menginjak usia 40 tahun ke atas. Seiring bertambahnya usia, biasanya regenerasi sel kulit baru lebih lambat. Jika ini terjadi, maka timbul bercak-bercak cokelat atau hitam pada kulit wajah. Bentuknya yang menyerupai hati, membuat kondisi ini disebut dengan “liver’s spot” atau “sun spot”.

2. Hiperpigmentasi Pasca Peradangan

Hiperpigmentasi adalah kondisi saat area kulit tertentu menjadi lebih gelap akibat produksi melanin berlebih. Hiperpigmentasi dapat terjadi karena adanya trauma dan peradangan pada bagian kulit tertentu. Misalnya saja ketika kulit mendapatkan luka, terbakar, mengalami psoriasis, jerawat, eksim, atau melakukan waxing.

3. Faktor Genetik

Pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Ahli kecantikan menjelaskan penyebab munculnya flek adalah dari faktor genetik dengan persentase sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek. Flek hitam umum dijumpai pada mereka yang keturunan hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Beberapa hormon yang menjadi penyebab flek hitam adalah hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormon. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil sehingga flek hitam mudah muncul di area wajah terutama saat menginjak trimester ketiga kehamilan.

5. Kurang Asupan Vitamin

Faktanya, vitamin menjadi salah satu asupan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Maka jangan heran jika kamu yang jarang mengonsumsi vitamin mudah muncul flek hitam pada wajah. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan vitamin E melalui pil atau makanan tertentu demi mencegah munculnya noda hitam.

6. Penggunaan Kosmetik

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte sehingga memicu produksi melanin berlebih. Selain itu, beberapa bahan yang ada di kosmetik bisa memicu fotosensitivitas, akibat kulit wajah jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan seharian.

7. Konsumsi Obat Tertentu

Tidak hanya kosmetik yang menjadi penyebab flek hitam, obat-obatan dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang mengonsumsi obat-obatan seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromasin, sitostatik, dan minosiklin maka flek bisa muncul sebagai efek sampingnya.

8. Konsumsi Obat dan Pil KB

Konsumsi obat-obatan dan pil KB bisa memicu kemunculan flek hitam. Alasannya karena obat dan pil KB bisa berpengaruh pada hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit.

9. Adanya Kerusakan Hati

Kerusakan pada organ hati dapat menyebabkan flek hitam. Ketika terjadi kerusakan hati maka organ tersebut tidak dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh dengan baik.

Itu tadi faktor penyebab flek hitam selain sinar matahari. Kalau kamu membutuhkan vitamin atau suplemen untuk kulit, kini nggak perlu repot lagi karena produk yang kamu butuhkan bisa dibeli di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: