• Home
  • /
  • Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Wajah yang cantik dan bersih adalah idaman bagi seluruh wanita. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, kegiatan yang membuat wajahmu kerap mendapatkan sinar matahari dapat menimbulkan banyak flek hitam. Untuk mencegahnya, disarankan agar menggunakan tabir surya sebelum keluar dari rumah.

Walau begitu, tidak sedikit juga wanita yang tetap mengalami munculnya flek hitam di wajah meski terbilang jarang keluar rumah. Lalu benarkah apabila hanya sinar matahari yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami flek hitam di wajah? Untuk mengetahui hal tersebut secara mendalam, silahkan baca lanjutan dari artikel berikut ini!

Baca juga: Ingin Wajah Cerah? Coba Masker Alami Ini

Penyebab Munculnya Flek Hitam Selain Sinar Matahari

Bintik-bintik gelap yang timbul pada kulit disebut juga dengan hiperpigmentasi. Gangguan ini terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin dibanding biasanya. Melanin sendiri mempunyai fungsi untuk memberi warna pada mata, kulit, serta rambut. Hiperpigmentasi atau flek hitam dapat terjadi pada wajah, sehingga mengganggu tampilan seseorang.

Namun, flek hitam yang terjadi tidak menyebabkan hal yang memprihatinkan dan tidak memerlukan perawatan khusus. Meski begitu, banyak orang yang memilih untuk menghilangkannya dengan alasan kosmetik. Pada umumnya, penyebab yang umum dari flek hitam adalah kulit yang terpapar sinar matahari.

Faktanya, bukan hanya sinar matahari yang dapat menjadi penyebab flek hitam. Berikut beberapa penyebab lainnya:

1. Faktor Usia

Penyebab flek hitam timbul di wajah yang pertama adalah karena usia yang terbilang sudah tidak muda lagi. Hal ini disebabkan karena kulit yang kehilangan elastisitasnya, sehingga rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel yang rusak sejalan dengan bertambahnya usia. Flek hitam yang muncul karena usia disebut juga dengan lentigine. Untuk menghindarinya, kamu dapat menggunakan krim anti-penuaan sejak usia tiga puluhan.

2. Peradangan

Peradangan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami timbulnya flek hitam di wajah. Selain itu, cedera yang terjadi pada kulit, seperti jerawat, eksim, reaksi alergi atau kondisi kulit lainnya juga dapat menyisakan bintik hitam. Maka dari itu, terjadinya gangguan flek hitam di wajah termasuk hal yang dapat diwajari.

Jika disebabkan oleh luka dan kulit mengalami radang, dan saat sembuh kulit secara alami akan menghasilkan kelebihan melanin yang menggelapkan kulit. Lalu apabila disebabkan oleh iritasi yang telah sembuh dari jerawat, flek hitam dapat tertinggal setelahnya. Semakin buruk peradangan dan jerawat yang terjadi, semakin besar dan semakin gelap bintik hitam yang dihasilkan.

Baca juga: 5 Cara Merawat Wajah yang Tepat agar Terhindar dari Komedo

3. Faktor Genetik

Pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Disebutkan bahwa penyebab munculnya flek hitam adalah faktor genetik dengan persentase sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu, faktor ras juga memengaruhi timbulnya bintik hitam tersebut. Flek hitam umum dijumpai pada seseorang yang merupakan keturunan hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.

Lalu, apabila kamu mempunyai pertanyaan tambahan terkait flek hitam yang timbul di wajah, dokter dari Halodoc dapat memberi petunjuk. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan agar mendapat kemudahan akses kesehatan.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Beberapa hormon juga dapat menjadi penyebab flek hitam, seperti hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormon. Gangguan ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil sehingga flek hitam mudah muncul di area wajah terutama ketika memasuki trimester ketiga kehamilan.

5. Kurang Asupan Vitamin

Vitamin menjadi salah satu asupan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Seseorang yang tubuhnya kekurangan vitamin lebih mudah mengalami timbulnya flek hitam pada wajah. Maka dari itu, selalu pastikan tubuhmu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan vitamin E melalui pil atau makanan tertentu agar dapat mencegah munculnya noda hitam.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

6. Penggunaan Kosmetik

Tahukah kamu apabila kosmetik yang digunakan setiap hari juga dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah? Kandungan bahan kimia tertentu yang terdapat didalamnya dapat memicu melanocyte, sehingga memicu produksi melanin berlebih. Selain itu, beberapa bahan yang ada di kosmetik bisa memicu fotosensitivitas, yang membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan seharian.

Itulah beberapa hal lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya flek hitam di wajah meski jarang keluar rumah. Kamu harus benar-benar mengetahui hal yang menyebabkan gangguan tersebut agar dengan mudah untuk dicegah dan diatasi. Jika disebabkan kosmetik, kamu cukup menggantinya dengan merk lain.

 

Referensi:
Eminence Organics. Diakses pada 2020. 3 Top Reasons You Have Dark Spots On Your Face
Bebeautiful.in. Diakses pada 2020. What Causes Black Spots On The Face And How To Get Rid Of Them?