• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Flu dan Batuk Dewasa yang Bisa Dibeli Tanpa Resep
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Flu dan Batuk Dewasa yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Obat Flu dan Batuk Dewasa yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Mei 2022

“Kamu bisa dengan mudah mengobati flu dan batuk dengan obat yang bisa dibeli tanpa resep. Beberapa jenis obat flu dan batuk dewasa yang bisa kamu beli tanpa perlu resep dokter adalah dekongestan, analgesik, dan antihistamin. ”

Obat Flu dan Batuk Dewasa yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Halodoc, Jakarta – Flu dan batuk yang dialami dapat menyebabkan pengidapnya merasakan kondisi yang tidak nyaman. Hidung yang tersumbat hingga nyeri tenggorokan adalah gejala yang sering dialami oleh pengidap flu dan batuk. Bukan itu saja, flu dan batuk juga dapat menyebabkan kamu mengalami demam ringan hingga sakit kepala.

Gejala flu dan batuk yang tidak diatasi dengan baik dapat membuat kegiatan kamu terganggu. Untuk itu, pastikan kamu melakukan pengobatan dengan mengonsumsi salah satu obat flu dan batuk dewasa yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek. Yuk, simak berbagai jenis obat flu dan batuk dewasa yang bisa kamu beli melalui ulasan berikut ini!

Jenis Obat Flu dan Batuk Dewasa yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Resep

Sebaiknya atasi flu dan batuk yang kamu alami dengan mengonsumsi salah satu jenis obat flu dan batuk dewasa yang bisa dibeli tanpa resep dokter berikut ini: 

  1. Dekongestan

Saat mengalami flu, gejala yang umum terjadi adalah hidung tersumbat. Hal ini terjadi akibat pembengkakan pada saluran hidung dan saluran udara. Dengan mengonsumsi dekongestan, peradangan akan berkurang sehingga saluran udara tidak tersumbat dan lendir dalam hidung bisa keluar. Dekongestan juga tersedia dalam bentuk pil, tablet, atau nasal spray.

  1. Analgesik

Analgesik berfungsi untuk mengatasi nyeri yang terjadi pada pengidap flu dan batuk. Selain itu, analgesik juga mampu menurunkan demam.

  1. Antihistamin

Saat flu yang dialami memburuk, biasanya banyak pengidap flu yang mengonsumsi antihistamin untuk mengurangi gejala seperti hidung yang berair, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat. Obat ini mencegah histamin kimia dalam tubuh yang keluar akibat respon terhadap alergen.

  1. Ekspektoran

Obat jenis ini bisa menjadi pilihan ketika kamu mengalami batuk berdahak. Ekspektoran menjadi salah satu obat yang mampu mengencerkan dahak ketika kamu mengalami batuk berdahak. Obat ini juga bisa melegakan pernapasan saat kamu mengalami pilek dan flu. Ekspektoran tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop.

Itulah jenis obat flu dan batuk dewasa yang bisa kamu beli tanpa resep dokter. Jangan ragu untuk gunakan Halodoc dan dapatkan kebutuhan medis yang kamu perlukan di apotek terdekat. Obat akan diantarkan langsung menuju ke tempat kamu. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2022. Over-The-Counter Cold and Flu Medications.