16 October 2018

Tips Bagi Pria Lansia yang Ingin Melakukan Hubungan Intim

Tips Bagi Pria Lansia yang Ingin Melakukan Hubungan Intim

Halodoc, Jakarta - Hubungan intim dapat menjadi pengalaman emosional yang kuat dan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan semua orang, tidak terkecuali para lansia. Berhubungan intim ketika di atas 50 tahun dapat menjadi tantangan tersendiri. Mungkin saja kamu akan merasa kecil hati karena masalah-masalah yang berkaitan dengan penuaan.

Hal-hal tersebut dapat diatasi dengan pemahaman yang lebih baik dan pikiran yang lebih terbuka terhadap pasangan. Kamu dapat terus menikmati kehidupan hubungan intim yang dapat dinikmati secara fisik dan emosional. Sebab, hal tersebut bukan masalah usia, melainkan keinginan.

Kebutuhan akan hubungan intim tidak terpaut umur. Selain itu, penelitian sekarang mengatakan bahwa jenis kelamin bukan masalahnya, tetapi pada keinginan kamu terhadap hubungan intim. Memang, hubungan intim pada lansia akan berbeda dengan saat usia 20 atau 30 tahun, tetapi untuk beberapa hal akan lebih baik.

Ketika kamu berusia lanjut, kamu akan merasa lebih bijaksana dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kamu juga akan lebih tahu apa yang kamu inginkan dalam berhubungan intim. Para lansia biasanya memiliki kepercayaan diri dan kesadaran diri yang lebih tinggi. Terlebih lagi jika anak-anaknya telah mandiri, sehingga pasangan lansia dapat bersantai dan menikmati waktu bersama tanpa gangguan.

Hal yang harus dipertahankan ketika telah lanjut usia salah satunya yaitu kesehatan seksual. Dengan tetap menjaga hasrat untuk berhubungan intim, kamu akan menghadapi masalah dengan tenang dan berbicara lebih terbuka dengan pasangan. Berikut adalah beberapa tips untuk pria lansia yang ingin melakukan hubungan intim, yaitu:

  1. Berbicara Terbuka dengan Pasangan

Salah satu tips untuk lansia yang ingin berhubungan intim adalah selalu berbicara terbuka dengan pasangan. Hal itu dikarenakan hubungan intim yang baik selalu mengutamakan komunikasi yang baik. Karena faktor usia, perubahan ini sangat membutuhkan faktor seperti kesabaran, pengertian, dan percobaan. Emosi dapat memengaruhi kesehatan pada hubungan intim yang cara menjaganya dengan komunikasi yang baik.

  1. Berdiskusi dengan Dokter Pribadi Kamu

Untuk para lansia, ada baiknya berdiskusi dengan dokter pribadi perihal berhubungan intim. Dokter tidak akan mengetahui masalah seksual kamu terkecuali kamu menyampaikannya. Beberapa masalah seksual sebenarnya adalah efek samping dari obat yang dapat ditangani dengan penyesuaian obat atau mengubah jadwal minum obat. Banyak obat-obatan yang dapat secara langsung mengobati masalah seksual.

  1. Jaga Kondisi Kesehatan

Menjaga kondisi kesehatan adalah hal yang wajib agar hubungan intim terus berlangsung. Kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau sakit kronis dapat membuat kehidupan seksual yang sehat menjadi hal yang sulit. Dengan mengelola kondisi kesehatan secara berkala, kamu dapat mengurangi dampak buruk pada kehidupan seksualmu. Selalu ikuti saran dari dokter dan juga perbaiki gaya hidup menjadi lebih baik.

  1. Bereksperimen dengan Posisi dan Waktu

Hubungan intim pada lansia dapat terus berjalan dengan baik jika melakukan eksperimen dengan posisi dan waktu. Terkadang mengubah waktu berhubungan per harinya atau posisi yang digunakan dalam hubungan intim dapat mengurangi masalah seksual. Apabila kondisi kesehatan mengganggu hubungan intim kamu, kamu akan tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan hal tersebut. Selalu variasikan posisi saat berhubungan intim yang digunakan.

  1. Hindari Alkohol dan Merokok

Alkohol dan rokok adalah dua hal yang dapat menurunkan kemampuan pria untuk mencapai ereksi. Keduanya dapat mengubah aliran darah pada tubuh dan membatasi jumlah darah yang masuk ke dalam Mr. P. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk ereksi, sulit untuk mempertahankan ereksi, atau ereksi tidak sekeras biasanya. Jika kamu mengalami hal tersebut, hentikanlah merokok dan mengonsumsi alkohol.

  1. Tetap Aktif Secara Seksual

Tetap aktif secara seksual dapat membantu kamu untuk mempunyai umur yang panjang. Berhubungan intim secara rutin dapat meningkatkan performa seksual kamu. Jika kamu mengurangi berhubungan intim atau tidak melakukannya sama sekali pada jangka waktu yang lama, akan membuat kamu sulit aktif secara seksual. Tetaplah aktif untuk berhubungan intim, supaya tubuh sehat dan emosi tetap terkendali.

Berikut adalah beberapa tips untuk pria yang ingin berhubungan intim. Jika kamu seorang lansia yang ingin mengetahui tentang hal ini lebih jauh, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

Baca juga: