7 Manfaat Melakukan Hubungan Intim Saat Hamil

KEHAMILAN 24 October 2017

Halodoc, Jakarta – Tubuh ibu mengalami banyak perubahan ketika hamil. Tak hanya secara fisik, secara psikis pun ibu merasakan perubahan. Tak sedikit ibu yang jadi sensitif mengenai segala hal di sekitarnya, termasuk masalah berhubungan intim dengan suami ketika hamil. Karena perubahan hormon, ibu bisa mengalami penurunan gairah seksual, atau bahkan peningkatan gairah seksual.

Berhubungan intim ketika hamil tidaklah dilarang, namun pasangan memang perlu berhati-hati agar hubungan intim tidak mengganggu kondisi ibu hamil. Karena mempertimbangkan kondisi ibu hamil inilah, tidak sedikit pasangan yang merasa enggan untuk berhubungan intim ketika menjalani proses kehamilan. Padahal, hubungan intim saat hamil justru memberikan manfaat, lho.

Dilansir dari Ayah Bunda, inilah alasan mengapa hubungan intim itu bermanfaat saat hamil:

1.  Berhubungan Intim Saat Hamil Bisa Bantu Bakar Kalori
Bahkan ketika hubungan intim dilakukan saat ibu tidak dalam kondisi hamil, kegiatan ini bisa membantu membakar lemak tubuh. Nah, jika saat hamil melakukan hubungan intim, maka bisa membantu ibu menjaga berat badan berlebih saat hamil. Berhubungan intim selama 30 menit bisa membantu membakar lemak hingga 50 kalori.

2.  Dapat  Meningkatkan Kualitas Tidur
Ketika berhubungan intim, tubuh memprodyksi hormone oksitosin yang mempu meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, gerakan yang dilakukan saat melakukan hubungan intim ibarat pengantar tidur untuk si kecil dalam kandungan.

3.  Hilangkan Nyeri
Ketika hamil, ibu mengalami banyak sensasi nyeri pada bagian tubuh. Mulai dari punggung, leher, hingga sakit kepala. Ketika berhubungan intim, hormon endorfin akan meningkat  dan dapat membantu ibu untuk menghilangkan nyeri yang dirasakan.

4.  Melancarkan Sirkulasi Darah
Ketika melakukan hubungan intin, adrenalin akan meningkat sehingga otomatis denyut nadi pun menjadi lebih cepat. Ini sama seperti ketika ibu sedang melakukan olahraga sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan peredaran oksigen dalam darah pun dapat berjalan dengan baik.

5.  Lebih Bahagia
Ketika hormon endorfin meningkat maka seseorang akan menjadi lebih bahagia. Hal ini pun terjadi ketika berhubungan intim, ibu akan menjadi lebih bahagia. Efeknya, tak hanya pada pasangan saja namun juga janin dalam kandungan ikut merasakan kebahagiaan itu.

6.  Antibodi Meningkat
Siapa sangka jika berhubungan intim dapat meningkatkan antibodi ibu hamil. Seperti dikutip dari Ayah Bunda, dari studi membuktikan bahwa antibody yang meningkat berkat berhubungan intim dapat membuat ibu hamil terhindar dari sakit flu maupun infeksi lainnya.

7.  Menguatkan Otot Panggul
Otot panggul akan menguat dengan berhubungan intim saat hamil. Jika ibu pernah mendengar tentang senam kegel, maka berhubungan intim dianggap kegiatan yang mirip dengan senam kegel. Senam ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menguatkan otot panggul.

Segala hal dapat dibicarakan agar pasangan suami istri merasa nyaman satu sama lain. Termasuk masalah berhubungan intim ketika hamil. Tak perlu khawatir kondisi fisik memengaruhi kualitas hubungan karena jika dilakukan dengan cara benar tentu dapat memberikan kepuasan satu sama lain.

Jika membutuhkan saran dari dokter mengenai hubungan intim waktu hamil, pasangan bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, produk kesehatan yang dibutuhkan pun bisa dibeli di Halodoc dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya