• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Melakukan Hubungan Intim saat Hamil

Manfaat Melakukan Hubungan Intim saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak mitos yang berhubungan dengan kehamilan tersebar dan tidak sedikit orang yang percaya akan hal tersebut. Padahal, kebanyakan dari mitos yang tersebar adalah hal yang salah. Salah satu contoh mitos yang kerap dipercayai adalah melakukan hubungan intim saat hamil. Disebutkan hal tersebut dapat menyebabkan keguguran.

Faktanya, seseorang yang melakukan hubungan intim saat hamil tidak akan mengalami komplikasi terkecuali dokter kamu melarangnya. Seseorang yang melakukan seks saat hamil tidak akan membuat janin terganggu, karena Mr P tidak dapat menembus area janin berada. Malahan, melakukan seks saat hamil dapat memberi manfaat bagi sang ibu. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: 5 Aturan Berhubungan Intim yang Aman Saat Hamil

Manfaat Hubungan Intim saat Hamil

Berhubungan seks dengan ibu hamil sangat aman untuk dilakukan dan tidak akan mengganggu janin yang ada di dalam perut. Padahal, wanita yang sedang hamil akan mengalami peningkatan dorongan seksual di tahapan tertentu. Walau begitu, ibu harus memperhatikan dengan baik posisi yang nyaman agar perut tidak terjepit atau terguncang hebat saat sedang melakukannya.

Faktanya, berhubungan intim saat hamil dengan pasangan dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh. Gerakan-gerakan yang diterapkan saat melakukan seks akan membuat tubuh seperti berolahraga, sehingga menjadi lebih sehat. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk melakukan hubungan intim saat hamil. Berikut beberapa manfaat rutin melakukan seks saat hamil:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat dari melakukan hubungan intim saat hamil adalah mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh. Suplai darah naik dua kali lipat saat hamil agar dapat bayi dapat tumbuh, tetapi sirkulasi yang lambat akan menghambatnya. Maka dari itu, salah satu manfaat dari melakukan seks saat hamil adalah meningkatkan sirkulasi tersebut. Hubungan intim juga dapat membantu tubuh menambah pasokan oksigen dan nutrisi pada janin.

  1. Memperkuat Otot Dasar Panggul

Hal lainnya yang dapat terjadi sebagai manfaat dari melakukan hubungan intim saat hamil adalah membuat otot dasar panggul menjadi lebih kuat. Bagian tersebut harus lebih kuat daripada biasanya, terutama pada trimester ketiga. Dengan berhubungan intim secara rutin, kesulitan yang mungkin terjadi saat persalinan dapat dihindari, sehingga semuanya dapat berjalan lancar.

Baca juga: 4 Posisi Hubungan Intim Saat Hamil Muda

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pada wanita hamil, kekebalan tubuhnya sering berkurang sehingga lebih mudah terserang penyakit. Biasanya dokter akan merekomendasikan diet dan gaya hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit. Peran dari hubungan intim saat hamil adalah memperkuat sistem imun tubuh sebagai pelengkap. Disebutkan apabila melakukan hubungan intim dapat meningkatkan antibodi IgA yang baik sebagai imunitas.

Jika ibu mempunyai pertanyaan tambahan terkait hubungan intim saat hamil, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran tambahan. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc ke smartphone yang digunakan agar dapat mendengar saran langsung dari profesional!

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Pasangan yang melakukan hubungan intim saat hamil dapat menurunkan tekanan darah pada tubuhnya. Hal tersebut terjadi karena hormon yang dilepaskan setelah orgasme dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, sehingga tekanan darah juga ikut menurun. Walau begitu, kebiasaan baik ini tidak dapat mengurangi kemungkinan terjadinya preeklampsia.

  1. Pemulihan Pasca Persalinan Lebih Cepat

Disebutkan juga apabila pemulihan setelah persalinan dapat lebih cepat jika sebelumnya ibu hamil rutin melakukan hubungan intim. Orgasme yang terjadi saat berhubungan intim dapat membuat otot-otot panggul wanita menjadi lebih siap untuk melahirkan. Selain berhubungan intim saat hamil, alternatif lainnya adalah dengan melakukan senam kegel.

  1. Lebih Mudah Melahirkan

Berhubungan intim saat hamil yang teratur dapat membantu tubuh lebih mudah menghasilkan kontraksi pada otot panggul dan membuka serviks. Hal ini dapat membuat proses persalinan menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan bantuan alat untuk mengeluarkan bayi. Sangat disarankan untuk lebih sering berhubungan intim saat hari perkiraan lahir sudah semakin dekat untuk menginduksi persalinan.

Baca juga: Posisi Hubungan Intim saat Hamil Sesuai Trimester

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari melakukan hubungan intim saat hamil secara rutin. Dengan mengetahui beberapa hal penting ini, mitos-mitos yang pernah ibu dengar tidak benar adanya. Walau begitu, jika dokter tidak menyarankan untuk melakukan senggama selama kehamilan, ada baiknya untuk menuruti hal tersebut.

 

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2020. 10 Amazing Benefits of Sex During Pregnancy
What to expect. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Sex During Pregnancy