Unggul di SEA Games 2019, Kenali Manfaat Wushu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
unggul-di-sea-games-2019-kenali-manfaat-wushu-untuk-kesehatan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kabar gembira datang dari ajang SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina. Indonesia berhasil menambah perolehan emas dari cabang olahraga wushu nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu. Kemenangan tersebut dipersembahkan oleh atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo setelah tampil mengesankan dalam pertandingan gunshu di hari ketiga ajang olahraga Asia Tenggara tersebut. 

Wushu mungkin merupakan jenis olahraga yang sudah tidak asing lagi buat kamu. Lebih dikenal dengan istilah "kungfu", wushu merupakan seni bela diri yang berasal dari negara Tiongkok. Selain dapat digunakan untuk melindungi diri dari tindak kejahatan, wushu sebenarnya juga merupakan olahraga yang baik untuk mengolah pernapasan dan memperkuat tubuh kita. Yuk, ketahui manfaat wushu untuk kesehatan lebih jauh di bawah ini.

Dari Seni Hingga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Wushu

Selama ini banyak orang menganggap martial arts atau seni bela diri identik dengan gerakan fisik yang berkaitan dengan kekerasan. Nyatanya, enggak hanya sekedar itu, wushu dapat mengajarkan kamu banyak hal, mulai dari seni, olahraga, kesehatan, beladiri, sampai kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat wushu yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin:

1. Meningkatkan Kekuatan

Wushu memiliki banyak gerakan yang dapat membangun otot kaki dan bagian inti tubuh, yaitu perut dan punggung bawah. Tidak hanya belajar melakukan suatu gerakan, kamu juga akan diminta untuk menahan pose tersebut selama beberapa waktu, di mana hal ini bermanfaat untuk membangun otot yang lebih stabil dan kuat. 

Selain itu, latihan dengan menggunakan senjata, seperti pedang atau tongkat kayu dalam wushu pun juga sama efektifnya, seperti latihan angkat beban untuk membangun kekuatan lengan dan punggung. Bahkan, orang yang berlatih wushu secara teratur dikatakan dapat memiliki tampilan otot yang ramping seperti penari, lho.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Latihan wushu membangun kelenturan seluruh bagian badan. Paha belakang, otot betis, pinggul, dada, punggung, lengan, dan bahu adalah beberapa bagian tubuh yang dapat ditingkatkan kelenturannya, bahkan pergelangan tangan dan pergelangan kaki juga mendapat peregangan yang baik.

Fleksibilitas kebanyakan orang biasanya akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun, orang yang berlatih wushu secara teratur minimal selama 2 tahun masih dapat melakukan split depan yang penuh!

Baca juga: Ingin Punya Kaki Lentur Seperti Jokowi? Ini Tipsnya

3. Melatih Keseimbangan

Aspek yang juga sangat penting yang akan dilatih dalam wushu adalah keseimbangan. Aspek ini ditingkatkan dengan cara latihan berdiri dengan menggunakan satu kaki maupun belajar bagaimana menemukan tumpuan pusat tubuhmu, sehingga ketika melakukan gerakan yang sangat cepat, maka tidak akan pernah kehilangan keseimbangan. Setelah mempelajari wushu, kamu mungkin akan jarang jatuh.

Baca juga: 5 Olahraga untuk Latih Keseimbangan Tubuh

4. Melatih Koordinasi Tubuh

Koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan yang penting, bahkan kebanyakan dari kita sudah mempelajarinya sejak masih kanak-kanak. Khususnya untuk anak-anak, salah satu manfaat terbesar yang bisa didapatkan dari mengambil kelas wushu adalah meningkatkan koordinasi bagian tubuh tersebut. Orang dewasa pun juga dapat meningkatkan keterampilan tersebut dengan belajar wushu, apalagi bila kamu sering tidak sengaja menjatuhkan barang dari meja atau sering terkena bola saat bermain baseball.

5. Meningkatkan Stamina

Stamina tidak hanya sekadar kekuatan fisik untuk mampu berolahraga dalam waktu yang lama, tetapi juga menunjukkan kekuatan pikiran yang mampu bertahan di bawah tekanan tanpa menjadi goyah. Dalam wushu, secara perlahan tapi pasti, kamu akan menuntut lebih banyak dari diri seiring pikiran dan tubuh kamu akan semakin menyesuaikan diri dengan intensitas latihan. Kemampuan kamu untuk bertahan juga akan meningkat seiring belajar untuk menggunakan pikiran dan tubuh sebagai satu kesatuan untuk mencapai gerakan yang sulit.

Baca juga: 4 Manfaat Tai Chi untuk Pernapasan

Nah, itulah manfaat wushu untuk kesehatan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba wushu? Bila kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Physical Arts. Diakses pada 2019. Health & Fitness - Benefits of Wushu.