10 February 2018

10 Dampak yang Dirasakan Akibat Kurang Tidur

10 Dampak yang Dirasakan Akibat Kurang Tidur

Halodoc, Jakarta — Kamu pasti sudah tahu bahwa cepat marah adalah salah satu akibat kurang tidur. Kurang tidur dapat secara negatif memengaruhi banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari kita. Lalu apa saja dampak negatifnya tersebut?

1.  Mengurangi kinerja otak

Kurang tidur akan membuatmu mengantuk dan kelelahan. Ketika kamu terlalu lelah dan mengantuk, otak menjadi lebih sulit berkonsentrasi dan daya ingat pun berkurang. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan membeli suplemen obat dan vitamin, lho!

2.  Kecelakaan

Karena rasa lelah mengurangi konsentrasi. Kurang fokus, membuatmu menjadi lalai dan tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Hati-hati ya!.

3.  Masalah kesehatan serius

Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih besar mengidap gangguan jantung, darah tinggi, stroke dan diabetes. Kalau keadaannya seperti ini, tanyakan saja langsung ke dokter ahli favoritmu di sini.

4.  Mengurangi gairah seksual

Para spesialis mengungkapkan bahwa libido dan keinginan untuk berhubungan seksual berkurang cukup drastis ketika kita kurang tidur.

5.  Menyebabkan depresi

Kurang tidur dan depresi memperkuat satu sama lain. Insomnia adalah salah satu gejala depresi yang paling umum. Tidur yang tidak cukup dapat memperparah depresi.

6.  Mempercepat penuaan

Ketika tidak cukup tidur, tubuh kita melepaskan hormon cortisol, yang dapat menghancurkan kolagen dan protein yang berfungsi menjaga kulit tetap mulus dan elastis.

7.  Mudah lupa

Saat kita tertidur lelap, otak kita pun melakukan proses penyimpanan ingatan jangka panjang. Sehingga, jika kita kurang tidur maka kerja otak tidak optimal dan bahkan lebih cepat mudah lupa.

8.  Menambah berat badan

Ghrelin di dalam tubuh menstimulasi rasa lapar, sementara leptin menahan keinginan untuk makan. Salah satu akibat kurang tidur menambah jumlah ghrelin dan mengurangi jumlah leptin.

9. Memperpendek umur

Penelitian terhadap 10.000 warga Inggris selama dua dekade memperlihatkan bahwa mereka yang tidur selama lima jam atau kurang setiap malamnya lebih rentan mengalami hilangnya nyawa. Ayo, enggak maukan seperti itu?.

10. Menyulitkan penilaian

Dampak terakhir dari kurang tidur, juga memengaruhi cara kita mengintepretasikan situasi di sekitar kita. Hal ini mengurangi kemampuan kita untuk menilai sebuah kejadian secara akurat dan bijaksana.

Agar tidak mengalami berbagai dampak di atas, biasakan tidur tujuh atau delapan jam setiap harinya. Dan kamupun bisa menjadikan Halodoc sebagai solusi untuk kesehatanmu. Selain bisa membeli obat/suplemen, tanya jawab dokter melalui voice/video call dan chat, kamu juga bisa cek lab tanpa harus keluar rumah, lho!. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!