08 May 2018

10 Pertanyaan Tentang Emfisema yang Perlu Kamu Ketahui

 10 Pertanyaan Tentang Emfisema yang Perlu Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta – Pengetahuan merupakan kekuatan. Oleh karena itu, mari cari tahu apa saja yang perlu kamu ketahui tentang emfisema. Berikut ini adalah 10 pertanyaan tentang emfisema yang perlu kamu ketahui.

  1. Sesak nafas bisa didiagnosis sebagai emfisema. Apa yang menyebabkan kondisi ini?

Penyebab utama emfisema disebabkan oleh kebiasaan merokok, alpha-1-antitrypsin deficiency, polusi udara, usia tua, dan faktor keturunan.

  1. Apakah saya berisiko terkena emfisema?

Kelompok yang berisiko terkena emfisema adalah mereka yang memiliki riwayat asma, perokok, orang dewasa berusia antara 40-60 tahun, dan mereka yang terpapar polusi udara dalam ruangan.

  1. Bagaimana menentukan seseorang terindikasi mengidap emfisema?

Diagnosis emfisema dapat ditentukan melalui pemeriksaan sinar-X, CT scan, tes fungsi paru atau PFT, dan tes darah arteri.

  1. Apa perbedaan antara COPD dan emfisema?

Emfisema adalah suatu kondisi yang umumnya terkait dengan COPD, tetapi bukan merupakan penyakit itu sendiri. Gejala umum emfisema adalah sesak napas dan ketidakmampuan untuk menghembuskan napas dengan cepat.

  1. Apakah tingkat oksigen seseorang bisa menentukan tingkat keparahan emfisema yang dialami?

Tidak. Tingkat oksigen hanya dapat memberi tahu seberapa banyak oksigen yang kamu hirup dan seberapa banyak oksigen dalam darah, tetapi tidak dapat memberi tahu tingkat keparahan penyakit paru-paru.

  1. Seperti apa tempat tinggal terbaik untuk pengidap emfisema?

Tempat terbaik bagi pengidap emfisema adalah tempat dengan tingkat kebersihan udara yang baik. Kelembapan yang tinggi, terlalu panas, udara dingin, angin kencang, dan suhu ekstrem bisa memperburuk emfisema.

  1. Apakah perlu bagi seseorang yang mengalami emfisema lanjutan menggunakan suplemen kekebalan tubuh?

Karena risiko infeksi akibat penumpukan cairan di dalam paru-paru, menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah kunci menuju hidup sehat. Namun, penting untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang tepat melalui makanan sehat sebelum mengandalkan penguat kekebalan tambahan. Agar mendapatkan informasi nutrisi yang tepat, kamu perlu berdiskusi dengan dokter. Diskusi bersama dokter ahli juga bisa dilakukan melalui voice/video call dan chat dengan aplikasi Halodoc.

  1. Selain sesak napas, apakah ada gejala lainnya pada pengidap emfisema?

Gejala umum lainnya dari emfisema meliputi:

  • Kesulitan bernapas (bernapas pendek-pendek).
  • Batuk dengan atau tanpa lendir.
  • Kehilangan berat badan.
  • Lemas.
  1. Apakah emfisema menyebabkan nyeri kaki?

Biasanya tidak. Namun, jika ada yang mengalami nyeri kaki yang berbeda dari kelelahan otot sederhana, tanyalah dokter sesegera mungkin.

  1. Akankah latihan dan olahraga membantu perawatan emfisema?

Meskipun olahraga penting untuk meningkatkan kinerja kardiovaskular, sebaiknya tanyalah dokter mengenai program rehabilitasi paru. Mereka dapat menentukan olahraga yang tepat untuk kamu.

Ini dia 10 pertanyaan tentang emfisema yang perlu kamu ketahui. Pertanyaan lain tentang penyebab emfisema bisa kamu tanyakan dokter di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, kamu juga bisa beli obat/vitamin dan cek laboratorium tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!.