08 May 2018

10 Tips Atasi Keringat Berlebih

10 Tips Atasi Keringat Berlebih

Halodoc, Jakarta — Keringat berlebih bisa terjadi karena gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit hiperhidrosis. Selain itu, rasa cemas berlebihan dan gugup juga bisa menjadi pemicu keringat berlebih. Kondisi ini tentu bisa membuat kamu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa lakukan 10 tips jitu berikut ini.

  1. Pakai Antiperspirant yang Kuat

Mengatasi keringat berlebih tidak bisa menggunakan sembarangan deodoran. Sebab, deodoran biasa mungkin tidak bisa mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, cobalah gunakan deodoran dengan antiperspirant yang kuat. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menemukannya di apotek atau toko obat.

Supaya lebih mudah, kamu bisa membelinya melalui layanan Apotek Antar di aplikasi Halodoc. Layanan ini memungkinkan kamu membeli obat dan vitamin tanpa harus keluar rumah. Begitu juga dengan cek lab. Kamu bisa tanyakan kepada para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat untuk mendapatkan rekomendasi antiperspirant yang tepat. Sebaiknya gunakan antiperspirant tersebut sebelum tidur, sehingga lebih cepat diserap kulit, karena saat malam hari produksi keringat tidak sebanyak di siang hari.

  1. Hindari Makanan Pedas dan Minuman Beralkohol

Makanan pedas dan minuman beralkohol bisa meningkatkan produksi keringat. Apalagi bila kamu sedang mengalami stres atau cemas.

  1. Pakai Baju Tipis yang Menyerap Keringat

Gunakan pakaian berbahan tipis yang menyerap keringat seperti dari bahan katun. Bahan ini memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik. Hindari pakaian dari bahan sintetis atau polyester yang tidak bisa menyerap kelembapan. 

  1. Pilih Pakaian yang Longgar

Selain memakai baju yang tipis dan menyerap keringat, sebaiknya kamu juga hindari pakaian yang terlalu ketat. Sebab, pakaian ketat dapat membuat tubuh dan kulit kamu sulit bernapas. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian longgar untuk memberi rasa nyaman dan menghindarkan kamu dari keringat berlebih.

  1. Pakai Kaos Kaki

Karena produksi keringat berlebih, kaki yang basah bisa menimbulkan bau tidak sedap. Gunakan kaos kaki berbahan mudah menyerap keringat saat menggunakan sepatu tertutup. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti kaos kaki setiap hari, supaya kaki kamu sehat dan segar.

  1. Ganti Sepatu Setiap Hari

Selain harus ganti kaos kaki setiap hari, kamu juga sebaiknya jangan pakai sepatu yang sama setiap hari. Biarkan sepatumu beristirahat dan mendapatkan sirkulasi udara yang lancar, sehingga sepatu tidak menjadi lembap dan tidak menjadi sarang bakteri penyebab bau kaki tak sedap. 

  1. Kendalikan Stres

Stres bisa membuat tubuh kamu mengeluarkan keringat berlebih. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengendalikan stres dengan melakukan kegiatan seperti meditasi, yoga, atau berkonsultasi dengan psikolog. 

  1. Berhenti Merokok

Selain berbahaya untuk kesehatan paru-paru, merokok juga dapat memaksa tubuh bekerja lebih keras membuang berbagai zat beracun seperti nikotin. Aktivitas ini dapat memicu kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan membuat seseorang memerlukan energi lebih besar untuk bergerak dan beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh akan lebih cepat naik dan merangsang keringat berlebih.

  1. Periksa ke Dokter

Jika kamu merasa tidak nyaman dan upaya perawatan dengan perubahan gaya hidup tidak cukup membantu, kamu bisa bertanya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Kamu juga bisa bertanya tentang penyakit hiperhidrosis dan solusi masalah kesehatanmu kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Para dokter ahli akan membantumu menyelesaikan masalah kesehatanmu. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.